[KHAYALAN] Forum Maniak Menulis : Warung Kopi Untuk Blogger

Selamat Siang Kawan MM!

Disclaimer : Kata khayalan menunjukkan bahwa ini masih berupa angan-angan atau impian saja. Belum terwujud dan bukan tidak mungkin tidak akan pernah diwujudkan.

Dulu, saya pernah punya khayalan kecil. Kecil banget sampai masuk tahap pertimbangan saja tidak. Khayalan saya punya sebuah “warung kopi” untuk para blogger. Sebuah forum yang namanya Forum Maniak Menulis.

Khusus para blogger tanpa peduli genre, tema, atau apapun.

Bukan tempat untuk serius-seriusan.Sekedar tempat nongkrong, bercanda, chit-chat, berbagi cerita, info, pengalaman, juga bisa jadi tempat saling bantu bagi sesama blogger.

Belajar dari pengalaman, tempat-tempat non formal itu bisa memberikan ruang untuk berbagi antar mereka yang bergelut di bidang yang sama. Saling memberi masukan, sudut pandang lain, atau bahkan berbagi informasi job atau peluang.

Contohnya, saya yang pernah mendapatkan pekerjaan selepas di-PHK, bukan dari melamar, tetapi karena seorang teman memberitahukan kepada teman lainnya kalau saya segera tidak punya kerja. Hasilnya, saya tidak sempat nganggur setelah di-PHK.

Begitu juga, sekarang, saat butuh staf baru, saya tidak perlu kemana-mana, tetapi cukup melemparkan ke teman yang kemudian memasukkannya ke forum khusus bidang tekstil.

Dan, saya pikir pola networking ala “warung kopi” sederhana seperti itu bisa membantu sekali dalam kehidupan.

Cuma, karena Maniak Menulis saat itu masih ngekos di Blogspot, ide itu langsung terkubur. Ya mau bagaimana lagi, yang punya rumah kos tidak mengizinkan, jadi khayalan itu mentok sebatas impian orang tidur saja.

Khayalan Forum Maniak Menulis - Warung Kopinya Blogger

Nah, sekarang, blog MM sudah punya “rumah sendiri”. Jadi bebas mau ngapain juga. Khayalan itu kembali muncul, apalagi kalau melihat kolom komentar, ada juga rekan yang bertanya-tanya masalah teknis, atau apapun.

Masalahnya, pengetahuan saya terbatas sekali. Jadi, terkadang tidak bisa memberikan jawaban yang diinginkan. Tapi, saya berpikir banyak Kawan MM yang pengetahuannya di atas saya sebenarnya bisa membantu menjawabnya, cuma mungkin ia tidak sempat membacanya.

Yang seperti ini seharusnya bisa dipertemukan kalau ada sebuah forum. Semua orang bisa bertanya, semua orang bisa menjawab dan membantu menjelaskan. Semua akan menjadi semakin kaya akan pengetahuan dan bisa berkembang bersama.

Apalagi kalau kemudian forumnya juga bisa mempertemukan pemberi job dengan para blogger.

Keren kan?

Hal itu dimungkinkan di WordPress dan cukup menambah satu plugin “bbPress”, setting forum itu sudah bisa dipakai.

Kenapa kok nggak pake Facebook saja kan sudah tersedia? Ya karena saya tahu bahwa banyak yang tidak nyaman menggunakan akun FB untuk berforum ria. Banyak yang menggunakannya benar-benar untuk kepentingan bersifat pribadi.

Jadi, saya menghindari hal itu.

Cuma, saya belum bisa memutuskan apakah khayalan warung kopi (forum) nya diteruskan atau tidak.

Kenapa?

Karena mengelola forum tidak semudah membuatnya. Beberapa teman yang pernah mencoba menemui jalan buntu.

Analisa permasalahannya

  • Jarang yang mau masuk forum yang sepi, padahal pada satu dua tahun pertama, pasti akan sepi karena terbiasa saling menunggu. Butuh waktu untuk promosi juga
  • Anggota cenderung berharap si pengelola forum yang memberikan jawaban terhadap pertanyaan mereka, padahal sebenarnya tidak begitu. Siapapun bisa menjawab
  • Waktu, pada tahap awal pasti pengelola forum harus banyak turun supaya forum terlihat hidup dan ini masalah tersendiri bagi pengelola yang sudah punya tugas ngurus blog
  • Sering cuma jadi tempat promosi artikel saja dan pada akhirnya banyak yang bosan juga karena seperti dikuasai beberapa orang saja, tidak bervariasi dan tidak ada kehidupan

Mengingat kesulitanya yang banyak, ya sementara ini, saya pilih berkhayal dulu saja soal membuat Forum Maniak Menulis.

Tapi, mungkin suatu waktu, saya akan merubahnya menjadi ide, kemudian dijalankan, walau entah kapan.

Terima kasih kalau sudah mau membaca tulisan orang yang sedang berkhayal yah.

Yuk Berbagi....

10 thoughts on “[KHAYALAN] Forum Maniak Menulis : Warung Kopi Untuk Blogger”

  1. Ternyata banyak juga kesulitan kalo membuat forum ya pak. Dari mulai sepi karena masih baru, anggota yang masih malu-malu, sampai anggota yang kadang cuma lihat saja biarpun ada anggota lain yang bertanya. Padahal jika saling membantu bisa besar dan ramai forumnya.

    Apapun itu, semoga saja suatu saat nanti pak Anton bisa bikin forum sendiri, bukan hanya sebatas khayalan.

    Reply
  2. Aku berharap warung kopi kak Anton kelak bisa terwujud. Terlepas dari banyak masalah yang mungkin dihadapi, tapi kehadiran forum yang benar-benar bisa sebagai tempat bertanya dan berdiskusi para bloggers sangat aku harapkan.
    Semoga bisa terwujud! Dan semoga saat khalayan itu terwujud, aku bisa ikut menikmatinya 😁

    Reply
  3. wah saya dukung sekali Pak
    kalau saya lihat forum memang cukup bisa jadi ajang belajar dan silaturahmi
    terus interaksinya lebih jalan aja dan lebih seru

    hingga sekarang saya masih ikut missosology, forum khususpageant yg bahas Miss Universe
    tapi memang butuh waktu dan tenaga yang cukup banyak hehe

    Reply

Leave a Comment