Target Blogging di Tahun 2024

LOGO BLOG MM A4

Selamat Siang Kawan MM!

Apa target blogging kawan di tahun 2024? Kalau saya, biasanya sih tidak punya target apapun. Sebagai blogger yang cenderung suka kebebasan dan fleksibilitas, saya lebih menekankan pada mendapatkan kesenangan untuk menulis saja, meski pernah juga memiliki beberapa target blogging, tetapi dasarnya tetap pada kegiatan ngeblog-nya itu sendiri.

Namun, setelah hiatus lebih dari setahun, dimana tahun 2023 bisa dikata sama sekali nol, saya menyadari satu hal, yaitu perlu ada perubahan dalam kehidupan saya sebagai blogger.

Dengan alasan itulah, meski 1-2 bulan belakangan kegiatan mengurus LB Digital sudah menurun, saya masih belum langsung terjun menulis seperti dulu lagi.

Yang saya lakukan, selama beberapa waktu terakhir di tahun 2023 ini adalah mencoba membuat rencana, membuat strategi baru, melihat kelemahan dan kekuatan, dan kemudian menemukan metode baru dari sisi seorang blogger.

Saya mempertanyakan kembali, ke diri sendiri, tentang target yang ingin dicapai.

Setelah berpikir lumayan panjang, dan lebih detail, saya merumuskan beberapa target untuk tahun 2024 sebagai berikut

1/ mengaktifkan semua blog yang ada

Sebuah fakta, bahwa saya memiliki 14 blog, dan sayangnya, tidak semuanya aktif atau rutin diupdate. Hanya beberapa saja yang mendapatkan perhatian dan aktif mendapatkan setorang artikel baru.

Nah, di tahun 2024, semua blog itu TIDAK BOLEH TIDAK, harus mendapatkan asupan posting baru. Tanpa kecuali.

Semuanya harus hidup dan tidak boleh menjadi zombie lagi.

2/ menaikkan kembali trafik pengunjung

Tahun 2023 adalah tahun yang buruk sekali bagi saya sebagai blogger. Pengunjung terus menurun seperti bola yang menuruni tebing. Terjun bebas!

Data Google Search Console dan Google Analytics menunjukkan bahwa efek hiatus kelamaan adalah pengunjung yang malas datang. Siapa yang mau mendatangi blog yang tidak pernah diupdate? Apa yang mau dibaca?

Meskipun saya tidak kecewa terkait hal ini, karena sebagai gantinya LB Digital bisa mendapat omset 150 juta di tahun ini, tetap saja penurunan trafik seperti ini harus segera diperbaiki.

Jadi, tahun 2024 target kedua adalah menaikkan trafik pengunjung lagi.

Seberapa banyak? 100% dihitung dari tahun 2023 alias 2 kali lipat.

Salah satu langkahnya sudah disebutkan di poin 1

3/ lebih terorganisir

Walaupun, mungkin, bagi banyak blogger, yang saya lakukan selama menjadi seorang blogger sudah lebih mirip kerja dan terorganisir, tetap saja, setelah mengamati, saya memutuskan bahwa cara kerja yang dilakukan selama ini masih acak-acakan.

Kurang rapi dan jauh dari kata efisien.

Alasan inilah, yang kemudian mendorong saya me-review kembali berbagai hal, membeli beberapa peralatan penunjang, dan membangun ulang sistem kerja blogging.

Dimulai dari perumusan ulang sistem gudang ide, pembuatan kerangka/topik, sampai ke editorial plan.

Targetnya adalah saya lebih efisien dan efektif dalam memanfaatkan waktu dan pada akhirnya bisa menghasilkan lebih banyak artikel.

Ada banyak sekali yang saya lakukan selama beberapa minggu terakhir, termasuk mencatat ratusan atau puluhan ide.

4/ lebih banyak bergaul

Yah, ini salah satu kelemahan saya selama ini. Kurang bergaul dan lebih fokus pada masalah produksi artikel.

Suka atau tidak suka, yang satu ini berkontribusi pada masalah branding dan brand awareness.

Jadi, di tahun 2024 nanti, saya memutuskan untuk lebih banyak melakukan blogwalking dan berkunjung ke berbagai blog di seantero jagad.

Langkah itu sudah dimulai dengan memperbarui kembali daftar blog, terutama di Indonesia yang sudah dilakukan 1 minggu terakhir ini.

5/ lebih banyak promosi/pemasaran

Karena fokus pada kesenangan ngeblog, maka saya sangat tidak pedulian pada pemasaran blog. Efeknya, ya begitulah, banyak blog kurang mendapatkan eksposur dan kurang dikenal.

Bagaimana mau dikenal, kalau saya tidak memperkenalkan diri?

Jadi, di tahun yang baru nanti, promosi akan mendapatkan porsi untuk dilakukan juga.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan Instagram dan Facebook, selain tentunya dengan memanfaatkan blogwalking. Rencana dan strategi untuk kembali aktif di media sosial sudah dibuat selama 2 bulan terkahir hiatus

Jadi, itulah target saya di tahun 2024 mendatang.

Semua rencana dan target ini jelas tidak GRATIS. Saya harus bekerja keras dan bahkan lebih keras lagi dibandingkan sebelumnya.

Namun, karena saya sadar TIDAK ADA MAKAN SIANG GRATIS, saya harus melakukan semua hal itu. Itu konsekuensi dari menghilang selama 1 tahun lebih dan berhenti produksi.

Kalau saya tidak mau bekerja keras, ya berarti artinya, memang saya kepingin berhenti jadi blogger atau saya memilih jadi blogger tulen yang hanya mementingkan pada kesenangan ngeblog saja. Padahal, saya sudah memutuskan untuk membagi tujuan 50% kesenangan 50% penghasilan

Tidak bisa lagi saya santai.

Nah, itu target saya. Bagaimana dengan kawan MM? Apakah punya target atau rencana di tahun 2024 nanti? Bisa berbagi dengan saya?

8 thoughts on “Target Blogging di Tahun 2024”

  1. Mungkin karena selama tahun 2023 ini juga Pak Anton fokus ke hal lain, jadinya waktu ngeblog berkurang, dan jadinya mengayomi banyak blog nya itu juga jadi sulit.
    Ampuuunnn dah 14 blog, akoh aja cuman fokus di 4 blog ngos-ngosan!
    ada 2 blog yang cuman iseng aja sih, jarang kesentuh.
    Apalagi pengen aktif juga di Kompasiana atau Kumparan.

    Tapi emang semua itu harus dipaksain sih kalau saya, karena kalau ditunggu waktunya ada, mana adaaaa wkwkwkw
    Semangat Pak! semoga tahun 2024 akan semakin baik dan berkah, aamiin

    Reply
    • Aaamiinnn.. Makasih semangatnya Rey.

      Empat belas blog.. saya sendiri sebenarnya sampai heran, kok ya saya gila banget dan ga mikir banget waktu buat tuh blog. Cuma karena kadung suka dan senang punya tantangan, saya teruskan saja. Emang sih ngos-ngosan tapi penasaran melihat situasi seperti ini.

      Saya mikir, masa sih saya ga bisa menemukan solusinya, walau kadang terlintas juga pikiran untuk mematikan beberapa blog supaya lebih efisien.

      Emang bener ketambahan sisi bisnis bikin tambah ruwet Rey. Makanya, saya memutuskan vakum dulu saja daripada kepala jadi seperti orang sakaw.

      Semangat juga untuk Rey.. Kamu pasti bisa.. dan pasti repottt.. hahahahah

      Reply

Leave a Comment