[FIX] Forum Maniak Menulis Akan Dilahirkan

Selamat Siang Kawan MM!

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah mengatakan bahwa ada sebuah mimpi bisa menambahkan “forum” di blog MM.

Ide awalnya sekedar menyediakan warung kopi, tempat nongkrong bagi sesama blogger untuk berinteraksi. Tidak muluk dan tidak ditujukan untuk sesuatu yang terlalu serius. Apalagi saya tahu persis banyak forum bertumbangan setelah hadirnya grup Facebook atau grup WA.

Hanya sebuah warung kopi sederhana saja, sebuah teras kecil di blog MM dimana siapapun bisa datang dan pergi sesuka hati. Bisa saling menyapa, berceloteh, bisa saling mendengarkan, bisa saling berbagi, bisa berantem dan berdebat *kalau mau*.

Tapi, yang saya tahu juga, warung kopi sekecil apapun sering merupakan tempat terbaik untuk berbagi info, ilmu, pengetahuan, mencari kawan, dan banyak hal lain.

Jadi, ide awalnya itu saja. Tidak ada yang muluk-muluk.

Impian ini masih sekedar berada di angan-angan saja. Bukan karena saya tidak bisa membuatnya. Secara teknis, mudah sekali membuat forum di WP Self Hosted. Cukup dengan memasang plugin bbPress, sebuah direktori forum bisa langsung terpasang.

Yang menjadi kekhawatiran adalah keterbatasan waktu yang sudah sangat akut. Membuat sebuah forum berarti menambah pekerjaan dan pada akhirnya bisa mengganggu ketersediaan waktu bagi hal lain.

Cuma, akhirnya saya berpikir lagi, “Belum mulai sudah takut melangkah, kapan mau sampai. Ngimpi aja terus”.

Nggak gue banget gitu loh. Biasanya saya justru “jalan” dulu, lihat situasi, belajar, temukan masalah dan cari solusinya. Nah, ini baru rencana saja, sudah langung mundur.

Parah banget memang.

So (jadiiiiii), hari ini saya hendak memberitahukan, bahwa saya memutuskan akan menambahkan sebuah forum di blog MM atau Maniak Menulis.

Nama forumnya, saya pikir yang terbaik adalah Maniak Menulis karena diharapkan yang datang berasal dari kalangan bloggger, yang pada dasarnya pecinta (maniak) tulis menulis (dan baca tentunya).

Konsep dasarnya ringan saja, nggak mau yang aneh-aneh dan berat-berat , tetapi setidaknya diupayakan bisa berfungsi untuk

  • ngobrol dengan sesama : ini yang terpenting karena tujuannya adalah interaksi, jadi di forum ini mau sekedar bertukar sapa juga tidak masalah, mau berantem juga silakan (selama masih dalam batasan umum yang berlaku), mau berbagi resep juga OK.
  • bertukar info/pengetahuan : tahukah kawan bahwa di warung kopi juga selalu ada penyebaran informasi dan pengetahuan, meski dalam wujud yang nyantai abis. Jadi, forum Maniak Menulis pun diharapkan bisa melakukan fungsi ini. Siapa tahu ada yang mau berbagi tentang cara menulis cerpen, menulis buku, mempromosikan buku, belajar SEO, dan sampai kalau mau bertukar resep makanan, iya kan? Jadi forum ini bisa dipakai untuk itu. Bahkan, untuk mengabarkan berita dari kawan-kawan sesama blogger pun boleh saja.
  • sedikit ruang promosi : warung kopi yang baik biasanya juga ruang promosi yang baik . Forum ini juga akan membuka ruang promosi bagi kawan blogger memperkenalkan blognya dan tulisan terbarunya. Hanya saja, sistem dan aturannya nanti yang harus dibahas agar terkesan menarik dan bukan sekedar share link seperti spammer di banyak Komunitas Blogger di Facebook

Itu saja ide dasarnya karena kalau ditambahkan terlalu banyak, jadinya malah “restoran” dan bukan “warung kopi”.

Juga, forum ini bukan ruang kelas yah, dimana saya sebagai guru dan anggota forum adalah muridnya. Jika memang ada yang bertanya tentang pengetahuan teknis, saya mungkin menjawabnya, mungkin juga tidak (karena waktu saya terbatas).

