Saatnya Berpisah Sudah Tiba : Blog MM Harus Berubah

logo blog maniak menulis mm 2

Enam tahun lebih sudah usia Maniak Menulis atau yang belakangan dikenal sebagai Blog MM. Tanggal 17 Juli 2016 adalah hari kelahirannya.

Sudah berulangkali blog ini berubah wujud dan tema.

Pertama kali hadir ditujukan untuk menjadi blog tandingan atau batu pengimbang bagi pemikiran para internet marketer, pakar blogger atau yang mengaku dirinya pakar, yang terbiasa menyempitkan blogging menjadi sebuah kegiatan pemasaran saja.

Sudah banyak orang yang sebal kepada blog ini sejak kelahirannya.

Kemudian, beberapa kali blog ini berubah tema, tetapi tetap pada intinya yang bermain di dunia blog, sedikit medsos, sedikit buku, dan serba sedikit lainnya.

Maniak Menulis tidak pernah menjadi blog tutorial, meskipun terkadang terselip ada beberapa tulisan yang bersifat mentransfer informasi atau pengalaman dari bloggernya.

Berulangkali berubah, tetapi ada satu yang tetap. Blog ini merupakan tempat dimana sang blogger yang menjuluki dirinya Ronin bermain dengan bebas dan menjadi sangat ekspresif.

Itu tidak pernah berubah karena dibandingkan blog-blog lainnya di bawah Lovely Bogor Network, Blog MM adalah tempat yang nyaman untuk mengungkapkan pemikiran secara gamblang, berani, nyentil, bahkan menonjok.

Yang pasti juga, Blog MM tidak pernah diniatkan untuk mencari keuntungan atau uang dari Adsense. Blog ini lebih difokuskan untuk berbagi, bersenang-senang, dan mencari kawan (atau lawan). Itu saja. Tidak ada agenda lain di dalamnya.

Nah, disanalah letak masalahnya sekarang.

Setelah satu tahun hiatus dari dunia perblogan, pemikiran saya agak bergeser. Dengan lahirnya LB Digital, perhatian dan tujuan saya bergeser. Saya ingin mencoba peruntungan di dunia blog.

Perubahan pemikiran itu berujung pada keharusan untuk memilah blog yang menguntungkan dan yang tidak. Sayangnya, baik secara materi dan juga pemasaran, Blog MM adalah salah satu yang paling tidak memberikan dukungan.

Lebih buruk dari itu semua, saya terlalu menyukai blog ini. Ruang kebebasan yang diberikannya terlalu menyenangkan untuk diabaikan begitu saja. Akhirnya, banyak sekali waktu dan enerji yang dicurahkan untuk mengurus Blog MM.

Kondisi seperti ini akan menjadi hambatan tersendiri dengan pemikiran dan target baru yang ada. Bisa dipastikan, bagaikan magnet, Blog MM akan selalu menarik saya kembali ke sini.

Jika itu terjadi, maka hasilnya akan buruk karena waktu yang tersedia tidak akan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan. Saya hanya akan terus mencari kesenangan saja.

Saya harus mengganti mindset di kepala dan hal itu tidak akan berjalan baik kalau magnet itu tidak dimatikan atau setidaknya dikecilkan daya tariknya. Saya tidak akan fokus pada tujuan baru yang sudah ditetapkan.

Untuk itulah meski agak berat hati, saya memutuskan untuk melakukan perubahan pada blog MM ini.

Jujur saja, sebenarnya sudah beberapa kali hadir pemikiran untuk mematikan blog yang satu ini.

Namun, rasa sayang terhadap semua karya sederhana yang pernah saya telurkan terlalu sulit ditembus. Jadi, langkah yang diambil merupakan kompromi dengan tetap mempertahankan Blog MM, tetapi dengan misi dan fungsi yang berbeda.

Perubahan yang akan dilakukan terhadap blog ini adalah

  • Blog MM atau Maniak Menulis akan berubah menjadi semacam blog yang berisi daftar blog dan blogger yang ada di Indonesia dan luar negeri
  • Blog MM hanya akan sesekali menelurkan tulisan terkait pemikiran, transfer informasi dari dunia menulis, membaca, dan blogging
  • Untuk pembahasan terkait kegiatan ngeblog atau blogging sendiri akan diambil alih oleh Bogor Belajar Blog yang sebenarnya sudah hadir lebih dari satu tahun. Namun, tentu saja dengan gaya yang berbeda dibandingkan dengan gaya si Ronin di Maniak Menulis karena pembahasannya hanya akan terkait blog dan tidak melebar kemana-mana
  • Kafe MM (Forum) akan tetap dipertahankan meski sudah tidak ada yang aktif disana karena untuk menghapusnya butuh waktu dan tenaga yang terlalu banyak
  • Blog MM/Arsip tulisan saya sebelum perubahan ini, atau yang bukan daftar blog akan tetap ada dan bisa diakses di Blog MM atau Arsip. Jika saya kebetulan sedang ingin menulis non daftar blog, tulisan akan masuk ke dua halaman ini juga

Sebagai gambaran, daftar blog dan blogger yang dimaksud pada poin pertama polanya hampir mirip dengan Linky dan Review Blog yang pernah ada di Blog MM.

