Trio Penyita Waktu : LB, LB NETWORK, LB DIGITAL

Gagal maning, gagal maning. (Gagal lagi, gagal lagi).

Selepas Lebaran tahun 2022 ini, sudah diniatkan untuk kembali aktif di dunia blog. Rencana sudah ditata dan hanya tinggal dieksekusi.

Sayangnya, manusia berencana, manusia lain disuruh Tuhan untuk merubah rencana manusia tersebut. Hasilnya, rencana blogging tersebut berantakan.

Hasil diskusi dengan si Kribo, temannya yang juga Kribo, kemudian beberapa orang lagi berujung pada sebuah titik dimana, mau tidak mau rencana ngeblog harus ditunda. Ada hal-hal lain yang perlu dilakukan dan itu harus mengorbankan semua blog yang ada.

Tenaga dan waktu saya dibutuhkan semuanya dan tidak ada yang tersisa untuk menerbitkan tulisan secara rutin selama itu.

Cerita singkat

Bermula dari perkembangan di dunia lain yang saya geluti, fotografi dimana sebelum bulan Puasa mendapatkan beberapa job yang lumayan. Kemudian, ditingkahi dengan kawan-kawan Putar Lensa yang memilih berjalan dengan timnya sendiri.

Dibumbui dengan kenyataan bahwa si Kribo ternyata rekruiter yang handal, dimana ia ternyata bisa menanamkan ide tidak jelas tentang berbisnis secara digital ke teman-teman kuliahnya, termasuk gebetannya juga, dan membuat hampir 10 orang temannya ingin ikut bergabung dalam tim. Maka, hasilnya adalah saya harus “terjun” memikirkan banyak hal.

Beberapa hal yang harus dilakukan selepas Lebaran tadi adalah

  • membentuk sistem/organisasi untuk menampung semua orang yang terlibat
  • membangun rencana kerja dan job desc
  • mempersiapkan pelatihan dan kemudian menjalankannya
  • dan banyak lagi lainnya

Belum lagi, kemudian datang job lumayan besar seperti yang sudah saya tuliskan di sini.

Itulah yang terjadi selama beberapa bulan terakhir. Perhatian dan waktu saya benar-benar tercurah pada mencoba membangun bisnis berbasis pemasaran digital.

Trio LOGO

Mengingat lumayan banyak yang ingin terlibat dengan beragam passion dan skill yang dimiliki, dan tentunya beragam keinginan dan ide, hasilnya adalah sebuah kesulitan untuk menyatukannya dalam satu payung.

Namun, suka atau tidak suka, saya harus berusaha menyatukannya dalam satu payung karena percuma saja kalau dibuat terpisah. Untuk apa bergabung kalau tetap terpisah.

Setelah puyeng lumayan lama, maka hadirlah konsep awal yang diwakili 3 buah logo

LOVELY BOGOR : Payung utama

LOGO LOVELY BOGOR

Logo ini adalah logo baru untuk blog pertama saya, LOVELY BOGOR.

Saya kembali ke awal dalam perjalanan di dunia blogging yang selama ini sudah menjadi payung bagi banyak blog lainnya. Bisa dikata nama ini adalah jiwa dari kehidupan saya sebagai blogger atau webmaster.

Dari sana pulalah semua pengetahuan, relasi, kenalan, dan bahkan nama saya dikenal. Dari blog yang satu inilah kemudian lahir blog-blog lainnya.

Jadi, LOVELY BOGOR haruslah menjadi PAYUNG UTAMA bagi semua yang terlihat. Oleh karena itu payung-payung berikutnya akan mengusung namanya di awal, meski dibuat berbeda, yaitu LB NETWORK dan LB DIGITAL.

LB merupakan singkatan dari LOVELY BOGOR.

LB NETWORK : Payung Kedua

LOGO LB NETWORK

Payung kedua ini bukanlah sebuah hal yang baru. Saya sudah menyebutkannya berulangkali sejak lama dan berusaha membrandingnya.

Isinya berupa semua blog yang saya buat dan masih berjalan hingga sejauh ini, totalnya sebenarnya ada 14 buah (masih hidup semua meski tidak diupdate) ditambah dengan 2-3 yang terbengkalai dan benar-benar tidak berjalan.

Konsep yang diusung LB NETWORK adalah berbasis MEDIA atau KONTEN.

Jadi, LB NETWORK akan memayungi mereka mereka yang gemar menulis dan berbagi melalui teks atau foto atau video.

Sejauh ini setidaknya ada 6-8 orang kawan si Kribo yang sudah menyatakan berniat untuk ikut mengelola. Sebuah hal yang menyenangkan karena berarti ada tambahan SDM (Sumber Daya Manusia) untuk menggerakkan roda blog-blog tersebut lebih cepat lagi.

Mereka pada akhirnya akan menjadi webmaster dan pengelola beberapa blog yang mereka pilih sendiri. Mereka lah yang akan mencoba mengembangkannya dengan pikiran-pikiran mereka.

