10+ Tips Menghadirkan Suasana Nyaman Untuk Menulis

Tips Menghadirkan Suasana Nyaman Untuk Menulis

Menulis merupakan sebuah kegiatan yang cukup unik. Kegiatan ini memerlukan hadirnya sebuah suasana yang mendukung untuk terciptanya mood dan konsentrasi saat melakukan kegiatan tersebut.

Tanpa adanya suasana nyaman untuk menulis, seorang penulis atau seorang blogger umumnya akan terkendala. Suasana yang ruwet, semrawut, atau bising cenderung menghilangkan mood dan konsentrasi.

Oleh karena itu, seorang blogger, sebelum menulis harus berusaha untuk menghadirkan suasana nyaman untuk dirinya saat hendak menulis sesuai dengan karakternya.

Namun, biasanya hal-hal kecil di bawah ini akan bisa membantu hadirnya suasana yang dibutuhkan, seperti

1/ Perut yang kenyang penting

Tidak akan ada yang bisa menjadi nyaman kalau kebutuhan utama tidak terpenuhi. Mood juga tidak akan mau hadir jika perut kosong.

Jadi, cobalah makan dulu sebelum menulis. Perut yang kenyang akan menghadirkan hati yang tenang.

2/ Mandi

Badan bersih dan wangi adalah bonus setelah mandi. Namun, mandi akan setidaknya menyejukkan badan dan kepala. Apalagi kalau kita baru pulang dari kantor atau luar rumah.

Jangan langsung menulis. Bersihkan dan segarkan badan dulu.

3/ Meja yang rapi

Meja yang berantakan tidak akan membuat pikiran jadi tenang. Yang ada adalah kesemrawutan yang akan terus terlihat dan membuat hati sering terbawa ruwet juga.

Luangkan beberapa menit sebelum menulis untuk mengaturnya. Letakkan ballpoint, buku, atau benda lain di tempatnya dan buang sampah yang berserakan. Meja yang rapi akan sangat membantu menghadirkan suasana nyaman untuk menulis.

4/ Atur sandaran badan

Mengetik di komputer atau menulis tangan akan membutuhkan postur badan yang tegak, jadi Anda akan membutuhkan sebuah sandaran agar nyaman saat menulis.

Jangan menulis sambil tengkurap, karena Anda bisa sesak nafas. Sambil tiduran pun jangan karena tidak akan nyaman sama sekali.

Atur sandaran kursi atau apapun agar posisi Anda nyaman saat menulis

5/ Atur penerangan

Menulis, selain membutuhkan tangan, juga memerlukan mata. Jadi, atur penerangan yang membuat nyaman mata Anda.

Letakkan lampu meja ke posisi dimana sinarnya memberikan cahaya yang cukup agar tidak gelap, tetapi tidak silau.

6/ Matikan TV

Kalau meja kerja Anda berdekatan dengan perangkat TV, pastikan TV-nya dimatikan saat hendak menulis.

Suara yang keluar dari perangkat itu akan sangat mengganggu . Belum lagi kalau film bintang kesayangan ditayangkan, jelas hati Anda akan terbelah antara menonton atau menulis.

Jika cinta, eh hati sudah terbelah, mana bisalah nyaman saat menulis.

7/ Matikan gadget

Bagaimana hati mau nyaman kalau ponsel terus ber-tang-ting-tung karena pesan di Whatsapp atau Telegram atau yang lain terus masuk. Pikiran akan lagi-lagi terbelah antara menjawab pesan atau menulis.

Apalagi, kalau pesan itu datang dari pacar atau boss. Pasti, bikin hati tidak nyaman.

Jadi, kalau mau suasana yang nyaman saat menulis, matikan gadget. Merk apapun gadgetnya, switch-off kan saja.

8/ Musik bisa membantu

Lagu-lagu santai atau musik instrumental cenderung menghadirkan nuansa yang menyenangkan dan membangkit mood saat menulis. Namun, ada juga yang musik ceria karena mereka bisa menulis sambil berdendang.

Tinggal pilih, apakah sebaiknya pakai headset/earset atau speaker komputer?

Yang manapun, kehadiran musik bisa membantu menghadirkan suasana nyaman untuk menulis, walau bagi sebagian lagi, ada yang berpendapat tidak.

9/ Cemilan

Menulis sambil sesekali menyeruput kopi itu rasanya nikmat banget. Kesannya kita menjadi orang yang begitu penting dan menikmati hidup.

Jadi, saya akan menyarankan kehadiran cemilan untuk menghadirkan suasana yang menyenangkan untuk menulis.

Selama cemilannya bukan lonting, rendang, atau semur jengkol, penganan seperti kopi, keripik, bisa berkontribusi membuat hati senang dan perut kenyang (inti menghadirkan suasana nyaman – lihat poin 1)

10/ Pilih waktu yang tepat

Seharusnya ini menjadi poin pertama karena meskipun Anda sudah melakukan semua di atas, tetapi memilih waktu sibuk di rumah, atau dimanapun, semua akan berantakan.

Temukan waktu dimana distraksi berada pada level minimal – malam hari saat semua tidur bisa jadi pilihan – agar rasa tenang dan nyaman bisa hadir.

11/ Pilih tempat yang tepat

Kalau faktor-faktor yang lain sudah ada, tetapi tempat tidak mendukung juga bisa menjadi sebuah masalah. Jadi, pastikan juga lokasi untuk menulisnya nyaman.

Kafe bisa menjadi pilihan kalau di rumah sedang kedatangan tamu atau banyak anak kecil.

Anda memiliki pendapat berbeda dengan tips di atas? Wajar saja. Setiap orang memiliki kriteria sendiri untuk merasa nyaman. Jadi, silakan lakukan saja hal-hal yang menurut Anda perlu.

Inti dari semua usaha ini adalah menghadirkan suasana dimana Anda bisa menikmati prosesnya dan mood terbangun. Setiap orang akan berbeda cara dan bukan masalah kalau berbeda dengan orang lainnya.

Bagaimana menurut Anda? Punya tips atau saran untuk bisa membuat suasana menjadi menyenangkan untuk menulis?

2 thoughts on “10+ Tips Menghadirkan Suasana Nyaman Untuk Menulis”

  1. Kalau saya nomor 1 adalah, biarkan anak -anak bobok dulu, hahaha.
    Jadinya bisa ngeblog tenang itu pas tengah malam, tapi jadinya nggak sehat juga.
    Kalau siangpun, setelah si Adik pulang sekolah, dia nggak mau tidur siang, kecuali saya kelonin.
    Alhasil, kelonin si Adik, mamak auto ngorok juga, bablas deh kerjanya hahaha

    Reply

Leave a Comment