Ini ruang bebas, dan memang diharapkan siapapun bisa membantu memberikan jawaban atau penjelasan. Untuk awal-awal, mungkin saya akan berusaha “turun” sebanyak mungkin, tetapi pada akhirnya saya berharap forum ini bisa menjadi tempat “saling berbagi” sesama Kawan MM.

Forum ini tidak akan menjadi ajang mempromosikan tulisan dari blog MM, hanya tempatnya saja yang berada di blog ini.

Jadi, jangan khawatir bahwa saya akan terus menerus mempromosikan tulisan dari blog MM ke forum. Justru, malah mungkin saya tidak akan melakukan itu sama sekali.

Siapa nanti moderator dan adminnya? Untuk awal, mau tidak mau, ya saya sendiri dulu, tetapi ke depannya, *mudah-mudahan ada Kawan MM yang bersedia membantu*, saya akan menyerahkan kendali ke Kawan MM. Saya akan membackup saja.

Bagaimana kalau forumnya tidak ramai? Pada awalnya pasti demikian dan mungkin akan seterusnya demikian. Bukan pesimis, tetapi itulah fakta sebuah forum. Resikonya ada, tetapi bukankah masalah itu hadir untuk dipecahkan? Iya nggak? Saya akan berpikir nanti, tetapi dengan bantuan Kawan MM, saya pikir forum itu akan bisa berjalan, setidaknya tidak menjadi seperti kuburan.

Kira-kira, begitulah ide dasarnya.

Pelaksanaannya? Akan segera dilakukan. Hanya saja, karena hal itu berarti saya harus merubah desain blog MM untuk menyediakan ruang “login” dan ruang forum, akan setidaknya butuh 2-3 minggu sebelum forum itu aktif (Maklum lah waktu terbatas sekali).

Nah siapa tahu ada Kawan MM yang punya ide lain, seperti ingin ada kategori soal pembahasan SEO, tanya jawab SEO dan Adsense, dan sebagainya. Silakan disampaikan via kolom komentar yah.

Itu saja yang bisa disampaikan kali ini.

Baca lanjutan rencana ini di : “Rancangan Forum Maniak Menulis, Bisa Bantu Beri Nama?”

Mudah-mudahan bisa segera terealisasi yah.

(Posting ini akan berada di posisi teratar feed blog MM sampai pengumuman tentang forum Maniak Menulis sudah beroperasi menggantikannya. Tulisan lain yang tidak terkait tentang forum akan berada di bawah ini, sampai forum sudah berjalan)

20 thoughts on “[FIX] Forum Maniak Menulis Akan Dilahirkan”

  1. Wah, ayo Mas Anton. Wujudkan legenda pengalamanmu di d*tikforum dalam bentuk komunitas sendiri. Saya tunggu lho… πŸ˜„

    Saya dulu juga aktif di beberapa forum online. Tapi sejak medio 2010-an forum klasik sepertinya sudah punah, digantikan komunitas yang berkumpul di grup telegram atau timeline twitter.

    Akhir-akhir ini saya mulai kangen lagi dengan interaksi a la online forum: bergantung sama username, menjawabnya tidak harus realtime, dan bisa menjawab dengan lebih “berisi” karena tidak dibatasi karakter atau waktu yang sempit.

    Semoga rencananya berjalan lancar πŸ˜€

    Reply
    • Hoaaa… nda bakalan balik ke masa itu Mega.. wakakaka.. Kalau dulu kan saya mah Ronin, berkelana dari satu tempat ke tempat lain. Sekarang mah mau jadi juragan warung kopi aja deh. Nyedian kopi, dengerin, dan kemudian mlipir. Nyedian tempat doang.. wakakaka

      Iyah, ada rasa kangen juga sih tentang masa itu, tetapi nda lah saya tidak akan kembali ke masa itu. Sudah terlalu tua untuk terlalu mengumbar ego.. wakakakakkaak

      Bantuin bikin ramee yahh.. hahahaha

      Reply
  2. Yaa saya setuju saja kong…Cuma jangan ditunjuk2 jadi Admin yaaa…Takut nggak ngerti & pusing juga… Soalnya sudah merasakan jadi admin group baik FB maupun WA atau sejenisnya…Pusiaang pala ambo rasonyo…🀣🀣🀣

