Membuat Akun Facebook Lebih Dari Satu : Buat Promosi Dong!

Dua buah. Sampai hari ini, saya memang secara resmi memiliki dua buah akun di media sosial besutan Mark Zuckerberg. Sekitar 2 minggu yang lalu, saya memutuskan untuk membuat akun Facebook tambahan.

Padahal, saya bukan orang yang senang bermedsos ria. Bahkan, sebelum pandemi, akun FB yang ada bisa dikata tidak terurus sama sekali dan jarang sekali diupdate.

Namun, sekarang, kebutuhan untuk mempunyai akun Facebook lebih dari satu sebagai kebutuhan.

Alasannya, tentu saja untuk promosi dong. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, saya mulai merambah ke sisi bisnis dari dunia blogging dengan membentuk LB Network dan LB Digital, yang menawarkan berbagai jasa. Untuk itu saya memerlukan media untuk promosi.

Akun pertama setelah diamati tidak sesuai untuk tujuan tersebut karena mayoritas adalah teman-teman blogger. Lebih dari 2000-3000 adalah nama yang saya pungut dari kalangan penulis atau blogger, sisanya adalah teman-teman lama masa SMA dan kuliah, serta saudara.

Tentunya bukan sebuah pasar yang ideal untuk jasa yang ditawarkan.

Belum lagi bahwa akun yang lama tersebut sudah diset dengan branding sebagai fotografer. Tentunya akan sulit untuk mengubah citra yang sudah ada.

Jadi, saya memutuskan untuk membuat satu akun baru di Facebook.

Akun yang baru ini akan diarahkan untuk membuat lingkaran “pertemanan” (pasar) baru dengan menambahkan orang-orang dari kalangan “baru”. Juga, fungsinya akan dipergunakan sebagai alat untuk menebarkan alat promosi berupa brosur, link, foto , video ke berbagai komunitas/grup di Facebook terkait dengan Lb Digital.

Sejak dibuat sekitar 2 minggu lalu, hingga hari ini, sudah ada lebih dari 331 teman di dalamnya. Beberapa gelintir adalah “teman lama”, yang dipasang sekedar agar akun tidak terlihat kosong dan bodong. Sisanya adalah “teman-teman baru” yang tidak saya kenal.

Targetnya sampai beberapa bulan ke depan (target akhir tahun 2022) adalah 5000 nama akan menjadi teman di akun baru tersebut.

Optimis berlebihan? Tidak sama sekali. Pekerjaannya juga tidak berat. Kebetulan orang Indonesia suka sekali berteman. Yang saya lakukan hanyalah mengklik tombol “tambah teman (add friend)” pada “suggested frinds” atau “people who you may know”.

Saya hanya memilah sedikit saja. Kalau namanya berasal dari luar negeri, saya tidak akan add karena tidak sesuai dengan target orang Indonesia. Kemudian, kalau fotonya wanita cantik, saya lebih sering melewatinya saja karena biasanya akunnya “kurang beres”.

Dengan cara itu penambahan teman sangat cepat karena dalam beberapa hari saja angka 300 sudah bisa ditembus. Bahkan, beberapa sudah mengontak melalui DM untuk mengajak ngobrol singkat.

Kenapa yang seperti ini perlu dilakukan? Saya perlu memperluas jangkauan (eksposure) agar nama LB Digital dikenal. Lima ribu nama di satu akun Facebook artinya ketika saya posting di akun FB tambahan tersebut, maka posting tersebut akan setidaknya lewat di beranda 5000 nama tersebut.

Sasaran pertama, ya 5000 pemilik akun yang terhubung. Sasaran sekunder, teman-teman mereka.

Dengan begitu maka kemungkinan orang melihat logo, no telpon, atau website www.digital.lovelybogor.com akan lebih sering dan lebih luas. Semakin sering posting, semakin besar kemungkinan orang akan ingat.

Jika hal ini berjalan, maka proses membangun awareness akan bisa berjalan.

Tambahkan jika akun tersebut bisa menebar brosur digital ke berbagai grup di Facebook, yang sesuai dengan target. Maka, peluang dikenal akan semakin besar.

Semakin luas orang mengenal, semakin besar kemungkinan mereka mau mencoba memakai jasa yang ditawarkan. Yang memang tujuan dari LB Digital, menawarkan jasa.

Kenapa tidak membuat Fan Page saja? Belajar dari pengalaman, ada kecenderungan para pemain Facebook untuk menolak ajakan menyukai sebuah Fan Page dari orang tidak dikenal. Namun, mereka suka sekali menambah teman.

Jadi, saya pikir akan lebih efisien melakukan personal branding dan mempromosikan LB Digital lewat jalur pertemanan biasa saja dibandingkan membuat halaman khusus bisnis. Lebih cepat dan lebih efektif.

Bagaimana kalau jumlah pertemanan sudah mencapai angka maksimum 5000? Mudah saja. Saya akan membuat satu akun Facebook tambahan lagi dan kemudian melakukan cara yang serupa.

Bukan sebuah hal yang susah untuk dilakukan. Kenapa harus repot?

Jadi, sekarang saya punya dua akun Facebook. Yang pertama di sini (sudah sejak 2008 kalau tidak salah) dan yang kedua Kang Ardyanto yang baru saja dibuat.

Berapa kun Facebook yang Kawan punya?

2 thoughts on “Membuat Akun Facebook Lebih Dari Satu : Buat Promosi Dong!”

  1. Selamat dan sukses atas pencapaiannya Pak. Senang sekali melihat perkembangan dan kemajuan dari teman – teman blogger. Benar kata orang, kesuksesan terjadi karena dikejar dan diperjuangkan.

    Untuk FB yang ketiga, saya jadi penasaran akan dikasih nama apa. Mmmm, mungkin dikasih nama ” Kang Yanto ” kali yah … hihi.

    # Titip salam buat :

    Mas Andi Wibowo, MBak Nisa, Mbak Rey dan teman – teman blogger lainnya.

    Reply
    • Terima kasih Kang Nata.. Apa kabarnya? Senang juga melihat Kang Nata sudah kembali lagi berinteraksi.

      Yah, memang tidak ada kesuksesan yang bisa didapat tanpa perjuangan Kang… hahaha

      Nggak ah pake Bang Anton sajah… wakakakakkaka

      Ok.. saya wakilkan juga salam kembali dari teman-teman yang lain

      Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.