Terpaksa! Tampilan Blog Berubah Lagi Karena Loading Lambat

Terpaksa! Tampilan Blog Berubah Lagi Karena Loading Lambat

Disebut terpaksa, sebenarnya tidak ada yang memaksa. Urusan tampilan blog adalah urusan bloggernya dan tidak ada yang bisa memaksa untuk mengubahnya. Jika bloggernya tidak mau melakukan perubahan, ya tidak ada yang bisa memaksa.

Namun, saya sendiri sebagai blogger di balik blog MM merasa terpaksa. Layout beranda (homepage) dan juga beberapa bagian lainnya terpaksa diutak-atik kembali.

Sebelumnya menyesuaikan dengan konsep yang diusung sebagai “majalah” tentang dunia blog, maka layout menyesuaikan. Penggunaan beberapa plugin tambahan dilakukan untuk mendukung tampilan blog yang sesuai dengan ide dan majalah.

Sayangnya, setelah beberapa waktu, ada sesuatu yang mengganjal sekali. Pada saat blog MM atau Maniak Menulis loading, terasa seperti siput. Nge-lag istilahnya, terutama pada saat pertama kali dibuka, baik di komputer atau smartphone. Lumayan juga lamanya, sekitar 1-2 detik.

Mau tidak mau karena penggunaan plugin di blog MM adalah yang terbanyak di antara semua blog yang saya kelola. Semua itu karena di blog ini juga masih terdapat Kafe MM, yaitu forum. Ditambah dengan tampilan magazine membutuhkan plugin yang juga bisa menampilkan image dalam bentuk grid.

Hasilnya, loading blog MM rasanya seperti siput bagi saya. Padahal, tema yang dipergunakan, GeneratePress merupakan salah satu yang paling ringan.

Setelah dipikir ulang, rugi dan untungnya, meski agak terpaksa karena tidak sesuai dengan konsep yang diusung, saya melakukan perubahan lagi pada tampilan. Semua dikembalikan ke tema blog biasa dimana pemakaian image dikurangi seminimal mungkin.

Dengan kembali ke awal, blog MM juga bisa menghilangkan beberapa plugin yang tidak diperlukan lagi.

Hasilnya memang membaik. Kecepatan loadingnya sudah menjadi lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Lag yang terjadi masih terasa dalam batas normal.

Sebenarnya, masih ada satu lagi solusinya, yaitu menambah daya di server. Kebetulan Cloudways dimana blog ini bermukim memiliki opsi untuk menaikan daya prosesor, tetapi tentunya tidak gratis. Ada tambahan biaya yang harus dikeluarkan.

Meskipun tidak besar, tetapi saya tetap merasa sayang untuk merogoh kocek lagi untuk sesuatu yang sebenarnya tidak mutlak diperlukan. Tema magazine memang enak dilihat, tetapi sebenarnya tidak terlalu memberikan efek besar.

Jadilah, saya memutuskan untuk kembali ke asal saja. Blog MM akan kembali dijadikan blog saja dan bukan majalah. Karena tampilan biasanya hanya akan menyenangkan saya saja, sedangkan kecepatan dibutuhkan oleh pembaca.

Leave a Comment