Fitur Microsoft Edge Ini Menguntungkan Bagi Kegiatan Blogging Saya

Siang Kawan MM?

Apa jenis browser yang Anda pakai untuk berselancar di internet saat memakai desktop atau notebook? Google Chrome, Opera, Firefox?

Kalau saya, sekarang memakai Microsoft Edge saja. Browser ini merupakaan browser bawaan dari sistem operasi Microsoft Windows 11 dan merupakan “keturunan” atau reinkarnasi dari Internet Explorer yang dulu dianggap browser paling buruk di antara nama-nama yang saya sebutkan tadi.

Namun, justru sekarang saya tidak lagi merasa perlu menambahkan peramban (istilah bahasa Indonesia untuk browser) lain.

Saya sudah merasa cukup dengan Microsoft Edge, meski akhirnya harus menambah satu browser, Chrome, tetapi bukan karena ada masalah dengan si Edge. Browser tambahan itu karena dibutuhkan untuk membuat akun Facebook tambahan saja.

Sebenarnya, tidak ada yang terlalu spesial dari browser besutan Microsoft ini. Semua fiturnya kurang lebih sama dengan buatan para pesaingnya.

Namun, ada 1-2 hal yang membuat saya menjatuhkan pilihan. Salah satunya adalah adanya fitur “COLLECTION”.

Fitur ini sebenarnya merupakan fitur bookmark dan ada juga di banyak browser lainnya. Namun, di Edge, fitur ini dikembangkan menjadi sidebar yang bisa disembunyikan. Yang terpenting fitur ini menyediakan sistem kategorisasi yang mudah sekali.

Kita bisa membuat kategorisasi sesuai yang kita mau dan kemudian jika ada website yang menarik, kita bisa langsung memasukkannya dalam kategorisasi tersebut dengan sekedar mengklik saja.

Fitur ini sangat membantu sekali dalam kegiatan blogging karena

  1. saya bisa mengelompokkan link website-website yang menjadi rujukan atau referensi sesuai dengan tema
  2. saya bisa mengkategorisasi link artikel yang akan dijadikan referensi saat membuat tulisan
  3. saya bisa mengelompokkan blog yang perlu disambangi saat melakukan blogwalking

Fitur Edge yang satu ini benar-benar memikat, sehingga saya memutuskan meninggalkan Chrome atau Firefox yang dulu menjadi andalan.

Sebagai bonus, browser ini setiap dibuka akan langsung menyajikan beragam berita dari berbagai media di Indonesia. Jadi, saya tidak perlu capek-capek masuk ke website tertentu untuk melihat berita apa yang sedang menarik pada suatu hari. Dengan membuka Edge, saya sudah bisa mengetahuinya.

Fitur ini mirip dengan Yahoo di masa lalu juga sebenarnya, tetapi dengan tampilan yang lebih sederhana dan menyenangkan.

Hasilnya, ya saya kepincut si Edge ini dan sejak berganti komputer beberapa bulan yang lalu, sudah betah sekali memakainya.

Kalau Kawan MM memakai browser apa di komputer/notebook? Ada yang memakai Microsoft Edge seperti saya?

8 thoughts on “Fitur Microsoft Edge Ini Menguntungkan Bagi Kegiatan Blogging Saya”

  1. Kalau saya pakai Chrome pak, khusus buat HP Android, dan fiturnya ada juga yang seperti fitur Edge itu, bookmark berdsarkan kategori dan juga punya berita 😅

    Kok Chrome buat komputer gak punya ya fitur yg seperti ada di HP, padahal sama2 Chrome?

    Reply
  2. Sudah lama nggak mampir ke MM, karena beberapa bulan terakhir (yang sempat saya cek) blog ini sepi, entah ke mana perginya si empunya. Senang akhirnya Pak Anton menulis lagi di sini, saya jadi punya banyak stok bacaan baru. Pas banget untuk maraton, apalagi saat sulit tidur karena banyak pikiran seperti malam ini. Anyway, walau lumayan terlambat, welcome back, Pak.

    Reply
  3. aku masih sering pake Chrome, karena di laptop aku nggak ada juga
    dan coba pertama kali kayaknya di laptop adik aku, karena nggak terbiasa, awalnya agak aneh menurutku, susah hahaha, padahal mah sama aja
    malah adik aku yang terbiasa pake Edge ini

    Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.