Saya hanya akan menjadi pengamat, pengawas, sekaligus tetap sebagai content maker (karena saya suka).

Mereka pada akhirnya akan menjadi kunci dan idealnya pengendali dari payung berbasis media ini.

O ya, payung ini juga akan membawahi 1-2 channel Youtube yang isinya akan digagas oleh rekan-rekannya si Kribo tadi.

LB DIGITAL : Payung baru penjual jasa

LOGO LB DIGITAL

Payung terakhir yang dibentuk karena menyadari bahwa selain menulis, ada banyak skill yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang, seperti fotografi, pembuatan website berbasis wordpress, penanganan social media, copy writing, content writing dan beberapa hal lain.

Konsepnya jelas bukan media, tetapi MENJUAL JASA.

Untuk itu LB Network tidak bisa dipakai karena memperumit branding. Akhirnya, setelah berdiskusi dengan tim, saya memutuskan untuk menghadirkan LB Digital.

Payung ini akan mencoba menjual jasa yang dimiliki anggota tim dan mencarikan pasar untuknya.

Timnya terdiri dari inti 4 orang, tetapi disupport oleh anggota LB Network dalam banyak hal, seperti promosi dan juga ketersediaan SDM dan skill. Juga, untuk kepentingan branding, payung yang satu ini akan memiliki satu website khusus (yang sedang dalam pengerjaan oleh tim), yaitu www.digital.lovelybogor.com (memakai sub domain)


Sumpah, pusing dan capek sekali. Prosesnya ternyata lumayan lama dan panjang, serta memakan waktu. Pekerjaan yang sepertinya terlihat mudah, ternyata menyita waktu yang tersisa tanpa kasihan.

Oleh karena itu, saya memutuskan untuk sementara berhenti menulis dulu karena harus memikirkan banyak hal, termasuk menganalisa semua blog yang ada agar kelemahannya bisa diperbaiki oleh tim yang akan menanganinya.

Selain itu, saya juga harus melakukan training kepada mereka dalam urusan pengelolaan website berbasis WordPress.

Dan, banyak hal lainnya, termasuk koordinasi.

Saya harus banyak bicara, banyak berpikir, banyak menulis di kertas, dan entah berapa jenis hal lain agar ide yang ada di kepala bisa tersampaikan dan semua anggota tim paham tentang apa yang ingin dicapai.

Perhatian saya terpecah belah dan tidak ada ruang untuk menulis artikel lagi.

Dan, semua ini masih berjalan sampai sekarang.

Waktu saya masih terbatas, tetapi ternyata setelah perjalanan awal yang ruwet bin ribet, saya mulai merasakan bahwa mulai ada waktu lagi untuk menulis. Berbagai hal yang selama ini saya kerjakan sendiri, sekarang sudah mulai bisa ditransfer ke anggota tim yang lain.

Masih belum banyak, tetapi perlahan roda proses bergerak dan saya tidak lagi sendirian. Saya sekarang akan berjalan bersama setidaknya 10 orang untuk bergerak mencoba menjalankan “bisnis” di bawah tiga payung ini.

Masih jauh perjalanannya dan kami masih terseok, tetapi setidaknya saya tidak lagi berjalan sendirian. Saya akan punya tim yang akan bahu membahu mencoba menjalaninya.

Itulah cerita tiga logo yang belakangan sangat menyita waktu, tetapi saya senang kehabisan waktu tersebut. Bahkan, untuk pertama kalinya saya merasa tidak berkeberatan untuk tidak bisa menulis di blog.

Karena saya tahu, sementara ini saya harus mencurahkan semuanya untuk membangunnya. Ada “sesuatu” yang saya tuju di masa depan dan semua terwakili dalam tiga logo tadi (yang dibuat oleh anggota tim lain berambut kribo dan bukan saya).

Doakan bisa berjalan dengan baik ya!

4 thoughts on “Trio Penyita Waktu : LB, LB NETWORK, LB DIGITAL”

  1. Semoga semakin berkembang si LB Pak, insha Allah akan lebih berkembang sih karena melihat sekarang aja, LB udah jadi jujukan penting dalam dunia pencari informasi di internet, khususnya buat Bogor.

    Saya salut sih, Pak Anton selalu setia mengembangkan semua tentang LB karena memang blog LB itu beda banget dengan yang lain, semua artikel ditulis dengan hati, nggak semata buat menjaring pengunjung buat klik ads *eh 😀

    Reply
    • Aaaminnn.. makasih doanya Rey..

      Sebenarnya ga ada yang perlu disaluti. Saya mah hanya berusaha menjalankan “tugas” sebagai blogger, yaitu membuat konten berdasarkan hati sendiri. Tentu ada kalanya diselingi dengan tujuan komersil, tetapi intinya harus tetap tidak berubah.

      Saya pikir Rey juga sudah melakukan hal itu kok..

      Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.