Memanfaatkan Sisi Lain Dari Fungsi Blog

LOGO BLOG MM

Dulu, saya pernah berpikir untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog. Penghasilan dalam artian, blognya yang menghasilkan uang dari iklan, content placement, atau sponsored post.

Dulu yah.

Namun, setelah melewati waktu yang lumayan lama – di atas lima tahun, saya menyadari bahwa hal tersebut agak meragukan bisa memenuhi kebutuhan hidup ketika pensiun nanti.

Memang, bukan berarti blog-blog ini tidak menghasilkan uang, bahkan kalaupun saya hiatus dari menulis, uang tetap ada. Sayangnya, jumlahnya ya segitu segitu saja, terutama karena penghasilan utama adalah dari Adsense (bukan content placement, sponsored post, atau yang lain).

Untuk bisa memenuhi keperluan hidup, jumlah tersebut rasanya bakalan kurang jauh, meskipun kebutuhan saya di masa pensiun tidak akan sebesar sekarang. Si Kribo tersayang bakalan sudah lulus kuliah dan pembiayaan sekolahnya dan yang lain tidak ada. Namun, tetap saja, mengandalkan diri dari penghasilan Adsense jelas sulit sekali.

Bukan berarti tidak bisa. Mungkin bisa kalau saya mau benar-benar menghabiskan waktu dengan menulis terus. Rasanya pasti bisa kalau saya bisa terus menulis 10 artikel dalam sehari.

Cuma, ada kekhawatiran bahwa hal itu tidak bisa terwujud.

Oleh karena itulah, setelah berpikir lumayan lama, mindset saya digeser sedikit karena saya tidak mau meninggalkan blog dan dunianya. Kebetulan, si Kribo sudah besar dan kemudian banyak anak-anak muda yang kreatif hadir dalam kehidupan saya dari dunia fotografi.

Tercetuslah ide untuk membangun digital marketing agency atau agensi pemasaran digital. Dimulai dengan menerima job pemotretan pre-wedding, wedding, dokumentasi, foto produk, dan lainnya, sekarang sudah merambah ke beberapa hal lain, seperti manajemen media sosial, dan pembuatan website.

Dalam satu tahun terakhir, ternyata hasilnya jauh lebih besar daripada penghasilan Adsense perbulan. Terlebih lagi, kegiatan itu menghasilkan potensi pekerjaan untuk beberapa orang lain, seperti desain, copy writing dan lainnya.

Jadilah sekarang saya bisa dikata lebih fokus pada membangun tim untuk pekerjaan tersebut. Nama yang kami sematkan pada tim itu adalah LB Digital alias Lovely Bogor Digital.

Nama itu dipakai karena kami ingin memaksimalkan nama Lovely Bogor yang sudah beredar lama dan cukup dikenal. Hal itu akan membuat pekerjaan promosi tidak lagi dimulai dari 0. Kami sudah memiliki nama yang cukup dikenal.

Untuk sementara, karena sebagian besar anggota tim masih kuliah, maka kami belum membentuk badan usaha. Namun, ke depannya tim ini akan berubah karena kami sudah mempertimbangkan untuk membentuk CV atau PT.

Lovely Bogor Network sendiri akan tetap berjalan dan akan terus dimaksimalkan pengelolaannya. Namun, tujuan utamanya tidak lagi sama seperti dulu.

Jika dulu, blog-blog ini ditargetkan untuk mencari pemasukan, sekarang tugasnya agak digeser sedikit menjadi sebagai alat promosi, terutama dari mesin pencari. Blog-blog ini bisa difungsikan untuk mencari klien potensial bagi LB Digital.

Tentu saja, pemasukan iklan akan tetap ada, tetapi bukan lagi menjadi target saya.

Saya hanya memanfaatkan sisi lain dari sebuah blog sebagai sarana branding atau promosi dari produk yang ditawarkan oleh LD Digital, berupa jasa pemasaran online.

Alasan itulah yang membuat saya seperti timbul tenggelam di dunia blog. Bukan karena bosan, tetapi karena suka atau tidak suka, saya harus “mengasuh” anak-anak muda itu untuk membangun tim, mengubah mindset, mengajarkan manajemen, membentuk sistem yang pada akhirnya akan mewujudkan sebuah bisnis dan usaha yang menguntungkan.