    Dan saya pribadi cuma mau mendukung saja dan memberi nama….Namanya Forum ape yee…🀣🀣🀣

    Forum Diskusi Cafe MM aje kong…🀣🀣🀣 Tapi musyawarahkan lagi deh yee…Inikan cuma masukan saya aja….Selebihnya saya lebih suka jadi penonton saja.😊😊

    Sudah yee kong jamgan dibully yeee..πŸšΆβ€β™€οΈπŸšΆβ€β™€οΈπŸšΆβ€β™€οΈπŸšΆβ€β™€οΈ

    Reply
    • Ah elu Tong.. Belakangan ini kagak seru. Kebanyakan semedi luh Tong. Padahal, gue pikir elu tuh salah satu tokoh yang paling cocok wat jadi admin.. wakakaka.. di balik kegilaan elu ada kebijakan yang tidak terlihat orang.

      Lagi juga, gue kan jadi ga bisa nyiksa elu. Ga seru neh…

      Kafe MM kayaknya bagus tuh.. wakakaka.. jadiin kafe ajah yah, jangan warung kopi…

      Jeee.. gue justru mau bully elu Tong..

      Reply
      • Masalah nama Musyawarahkan lagi kong….Mau Warung kopi MM atau Cafe MM tergantung anak2 nanti…😊😊

        Dan yang cocok jadi admin moderatornya saya justru tertarik sama Kang Nata…Karena beliau paham betul dalem2man blog MM…Coba2lah kau undang paksa kang Nata..😊😊 Ok kong Daaahh…πŸ–πŸ–

      • Nah, ini kan lagi musyawarah sama elu Tong.. πŸ˜›

        Yap, saya juga tertarik, cuma ga tau apakah si Jet Lee masih terikat kontrak atawa kagak dengan forum lain.. hahahaha.. Soalnya pan yang ane tau dia mangkal di Juragan Cipir..

  3. WOOOOW MANTAP MAS 😍

    Nggak sabar menunggu launching-nya hihihi, by the way, setuju kalau namanya cafe MM / kafe MM, soalnya nggak semua orang minum kopi. Wk. *dibahas komennya mas Satria* πŸ˜‚

    Eniho, semoga rencana mas Anton buat forum bisa berjalan lancar, plus ramai anggotanya, dan akan ada banyak ilmu dan kesenangan yang bisa didapat. Yaaaaay πŸ₯³πŸŽ‰ Ohya, ini akan jadi kali pertama saya kayaknya ikutan forum hahaha. Selama ini belum pernah, semoga saya paham tata caranya πŸ™ˆ *jangan susah-susah, mas*

    Reply
    • Hahaha.. akhirnya niatnya dijalankan yah Eno.. Matur Nuwun buat supportnya.

      Bener sih, ga semua minum kopi, ada yang suka bir, sake, whiskey.. wakakakakakak

      Aaamiin.. mudah-mudahan bisa yah. Bakalan butuh waktu sih, tetapi saya optimis saja.

      Halah Eno, cuma daftar login kayak biasa saja dan setelah itu sudah menjadi anggota forum. Jadi kehormatan nih forum MM jadi forum pertama Eno, the “Bunny” Creameno.. hahaha Ga kok ga bakalan susah, sekedar inget id dan password doang wakakakaka

      Reply
  4. Wah beberapa hari nggak ke sini tau-tau muncul wacana buka forum MM πŸ˜€

    Seru banget, Mas Anton! Sama dengan Mba Mega, dulu sekitar tahun 2006-2010an saya aktif banget di dunia forum Kpop dan banyak pengalaman seru yang didapat salah satunya ya menjalin pertemanan baru. Semoga nanti juga bisa berinteraksi lebih banyak dengan teman-teman yang bergabung di forum MM. Sukses dan semangat, Mas Anton!

    Reply
    • Wacananya dah lama, cuma baru direalisasikan.. haha saya masih ragu bisa mengelolanya atau tidak.. wakakakak

      Wuiih.. sama dong. Ternyata banyak juga yang menjadi forum-ers. Iyah, saya juga dapat banyak.

