Langkah Awal Ngeblog, Bukan Menulis – Jeff Jarvis

Langkah Awal Ngeblog Bukan Menulis - Jeff Jarvis

Apa yang harus dilakukan pertama kali kalau hendak menjadi blogger? Membuat blog? Menulis?

Sebuah kutipan menyebutkan bahwa langkah awal ngeblog, bukan menulis. Begini bunyinya

“The first step in blogging is not writing them but reading them.”

Jeff Jarvis

Terjemahannya adalah

“Langkah awal ngeblog bukanlah menulis, tetapi membacanya (blog)”

Jeff Jarvis

Jeff Jarvis adalah jurnalis dan juga pembicara yang lahir di tahun 1954. Ia berpengalaman bekerja sebagai jurnalis di berbagai media terkemuka, seperti People, Chicago tribune, dan New York Daily News.

Ia juga merupakan seorang kritikus media TV untuk waktu yang lama.

Meski sudah berumur, Jarvis masih tetap menjadi seorang blogger. Blognya diberi nama Buzz Machine. Kakek ini masih menulis di blognya sampai sekarang. Tulisan terakhirnya terbit tanggal 10 Oktober 2022 yang lalu.

Pandangannya benar. Karena memang sebaiknya, seorang calon blogger, sebelum memutuskan terjun ke dunia ini, ia sebaiknya membaca sebanyak mungkin blog.

Dari sana ia bisa mempelajari berbagai cara menulis, cara menyampaikan pendapat, cara berkomunikasi, dan tentunya cara mengelola blog.

Jika langkah awal ngeblog dimulai dengan membaca, seorang blogger akan memiliki banyak sekali pengetahuan yang diperlukan ketika ia sudah bergelut di bidang itu nantinya.

Jadi, tidak ada argumen tentang hal ini. Pandangannya sesuai dengan apa yang saya yakini, yaitu, belajarlah tentang hal yang hendak kamu lakukan.

Leave a Comment