Setiap blog/blogger, baik itu menarik atau tidak untuk saya, akan diterbitkan dalam satu posting pendek, yang isinya

<1> Nama Blog

<2> Nama Blogger

<3> Deskripsi singkat tentang blog tersebut (dibuat oleh saya dan berkisar 100-300 kata)

<4> Link DO FOLLOW ke blog tersebut

Catatan : Untuk sementara, blog yang dimasukkan dalam daftar akan semau si pemilik blog MM saja. Namun, jika ada Kawan MM yang ingin merekomendasikan atau membantu blogger lain mendaftarkan blognya, hal itu diperkenankan. Silakan saja ikuti petunjuk pada Mau Mendaftarkan Sendiri Blog Anda. Ikuti saja petunjuknya dan untuk setiap kali rekomendasi diberikan, maka satu tambahan backlink DO FOLLOW akan diarahkan ke blog pemberi rekomendasi.

Jika blog tersebut menarik hati saya, maka seperti biasa akan dipelajari dan dibuat ulasan panjang lebar, seperti yang pernah saya buat untuk Creameno, Sharing By Rey, Gembul Penuh Debu, Words of The Dreamer, Sublimasi Meditasi.

Artikel ulasan blog akan muncul di halaman depan (frontpage) di bagian FEATURED alias slider di bagian atas. Lihat di bagian ini.

Menu Blog MM akan berisi
  • Beranda (berupa daftar blog dan blogger)
  • Blog MM
  • Kafe MM
  • Arsip

Warna header dikembalikan ke warna ketika Blog MM lahir. Selebihnya tidak ada perubahan.

Itulah perubahan yang akan saya lakukan pada Blog MM atau si Maniak Menulis sejak hari ini.

Bukan sebuah hal yang mudah. Rasanya sepertinya sama perpisahan dengan seorang kawan akrab yang sudah menemani selama 6 tahun lebih. Namun, saya rasa ini harus dilakukan.

Untuk itu, saya mengucapkan selamat berpisah kepada blog MM yang lama, sekaligus menyambut kedatangan blog MM yang baru.

Semoga saja perubahan ini tetap bisa memberikan manfaat kepada orang lain, dan tentunya kepada saya sendiri.

8 thoughts on “Saatnya Berpisah Sudah Tiba : Blog MM Harus Berubah”

  1. Atur aja pak, lakukan yg terbaik. 👍
    Btw, Jadi gak sabar pengen lihat blog luar negeri diulas oleh bapak 😅
    Klo ulasan buat blog lokal saya saranin pedas2 aja pak, bisa jadi hiburan tersendiri buat saya membacanya haha 👍🙏🏃‍♂️

    Reply
  2. Aaah, aku akan rindu dengan celotehan khas ronin di blog MM ini 🥲
    Tapi aku akan mendukung segala perubahan yang Kakak ambil karena aku percaya itu yang terbaik. Wish you tons of luck untuk the new blog MM! 🎉

    Jadi kalau mau cari Kak Anton dengan mode ronin, kemana dong? 🤣

    Reply
    • Udah tua Lia… saya pikir dah saatnya brenti jadi ronin.. nyisain dikit ajah

      Masih akan di blog MM Lia, liat saja bagian Arsip si Ronin, rasanya sih ga bisa 100% brenti jadi ronin dan pasti kadangkala akan muncul sesekali mah

      Reply
  3. Wiiww akan ada banyak ulasan tentang blogger dong ya. Bisa jadi referensi buat blogwalking hehe

    Kafe MM jd sepi karena beberapa member sepertinya hiastus juga dari dunia blog. Moga saja jangan dihapuskan ya si tempat gaul para blogger ini. Manatau pada kembali kongkow di sana hehe

    Reply
    • Yupp.. memang nanti blog MM diarahkan menjadi blog yang isinya mengulas tentang blog saja. Bagaimanapun, para blogger perlu diulas, bukan cuma blogger mengulas buku.

      Nggak dihapus Fris.. hahaha.. lebih susah menghapus daripada membuat wkwkwk.. jadi akan dibiarkan siapa tahu ada kawan yang mau mampir

      Reply
  4. Hari ini baru mampir dan lihat tampilan baru. Bingung sendiri, mau baca duluan yang mana. Eh, lihat ada semacam pengumuman, baca artikel ini dulu deh.

    Kalo sudah terlanjur sayang, memang sulit dilepas Pak. Nggak ada lah kalo berubah, toh tidak 180 derajat perubahannya.

    Welcome new MM!

    Reply
    • Iyah… saya sayang melepasnya.. Jadi ga bakalan dihapus.. wkwkwk

      Saya cuma mengambil satu bagian yang sebenarnya sudah ada yaitu mengulas blogger. Bagaimanapun blogger perlu diulas dan bukan sekedar mengulas..wkwkwkwkw

      Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.