Kembali Menggunakan Google Analytics dan Google Search Console, Demi Kemajuan

Sudah lumayan lama sebenarnya semua blog di jaringan Lovely Bogor Network agak putus cinta dengan Google. Biarpun masih lumayan banyak pengunjung yang datang dari mesin pencari perusahaan raksasa itu, serta jasa Google Ads, saya tidak lagi menggunakan layanan lainnya.

Contohnya saja, Google Analytics dan Google Search Console, yang kodenya sudah lebih dari setahun dilepas dari semua blog yang ada di jaringan tersebut.

Saat itu saya tidak merasa perlu menyibukkan diri dengan data dan statistik. Tok, fokusnya ada pada Adsense, jadi saya tidak merasa menanamkan kode pelacakan GA atau GSC itu akan membawa manfaat. Ditambah pula dengan berbagai kesibukan selama setahun terakhir.

Ujungnya, boro-boro mengamati pergerakan trafik pengunjung, menelurkan artikel saja tidak.

Namun, sejak 1 bulan terakhir, saya memutuskan untuk menanamkan kembali kode pelacakan dalam header semua blog.

Mau tahu alasannya?

Ya, karena merasa butuh.

Bukan sekedar karena ingin tahu, bukan juga sekedar karena saya butuh pemuasan ego melihat pengunjung bertambah. Bukan itu, tetapi karena memang merasa “butuh” dan kali ini “harus” dilakukan.

Latar belakangnya adalah karena sekarang saya tidak lagi bekerja seorang diri. Sudah ada tim LB Network dan LB Digital bersama dengan saya.

Jadi, saya butuh sesuatu yang bisa diukur untuk melihat perkembangan dari “hasil kerja tim”. Nantinya data yang ada akan dipergunakan untuk memperlihatkan kepada seluruh anggota tim mengenai proses dan hasil kerja mereka.

Juga, data yang ada bisa dipakai untuk menentukan arah dan strategi yang harus diambil oleh setiap tim agar website yang mereka kelola bisa berkembang dengan baik.

Nantinya, saya akan mengajarkan kepada mereka bagaimana membaca data dari layanan Google tersebut dan cara memanfaatkannya.

Ketika sendirian, meski saya tahu dan bisa menganalisa, tetap hasilnya akan percuma karena keterbatasan waktu dan tenaga yang akut akan membuat data tersebut tidak berguna sama sekali. Tidak akan ada outputnya. Berbeda dengan sekarang karena akan ada rekan-rekan kerja yang bisa bergerak dan memanfaatkannya.

Lagipula, saya sudah mengarah menjadi wirausahawan dan saya tahu bahwa data itu adalah informasi berharga yang akan banyak membantu jika dipergunakan dengan baik dan bukan sekedar gaya-gayaan saja.

6 thoughts on “Kembali Menggunakan Google Analytics dan Google Search Console, Demi Kemajuan”

  1. Kalau soal GA kemarin saya sempat memasangnya, tapi setelah saya perhatikan sebenarnya yg saya butuhkan dari GA sudah terwakilkan pada halaman Statistik di Blogger, jadi GA saya copot aja. Lagipula saya memasang GA cuma mau membuat postingan tutorial proses memasangnya saja 🤣

    Kalau soal GSC, itu tak mengganggu blog jadi saya biarkan saja tetap terdaftar di GSC.

    Kalau promosi blog sebaiknya dimana pak, selama ini saya cuma promosi dgn berkunjung ke blog teman2 😅😅

    Reply
    • Saya kan pakai wordpress dan ga ada fitur kayak blogspot. Jadi mau tidak mau harus pasang euy.

      Tempat promosi yang baik, saya pikir Facebook. Hanya bukan di grup komunitas blogger. Baiknya cari grup FB yang umum dan kemudian secara rutin (seminggu sekali) melakukan share link. Efeknya baik sekali untuk mendatangkan trafik. Kalau rutin bahkan akan sangat membantu perkembangan blog. Makanya saya belakangan ini minta tim saya lebih sering membagikan link ke grup FB.

      Instagram juga ok, meski tidak senyaman Facebook karena ga bisa sebar link, tetapi kalau memakai hashtag yang tepat, hasilnya juga mendatangkan trafik

      Reply
  2. Wah.. bapak ini makin mantap aja.

    Aku juga butuh banget bisa baca semua metrik yang google analytics suguhkan karena meski aku udah sambungin webnya brand tempatku kerja, tapi ya udah, gitu aja… blm ada tindak lanjut lagi, heuheuheu…

    Mestinya kan data google analytic dianalisa untuk kebutuhan strategi selanjutnya ya pak…

    hohohooo…. iraha nyak diajarna.

    udah weh, itu aja curcolku sekarang.

    sukses terus dan sehat terus pak Anton!

    Reply
  3. Saya cuman eh masih wacana mulu nih mau utak atik GSC atau GA buat kembangkan tulisan, udah malas duluan rasanya, lebih suka nulis sesukanya wakakaka.
    Pengen kayak yang lainnya, yang bener-bener peduli dengan segala macam di blog, termasuk analisa blog nya dari GA dan GSC

    Reply
    • Butuh waktu Rey… hahahah saya juga kemarin malas untuk menganalisa GA dan GSC karena outputnya nggak ada, alias nggak bisa dijalankan.

      Setelah kondisinya berbeda dan kebutuhan datang, barulah saya memakainya lagi.

      Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.