Nggak Bakalan! Saya Akan Tetap Seorang Blogger, Sampai Akhir Hayat

Memang, saya tahu bahwa manusia itu makhluk yang suka berubah-ubah pendiriannya. Jadi bukan tidak mungkin seseorang yang sebelumnya getol sekali melakukan sesuatu, bisa tiba-tiba berhenti dari kegiatannya tersebut.

Begitupun saya. Karena saya masih manusia, maka kemungkinan itu akan selalu ada.

Saya sebelum ini termasuk seorang yang sangat aktif sebagai blogger., dalam sehari saya bisa menulis sampai 4000 kata atau menelurkan beberapa tulisan. Sayangnya produktivitas itu anjlok total sejak pertengahn tahun 2021 yang lalu dan sampai sekarang belum kembali ke titik tersebut.

Namun, bukan berarti hal itu disebabkan kehilangan motivasi untuk meneruskan perjalanan menjadi blogger. Jauh dari itu. Semangat saya masih tetap tinggi.

Sayangnya, ada beberapa hal yang sejak tahun lalu menjadi priortas yang lebih tinggi daripada urusan ngeblog, seperti

  • mengelola game crypto (karena mendapat tugas dari bos)
  • membangun tim untuk dunia fotografi
  • terakhir, membangun LB Network dan LB Digital

Kesemuanya terlihat menempati prioritas yang lebih tinggi daripada ngeblog, atau blogwalking, dan kegiatan lain di dunia blog. Namun, sebenarnya tidak demikian.

Semua yang saya lakukan masih berinti pada blog-blog yang saya kelola.

LB Network yang sedang dikembangkan akan berbasis pada beberapa blog yang saya kelola. Hanya saja, saya sedang merintis usaha menambahkan jumlah anggota tim pengelolanya. Hal ini dimaksudkan untuk memecahkan masalah keterbatasan waktu dan tenaga yang selalu menjadi hambatan utama blog-blog tersebut berkembang.

Dengan masuknya tenaga baru, diharapkan dan direncanakan blog-blog tersebut tidak lagi stagnan dan bisa diupdate dengan artikel baru.

Suka tidak suka, saya harus meluangkan waktu untuk membentuk tim dan kemudian memberikan training pengelolaan website sekaligus dengan teknik pemasarannya.

LB Digital pun sama. Saya mencoba untuk memaksimalkan sisi bisnis dari dunia website dan blog dengan membentuk tim untuk menawarkan jasa. Harapannya, pada akhirnya penghasilan tidak hanya akan bergantung pada Adsense atau periklanan.

Lagi pula, salah satu strategi dalam menawarkan jasa pun, saya tetap membuat sebuah website baru (menggunakan subdomain dari Lovely Bogor, yaitu www.digital.lovelybogor.com), Saya termasuk di dalam tim tersebut dan pada akhirnya juga akan menjadi content writer untuk memperkuat SEO dari website tersebut.

Belum lagi saya harus membentuk dan melatih tim tersendiri agar sisi bisnis dari blog Lovely Bogor bisa dimanfaatkan maksimal.

Dan, semua itu jelas butuh waktu dan tenaga, yang kebetulan saya hanya punya sedikit.

Jadilah, suka atau tidak suka, saya harus menyingkirkan terlebih dahulu kegiatan yang sangat saya suka, mengurus blog dan membuat tulisan.

Hanya, mlipirnya saya dari kegiatan menulis artikel di blog bersifat sementara waktu saja. Tidak terbersit niatan untuk kabur atau hiatus lagi. Kali ini, langkah yang diambil justru tidak jauh dari dunia blog, hanya pada sisi lainnya, yaitu sisi komersialnya.

Tidak ada sama sekali niatan untuk membuang label “blogger” yang saya sematkan ke diri sendiri sejak 9 tahun lalu itu. Saya masih seorang blogger dan masih terus menjalani kehidupan seorang blogger. Meskipun, untuk sementara tidak ada hasil yang diperlihatkan.

Saya masih seorang blogger.

Itu kaat saya, entah kata Anda. Terserah masing-masing sih.

