3 Jenis Produk Yang Banyak Ditawarkan di Grup Blogger Facebook

Dalam postingan sebelumnya, saya mengatakan bahwa banyak grup blogger Facebook berubah menjadi pasar karena banyak sekali pedagang yang menawarkan produk mereka.

Keberadaan mereka ini berkontribusi besar terhadap matinya lumayan banyak komunitas blogger online yang berbasis media sosial besutan Mark Zuckerberg itu. (Baca : Pedagang Mematikan Grup Blogger Facebook)

Nah, apa sih produk yang mereka tawarkan kepada para blogger yang ada di sana?

Tidak banyak tipenya. Kalau dihitung hanya ada sekitar 6-7 jenis produk saja, tetapi yang paling dominan ada 3, yaitu

1/ Jasa Penulisan Artikel

Blogger butuh artikel untuk pengisi blog mereka. Sayangnya, mungkin karena malas, atau mungkin karena mereka sebenarnya bukan blogger dan hanya mengincar uang, maka mereka memutuskan untuk “membeli”.

Jadi lahirlah sebuah pasar baru, yaitu penyedia suplai artikel atau jasa penulisan artikel.

3 Jenis Produk Yang Banyak Ditawarkan di Grup Blogger Facebook - Jasa Penulisan Artikel

Terus terang harganya luar biasa, alias sangat murah dan saya pikir ini berperan besar terhadap jatuhnya harga jasa penulisan.

2/ Banklink atau Tautan Balik

Semua ingin menang di halaman SERP (Search Engine Result Page) Google atau mesin pencari lainnya.

Untuk itu salah satu yang dianjurkan adalah link building alias berusaha mendapatkan tautan balik ke blog. Dengan begitu blog seperti mendapatkan endorse dari situs lain dan menjadi “terpandang” di mata Google.

Kalau “terpandang”, maka peluang menang di SERP semakin besar.

Kebutuhan ini rupanya dilirik banyak pihak yang menawarkan untuk menyediakan backlink kepada yang memerlukan, di Grup Blogger FB.

Harganya beragam, mulai dari 100.000 per 3 backlink sampai ratusan ribu.

3/ Akun Adsense

Kalau mendengar gosip di dunia Publisher Adsense, katanya, untuk mendapatkan akun Adsense tidak sesulit dulu. Namun, kalau memperhatikan di grup-grup blogger FB, masih banyak yang merasa membeli akun Adsense lebih baik.

Buktinya, para penyedia a.k.a. penjual akun Adsense lumayan ramai lapaknya.

Tentu saja tidak legit, alias bertentangan dengan aturan yang ada. Dalam pedoman publisher Adsense disebutkan bahwa akun tidak boleh dipindahtangankan, apalagi dijual.

Tapi, kenyataannya, lapak penjual akun Adsense biasanya penuh dengan komentar, “PM Gan”, “Info harga”. Hal itu menandakan peminatnya lumayan banyak.


Ketiga produk itulah yang paling banyak ditawarkan di grup blogger Facebook.

Beberapa produk lain juga ada, seperti akun Adsite, akun Paypal, plugin WordPress, atau jasa pembuatan website. Namun, yang paling ramai, ya ketiga produk di atas.

Ada yang mau mencoba beli atau ikut berjualan di sana?

Leave a Comment