Prediksi Masa Depan Blog dan Blogging di Indonesia : Suram?

Prediksi Masa Depan Blog dan Blogging di Indonesia

Bagaimanakah kira-kira masa depan blog dan blogging di Indonesia?

Pertanyaan itu merupakan satu pertanyaan yang ada dalam daftar pertanyaan yang diajukan untuk rubrik wawancara blogger di blog MM. Meskipun mayoritas pertanyaan berbeda ada beberapa yang sama dan hanya diubah cara bertanyanya saja.

Tujuannya untuk mendapatkan pandangan dari para blogger yang sudah memiliki jam terbang tinggi terhadap masa depan yang mungkin terjadi di dunia blog, terutama Indonesia.

Dari tiga blogger yang ditanya, semua mengeluarkan prediksi yang sama, bahwa blog dan blogging mungkin akan menurun di masa datang.

Hal itu bisa dilihat di wawancara dengan mbak Fanny Fristhika Nila dan mas Ikrom Zain. Satu lagi hasil wawancara belum diterbitkan, tetapi pada intinya sama.

Mereka memperkirakan bahwa blog akan semakin turun kepopulerannya.

Saya sendiri masih belum bisa memprediksi karena “datanya” tidak ada. Belum ada penelitian atau pengumpulan data terkait jumlah blog dan blogger di Indonesia. Sangat sulit untuk bahkan memberikan dugaan tanpa data tersebut.

Namun, memang berdasarkan hasil baca sana dan sini, banyak blogger yang mengatakan nasib blog akan semakin suram di masa depan.

Kalau memang benar begitu adanya, maka saya hanya bisa berkata, “Indonesia memang beda“.

Di banyak negara maju, salah satunya Amerika Serikat, jumlah blogger cenderung bertambah. Tahun 2015 di negara Paman Sam ada 28.1 juta blogger dan di tahun 2020, jumlah meningkat menjadi 31,7 juta (sumber : Number of US Bloggers in 2022/2023: Demographics, Revenues, and Best Practices – Financesonline.com)

Tumblr, sebagai salah satu penyedia platform blogging pun memperlihatkan peningkatan dari 463 juta akun menjadi 495 juta akun (Sumber : How Many Blogs Are There? (65+ Blogging Statistics) – websitesetup.org)

Sementara di Indonesia justru menurun.

Hal itu juga menimbulkan beberapa pertanyaan?

  • apakah memang blog dan blogger kalah bersaing dengan Youtube, Instagram, Tiktok, atau lainnya?
  • apakah rendahnya minat baca memiliki kaitan dengan kebiasaan menulis masyarakat Indonesia?
  • apakah kurangnya dukungan dari pemerintah menyebabkan dunia blog Indonesia menjadi susut?
  • mengapa blog kurang disukai di Indonesia?
  • dan masih banyak segudang pertanyaan lainnya

Pertanyaan-pertanyaan yang rasanya sulit terjawab karena ketiadaan data yang jelas. Yang ada hanyalah dugaan dan prediksi saja.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah memang masa depan blog, blogger, dan blogging memang suram? Bisakah berbagi prediksi versi Anda di kolom komentar? Kalau bisa, tolong tambahkan dugaan tentang penyebabnya?

2 thoughts on “Prediksi Masa Depan Blog dan Blogging di Indonesia : Suram?”

  1. Pertanyaan yang sama, saya pun masih penasaran bagaimana perkembangan blog dimasa depan. Saat ini sudah banyak inovasi yang lebih canggih seperti adanya teknologi Ai yang tentunya lebih simpel dalam mencari informasi di internet. Ditambah lagi gempuran media mainstream yang sekarang banyak menguasai berbagai lini. Menurut saya ini ujian terberat untuk seorang blogger, khususnya blogger pemula.

    Reply
    • Ga tau apa yang akan terjadi.. dan memang kodratnya manusia tidak bisa tahu tentang masa depan. yang bisa kita lakukan hanyalah melakukan yang terbaik hari ini dan kemudian menunggu perkembangan saja.

      Semangat terus mas, percayalah proses tidak akan mengkhianati hasil, selalu akan ada hasilnya kalau dilakukan dengan sungguh sungguh

      Reply

Leave a Comment