12 thoughts on “Nggak Bakalan! Saya Akan Tetap Seorang Blogger, Sampai Akhir Hayat”

  1. Iya pak, semangatnya masih terlihat.

    Kalau saran saya pak, sebaiknya semua blog dan networknya dijadikan satu saja, itu akan lebih menghemat waktu lagi mengurusnya, tapi sudah ditangani anggota ya, its ok deh 🤣

    Reply
    • Sempat kepikiran Bang Jaey.. Ada niatan mematikan beberapa blog dan kemudian menggabungkannya dalam satu atau dua blog saja. Cuma sayang karena tetap saja domain yang sudah berjalan itu sudah berumur dan bisa dikembangkan.

      Makanya saya memutuskan untuk “menambah” anggota tim daripada mematikan..

      Reply
  2. Hidup Blogger….

    Manusia itu kadang emang berubah pak, liat itu pingin itu, liat ini pingin ini. saya termasuk yang berubah ubah.

    Dari blogger malah sibuk ikutn belajar crypto, terus capek di cypto iseng bikin youtube, abis itu ujung-ujungnya balik lagi ke titik awal yaitu ngeblog.

    Saya baru mulai aktif kembali nulis dan update artikel, saya pikir, sayang domain yang sudah saya beli dan akun adsense kalau di cuekin terus. kan kasian

    iya kan Pak Anton.

    Reply
    • Namanya masih manusia mas.. berubah itu sebuah kodrat yang tidak bisa dibantah.. hahahah

      Horee.. akhirnya kembali ke khittah .. wakakaka welcome back mas.. tadi sudah sempat ngintip sebentar.

      Reply
  3. Wah ga heran kak Anton melipir sebentar dari blog ini. Ada 3 tugas besar yg lagi digarap. 💪🏼💪🏼💪🏼 Ngomong2 baru tau aku crypsto dibuat game. Namanya apakah?

    Btw selama terus nulis blognya, sebutan blogger akan selalu tersemat menurutku. Even uda ga nulis sekalipun tapi kan sudah punya blog. Jadi tetap bisa disebut “dia ini blogger loh” kalo lagi ngenalin ke temen hehehe

    Reply
  4. Hahaha… persis!
    pak Anton juga pasti kerasa kalo aku langsung lost dari dunia blogging (baik nulis maupun blogwalking sejak… lupa lagi, hehe)

    Ya, seperti apa yang pak Anton bilang, manusia itu makhluk yang selalu berubah-ubah.

    Kemarin rajin, besoknya langsung lost… eh hari ini kembali rajin, meski baru blogwalking aja dulu.

    Tapi sama juga sama pak Anton, blog ini ga akan aku hilangkan dari kehidupanku sih. blog udah kayak rumah, yg mungkin sekarang aku lagi jalan-jalan dulu, tapi kalo udah bosen dan cape, baliknya ya ke rumah lagi.. blogging lagi, nulis lagi sekali-kali, blogwalking lagi kayak sekarang, hehe…

    semangat untuk kita semua sebagai blogger! semoga semangat itu terus menyalaa…

    Reply
    • Semangat terus Dy… ga masalah kalau sesekali menghilang. Lagi juga nggak ada yang bisa larang kok.. hahahaha.. Toh tetap saja kita punya prioritas lain di dunia nyata.

      Sama dong, saya mah kayaknya bakalan menekuni blogging terus… karena terlalu menyenangkan untuk dihilangkan hahahaha

      Reply
  5. Selalu salut sama teman-teman blogger yang mau ‘beranjak’ ke hal lain, nggak cuman nulis doang.
    Karena udah hampir 5 tahun beli domain, yang saya lakukan cuman sebatas menulis di blog terooosss, ahahahaha.

    Ya kembali lagi sih, dibatasi dengan waktu yang mana makin hari makin sempit aja waktunya, karena anak-anak makin butuh mamaknya, nggak ada orang lain yang bisa didelegasikan sementara.

    Jadi yang bisa saya lakukan cuman menulis.
    Dan kalaupun misal ketemu bidang lain kayak Bapak Anton, nggak tau ya, kira-kira saya masih bakalan setia ke blogger atau enggak ya, wkwkwkwk

    Reply
    • Jalan saja terus Rey… tidak perlu terlalu dibebani . Kalau memang nanti ada jalannya juga akan ditemukan. Kalau tidak juga tidak ada salahnya meneruskan hanya menjadi blogger.

      Kondisi dan situasi setiap orang berbeda, jadi sesuaikan saja dengan sikon sendiri. Yang penting mah dikau enjoy

      Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.