Admin Komunitas Blogger Facebook Tidak Aktif – Memastikan Grup Non Aktif

Admin Komunitas Blogger Facebook Tidak Aktif - Memastikan Grup Non Aktif

Dalam beberapa posting terakhir, saya menyebutkan beberapa masalah penyebab komunitas blogger Facebook banyak yang non-aktif alias hidup segan mati tak hendak.

Salah satunya adalah terlalu dominannya pedagang yang membuat member lain malas untuk aktif.

Namun, saya harus menambahkan daftar penyebab dengan satu hal lain, yaitu adminnya.

Salah satu admin komunitas blogger di Facebook dimana saya bergabung, sepertinya sudah putus asa atau terlalu sibuk. Salah satu posting yang saya masukkan ke grup itu sampai sekarang masih dalam status moderasi.

Tidak ada kejelasan ditolak atau diloloskan. Padahal, sudah lebih dari 3 hari tanpa ada indikasi keputusan. Posting yang terakhir terbit di bulan September alias 3 bulan lalu.

Admin yang non-aktif adalah sebuah masalah besar bagi sebuah komunitas. Perannya vital sekali dalam menghidupkan atau mematikan sebuah komunitas.

Ia adalah direktur dari komunitasnya, atau setidaknya mesin penggerak.

Kalau ia tidak aktif, maka sangat mungkin komunitas kacau dan keluar jalur yang ditetapkan. Lebih buruknya lagi, para anggota komunitas akan merasa tidak diperhatikan dan pada akhirnya memilih tidak datang lagi.

Admin benar-benar harus bekerja keras kalau mau komunitas onlinenya berkembang. Ia bukan hanya melakukan screening terhadap postingan member, tetapi juga mengeluarkan posting untuk memancing minat member yang lain tidak terlibat.

Oleh karena itu, menjadi admin, terutama dalam komunitas dengan ribuan anggota bukanlah perkara yang mudah. Tidak segampang yang dibayangkan.

Ia akan berperan dalam hidup mati komunitasnya.

Dan, komunitas yang saya sebutkan dalam paragraf di atas tadi mendapatkan dampak dari admin yang memilih non-aktif. Mati suri.

Beratnya tantangan yang dihadapi para admin inilah yang membuat saya tidak mau memegang peran tersebut. Berat. Saya pernah mengalaminya sendiri.

Salah satu pengalaman yang pernah saya rasakan berkaitan dengan Kafe MM. Itu ide saya. Saya pembuat sekaligus admin utamanya.

Kemudian, saya disibukkan dengan banyak hal lain, dan blog lain. Perhatian tidak bisa fokus mengurusnya. Hasilnya, perlahan forum untuk blogger itu mati suri dan tidak didatangi.

Jadi, memang berat tugas seorang admin.

Itulah mengapa saya menambah daftar penyebab kematian komunitas blogger di Facebook dengan admin yang non-aktif. Karena tidak ada yang memegang peran kunci dan bisa dipastikan perlahan grup itu akan mati suri.

Leave a Comment