Jika bisnis ini berjalan, maka pemasukan bagi saya, terutama saat pensiun nanti, diharapkan akan lebih besar daripada sekedar mengandalkan Adsense.

Who knows? Iya kan.. Setidaknya saya pikir sekarang rencana ini lebih baik dari berbagai segi dibandingkan sekedar mengandalkan blog sebagai mesin pencari uang.

Bagaimana menurut Kawan?

6 thoughts on “Memanfaatkan Sisi Lain Dari Fungsi Blog”

  1. Saya setuju aja deh 😅😅😅. Adsense itu memang bisa dijadikan untuk penghasilan. Tapi nilainya tergantung pasar. Percaya atau tidak blogger yang mengandalkan adsense itu, sebenarnya masih bekerja kepada pihak lain juga, dalam hal ini adalah Google. Pemasukan mau tidak mau dipengaruhi oleh faktor tersebut. Selain itu bahasa simpelnya, kerjaannya kan memang cuma tempat nongkrong iklan.

    Berbeda dengan LD digital, kerjaannya lebih mengandalkan kepada diri sendiri ataupun pun tim. Besarnya penghasilan juga bisa lebih maksimal. Tapi tentu saja sekali lagi juga tergantung bagaimana tim berusaha memperoleh job yang menguntungkan.

    Intinya tergantung sudut panjang dan cara pelaksanaannya. Keduanya tetap memerlukan keseriusan untuk memperoleh target yang diharapkan.

    Reply
  2. Terima kasih atas sharingnya yang memperkaya perspektif saya terhadap dunia blogging. Saya akan menantikan kembali aktifnya blog Maniak Menulis dan sharing perkembangan LB Digital alias Lovely Bogor Digital. Saya menikmati mempelajari langkah-langkah sukses para blogger yang tidak hanya mengandalkan Adsense.

    Saya meyakini bahwa blogging juga merupakan salah satu sarana healing untuk batin. Maka di sisi ini blogging bisa turut berkontribusi secara tidak langsung bagi finansial penulisnya. Layaknya minuman suplemen, makanan sehat, jogging di pagi hari, atau menekuni hobi fotografi yang jika kita mengonsumsinya atau melakukannya kita tak akan begitu saja mendapat uang, akan tetapi itu semua menjadi ikhtiar untuk tetap fit lahir batin sehingga bisa dengan hati riang beraktivitas menjemput rezeki.

    Reply
    • Makasih sama-sama….

      Insya Allah nanti perkembangannya akan disharing di sini.

      Sama Mas Iqbal. Menulis itu bisa dilihat dari berbagai sisi. Tergantung dari mana mau dipandang, maka hasilnya dan perannya akan berbeda. Mau melakukannya dari banyak sisi juga tidak masalah. Mau sebagai hobi yang menyehatkan sekaligus sebagai aktivitas yang menghasilkan, juga bukan problem.

      Jadi, ya saya setuju sekali dengan pandangan mas dalam hal ini..

      Sehat selalu ya mas

      Reply
  3. Wah, ketemu sama artikel yang relate dengan sikon saya saat ini. Awal ngeblog, semangat sekali lihat penghasikan yang didapat. Semakin lama menulis, seperti ada kejenuhan. Isi tulisan nggak lagi terasa asyik karena orientasinya selalu pada bayangan iklan diklik. Sekarang, saya mencoba menulis untuk berbagi pengalaman, mencatat hal yang menurut saya bermanfaat dan sama mas, menjadikan blog untuk media promosi produk sendiri. Khususnya properti, utk saya saat ini. Baru deh, seo nomor 2. Penghasilan adsense no. 3 hehe. Sekedar sharing dan ikut nimbrung ya mas anton.

    Reply
    • Yap.. Benar sekali mas.. saya juga perlahan mulai memisahkan sisi bisnis dan blog. Rasanya itu lebih baik daripada hanya sekedar menggantungkan penghasilan hanya dari iklan Adsense.

      No problem mas. Malah sharing yang seperti ini diperlukan untuk memberikan pandangan bagi yang lain tentang sisi bisnis yang bisa digali

      Reply

Leave a Comment