      Mudah-mudahan bisa begitu sih Jane, meski awal-awlanya (lumayan lama) akan berat juga karena seperti rumah kosong, tapi saya pikir kalau Jane dan kawan-kawan bisa bantu, forumnya bisa jadi ramai loh. Kalau sendirian mah, terus terang bakalan berat, tapi kalau dengan bantuan kawan-kawan, saya cukup yakin bakalan bisa..

      Reply
  5. Waaah ini kayak forum Kaskus gitu yaaa mas? Udh lama aku ga join di forum. Zaman kuliah sering , aktif malah :D. Tapi sjk kerja stop. Bukan krn ga ada waktu, tp membernya makin barbar di forum yg aku ikutin hahahahaha. Jd ga nyaman aja.

    Udh cocok tuh namanya, pake MM Cafe ato kafe MM. Pas, lgs keinget Ama Maniak Menulis kalo dgr kata MM . :D. Mungkin bagi yg blm pernah mampir ke MM, pada mikir kepanjangannya magister management . Gpp juga, sama2 bagus toh :D. Setelah di baca nanti, pasti lgs tau MM itu apa, segmentnya kemana dll πŸ˜€

    Reply
    • Kebesaran… Kaskus mah sudah besar banget, cuma sistemnya sama dengan Kaskus atau Detik Forum. Kebetulan kalau WP kan memang ada pluginnya.

      Waduh, semakin barbar semakin baik tuh *jiwa ronin terpanggil*. Seru pastinya, walau harus siap untuk banting-bantingan. Cuma, saya pikir, tidak bakalan seperti itu dan cuma sekedar ruang ngumpul saja buat yang mau untuk coba berinteraksi dengan yang lain.

      Okeh okeh.. makasih masukannya, jadi saya coba setting, cuma saya lagi mikir apakah dijadikan sub domain atau bagian dari blog MM.

      Makasih makasih Fan masukannya

      Reply
  6. Alhamdulillah kalo pak Anton nanti mau bikin forum. Saya dukung pak, sudah lama juga saya tidak ikut forum karena memang belum tertarik. Kalo ngga salah terakhir ikut forum tahun 2009-2010 tapi dikeluarkan karena saya jarang login.πŸ˜‚

    Setuju jika namanya Kafe MM, biar sesuai sama blognya dan juga kafe kan tempat berkumpulnya orang-orang, sama sih dengan warung tapi kalo Kafe kesannya lebih keren.

    Reply
  7. jadi keinget, dulu aku pernah joint di mailist majalah kalau ga salah. pembahasan pastinya banyak banget, dibagi sub sub tema.
    jadi semacam chit chat dan sharing juga.
    dibayanganku,, forum MM nantinya akan seperti itu
    dann ku tak sabar πŸ˜€

    Reply
    • Waduh milis.. samaa dong.. hahahahhaha iya rencananya begitu tapi sementara yang dasar dulu saja Nun. Kalau memang diperlukan nanti kita buat subtem..

      Yah seeperti warung kopi saja lah.. wakakak jangan yang berat berat…ga sanggup sayah

      Reply
  8. Fasilitas yang menarik. Saya jarang ikut forum, baik itu online maupun offline. Referensi saya tentang forum online bisa dikatakan cetek sekali. Saya hanya tau forum Indonesia itu Kaskus. Tidak tau apakah masih ada sampai sekarang. Saya harap ini akan jadi rame, setidaknya untuk circle blogger dulu.

    Untuk saran, saya sendiri belum punya, kalau ada mungkin akan saya tuliskan biar jadi pertimbangan. Saya tau mas Anton punya kecakapan itu Ah, tidak sabar ingin menunggu fasilitas ini. Keren!

    Reply
    • Kaskus sih masih ada dan terus membesar mas.. Hahahahha.. Betul, kalau saya sih berharap tempat nongkrong wat circle blogger saja.. Nggak muluk muluk.. biar bisa bebas mau becanda atau serius…

      Sebentar lagi kok mas…sedang setting sana sini dulu , tampilan belakangan sajah, yang penting basicnya dulu

      Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin?Β 

Klik yang di bawah ini kalau mau.