Blog Menjadi Terkenal Karena Berhasil Dalam 2 Hal Ini

Blog Menjadi Terkenal Karena Berhasil Dalam 2 Hal Ini

Membuat sebuah blog menjadi terkenal, secara teori sebenarnya mudah. Belajar dari berbagai blog dunia yang sudah lebih dulu mempopulerkan dan membuat bloggernya menjadi kaya, blog-blog tersebut berhasil dalam

1/ Memancing pembaca baru datang

Prinsip semakin banyak semakin baik berlaku dalam hal membuat menjadi terkenal dan harus selalu diupayakan oleh bloggernya.

Caranya bisa berbeda antara satu blogger dengan yang lain dan tidak ada yang berlaku bagi semuanya.

Ada yang memanfaatkan teknik SEO (Search Engine Optimization – Optimasi Mesin Pencari) untuk mendulang pembaca baru lewat mesin pencari Google, Bing, Yandex, Baidu, dan sebagainya.

Namun, tidak sedikit pula yang berhasil menarik banyak pembaca melalui kampanye di media sosial.

Yang manapun, tujuan utama yang harus dilakukan adalah terus menarik pembaca baru ke blog.

Bayangkan saja, jika sebuah blog bisa menarik 100.000 pembaca baru dalam sebulan. Hampir pasti, jika angka itu bisa dipertahankan, dalam setahun sudah ada sekitar 1,2 juta orang pembaca.

Semakin banyak pembaca baru, maka blog tersebut akan semakin dikenal oleh banyak orang.

2/ Mengikat pembaca lama (mengubah pembaca baru menjadi pembaca loyal)

Namun, blog itu akan stagnan kalau hanya mengandalkan pembaca baru saja. Jika itu terjadi, perkembangan blog akan menjadi statis dan bahkan akan menurun karena tingkat persaingan yang akan meninggi. Apalagi jika hanya mengandalkan SEO dan tanpa melakukan promosi.

Untuk pembaca lama, atau yang sudah mengenal blog, caranya adalah dengan menyuguhkan kepada mereka konten-konten baru.

Seberapapun tinggi kualitas sebuah tulisan, atau betapapun berkesannya seorang pembaca terhadap konten yang sudah ada, ia tidak akan membacanya ratusan atau ribuan kali. Kemungkinan, ia hanya akan membaca 2-3 kali saja.

Jarang-jarang yang lebih.

Bila ini yang terjadi, maka jumlah pembaca lama kelamaan akan menurun. Situasi akan lebih parah kalau kemudian artikel-artikel andalan mendulang pembaca dari mesin pencari tergusur dari singgasananya.

Sedangkan, pembaca tidak disuguhi sesuatu yang baru di blog.

Ujungnya, blog itu akan berjaya sesaat, setahun dua tahun ia masih akan dikenal. Namun, kalau pembaca lama tidak diikat, situasinya akan terus memburuk.

Oleh karena itu lah, seorang blogger, suka atau tidak suka, harus terus berusaha mengikat pembaca lama agar mereka betah terus berada di blog. Suguhannya tidak bisa berhenti dan harus dipastikan terus kontinyu.


Kedua jenis pembaca ini penting bagi sebuah blog. Keduanya bukan untuk dipilih.

Nama-nama seperti Mashable, Problogger, Techcrunch, Wikihow adalah blog-blog terkenal di dunia. Pengunjungnya jutaan unique visitor atau pengunjung unik setiap bulannya.

Namun, mereka tetap rutin menerbitkan artikel baru, bahkan bisa puluhan setiap harinya. Mereka tetap berusaha mempertahankan pembaca yang sudah ada agar tetap terikat dengan blog tersebut.

Sekaligus, artikel baru memperbesar peluang mendapatkan pembaca baru lagi karena semakin banyak keywords yang bisa ditemukan mesin pencari.

Itulah alasan mengapa blogger selalu didorong untuk tidak malas dan mau mengupdate blognya dengan tulisan-tulisan baru nan fresh.

Tujuannya, untuk mengikat pembaca yang sudah ada dan menarik pembaca baru datang.

Sudahkah Anda melakukan hal itu?

2 thoughts on “Blog Menjadi Terkenal Karena Berhasil Dalam 2 Hal Ini”

  1. Itulah yg masih jadi peer mas 🤣. Skr kan aku udah resign yaaa, palingan kerja dari rumah skr ini. Itupun jam nya cuma dari jam 9 Ampe 15.00. Tadinya aku pikir bakal bisa lebih banyak terbitin tulisan, ternyata tetep aja kayak dulu 😅🤣. Memang mood menulis ini yg susah dilawan. 😣. Kalo lagi ga mood, mau ide banyak pun ttp aja nulisnya ogah2an.

    Tapi sekarang ini, pas sedang semangat, aku usahain utk setidaknya siapin 2 artikel atau lebih, walopun publish nya ttp 1 dulu, selanjutnya seminggu kemudian. Semoga cara begini bikin aku bisa lebih rutin update tulisan

    Reply
    • Hahahaha teori memang lebih mudah dikatakan atau dibuat daripada dilaksanakan. Saya juga pernah ketika WFH saat pandemi. Pikirannya, wuiih asyik banyak waktu di rumah.

      Kenyataannya, masa pandemi kemaren adalah masa paling tidak produktif dalam perjalanan saya sebagai blogger. Hahahahahah

      Jadi I feel you. Saya merasa lebih bersemangat dalam kesibukan sehari hari seperti sekarang. M

      Tapi kamu mah seharusnya santai saja Fan karena genre blog kamu kan tidak perlu harus setiap hari. Seminggu sekali sih kayaknya termasuk OK banget untuk blog traveling dan kuliner. Walau kalau saya sih disuruh ngeblog seminggu sekali malah biasanya gateeelll banget.. Ga bisaaaaa

      Reply

Leave a Comment