Sudah Lama Tidak Cek Google Adsense : Eh, Ternyata Masih Menghasilkan

Dilihat dari kalendar, yang ada di komputer, kurang lebih berarti sudah 6 bulan saya tidak aktif di dunia blogging.

Fokus dan perhatian yang dicurahkan untuk memantau perkembangan tim LB Digital (Lovely bogor Digital), yang merupakan sisi bisnis dari Lovely Bogor Network, tidak menyisakan waktu untuk beraktivitas sebagai blogger.

Jangankan menulis. Memantau perkembangan Google Adsense saja tidak. Membuka dashboard Google Analytics tidak dilakukan juga. Apalagi mengecek Google Search Console, boro-boro deh.

Baru hari ini saya iseng masuk ke dashboar Adsense.

Saya pikir, penghasilan pasti tidak ada karena semua blog tidak diupdate dalam jangka waktu yang lama.

Ternyata, saya salah loh.

Rupanya selama saya tidak aktif, dan hanya aktif membayar hosting saja, blog-blog tersebut tetap bekerja mencari rejeki untuk pemiliknya.

Meskipun terlihat ada penurunan lumayan signifikan, ternyata tetap ada ada rupiah yang datang.

Lumayan juga.

Namun, harus diterima fakta bahwa penurunan memang lumayan drastis dari jumlah klik maupun uang yang diterima dibandingkan sebelumnya.

Wajar saja sih, siapa yang mau datang ke blog yang isinya itu itu saja.

Jadi, rencana berikutnya adalah kembali aktif di dunia blogging. Kebetulan, masalah utamanya sudah terselesaikan. Organisasi LB Digital sudah berjalan lebih baik dan beberapa wewenang yang biasanya harus saya lakukan sudah diambil alih oleh anggota lain.

Jadi, saya bisa fokus pada pembentukan strategi dan rencana saja. Sisa waktunya rencananya akan dipergunakan untuk kembali memperkuat Lovely Bogor Network alias jaringan blog yang ada.

Tentunya, selain untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari sisi iklan, juga untuk membantu perkembangan dari bisnis digital marketing yang sedang dibangun.

Mudah-mudahan saja saya bisa kembali sepenuhnya dan beraktivitas sebagai blogger lagi.

Tabik!

4 thoughts on “Sudah Lama Tidak Cek Google Adsense : Eh, Ternyata Masih Menghasilkan”

  1. Semangat Pak, saya juga sudah lama ngga main ke sini. Tapi ngga ada hubungannya dengan keadaan blog ini. Saya nya aja yang timbul tenggelam, masih sering malas-malasan ngeblog nya. Tapi selamat ya, Ok, Adsensenya masih terus mengalir 👍

    Reply

Leave a Comment