Berapa Jumlah Kata Yang Anda Produksi Hari Ini?

Selamat Siang Kawan MM!

Berapa jumlah kata yang sudah Kawan produksi hari ini? Maksudnya, jumlah kata yang sudah diketikkan dalam wujud tulisan, baik yang sudah langsung diposting di blog atau yang masih di draft.

Terus terang, selama ini jarang sekali saya menghitung jumlah kata dalam sebuah blogspot yang saya terbitkan. Terkadang saja iseng jari saya menekan tombol info atau mengecek di Wordcounter untuk tahu seberapa panjang sebuah tulisan.

Saya lebih banyak mengukur dari jumlah post yang diterbitkan, bukan kata. Misalkan, target sejak migrasi adalah mengupdate blog MM setidaknya 3 kali dalam sehari. Bukan kata yang dihitung.

Tapi, rupanya ada metode lain untuk mengukur produktivitas dan sekaligus sebagai sarana pembiasaan menulis.

Metode itu adalah berdasarkan kata.

Mungkin para penulis buku atau novel sangat paham tentang hal ini karena pengetahuan inipun saya dapatkan dari salah satu website kepenulisan, terutama buku, yaitu WRITERS WRITE.

Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa banyak penulis yang memberikan target harian bagi dirinya agar terus terbiasa menulis. Ada yang 300, 600, dan bahkan ada yang sampai 10 ribu kata setiap harinya.

Dengan begitu mereka memiliki target “kecil” dan terdorong untuk terus berkarya tiap hari.

Sebuah hal yang menurut saya sendiri sangat bagus karena dengan begitu seseorang akan memiliki target dan bisa terdorong untuk terus mencapai target tersebut. Rutinitas menulis juga akan terbangun selain memastikan tidak kehilangan momentum (mood)

Apalagi menulis itu penting dalam kehidupan mereka yang memang hidup dari kepenulisan seperti ini.

Target jumlah kata setiap orang ternyata berbeda-beda, bisa lihat di bawah ini.

SUMBER WRITERS WRITE

Hanya beberapa yang menargetkan di bawah 1000 kata, selebihnya di atas angka tersebut. Bahkan, tidak sedikit juga yang membuat target 3000 kata setiap hari.

Sangat menarik untuk mengetahui hal yang seperti ini. Apalagi saya sangat menyukai sesuatu yang bisa meningkatkan produktivitas dalam menulis. Maklum saja, karena saya punya banyak blog mau tidak mau semua harus diberi makan dan tidak mungkin dilakukan tanpa menjadi lebih produktif menghasilkan kata.

Mungkin saya akan mencobanya di masa depan dan menetapkan target berdasarkan jumlah kata, bukan blogspot.

Dan, hari ini, saya sudah memproduksi sekitar 2.176 kata dalam 3 blogpost.

Bagaimana dengan Kawan sendiri, sudah berapa banyak kata yang Anda produksi?

Yuk Berbagi....

20 thoughts on “Berapa Jumlah Kata Yang Anda Produksi Hari Ini?”

  1. Widih, sekarang ngitungnya kata ya. Saya ngga ngitung, Pak. Bisa nulis aja sudah syukur.

    Tapi bener juga sih, para penulis hebat memang lahir dari banyak menulis. Saya ngebayangin Tere Liye tiap hari kerjaannya nulis. Dalam setahun entah berapa novel yang berhasil ditulis. Padahal kan halamannya ratusan.

    Saya berlatih nulis pendek-pendek dulu deh. Mungkin kalo dikumpulin, jumlah katanya jadi banyak.

    Reply
    • Hahahah. saat nulis sih nggak, tapi setelah publish, barulah diitung..

      Pingin tahu juga kalau memakai metode ini rasanya gimana.

      Dan memang betul Nisa, saya pikir banyak penulis buku atau novel memakai cara ini untuk membangun rutinitas menulis dan tidak sekedar mengandalkan pada mood saja.

      Coba NIsa, Insya Allah kalau Nisa buat buku, saya beli deh.. hahahaha

      Reply
  2. Kalo saya nulis di atas 1000 kata ketika awal membangun blog baru. Setelah traffic lumayan baru saya nulis sesuka hati hehe. gak mikirin jumlah kata. Soalnya saya kalo nulis artikel langsung di dasbord post wordpress jadi gak pernah pake word lagi.

    Reply
    • Hahahaha.. saya tidak mikirin jumlah kata saat nulis mas.

      Saya sedang memikirkan untuk meningkatkan produktivitas dan mempertimbangkan membuat target berdasarkan jumlah kata yang diproduksi perhari.

      Sebuah metode yang menarik juga dan lebih luwes dibandingkan per artikel

      Reply
  3. Kalo saya kurang tahu berapa kata yang sudah ditulis di blog atau masih di draf, mungkin sekitar 300 kata kali, tapi kalo di kolom komentar mungkin lebih banyak soalnya suka blog walking.

    Penulis hebat memang sudah biasa merangkai banyak kata ya, kalo saya kalo lagi mood sih bisa menulis 1000 atau 2000 kata, tapi kalo lagi males ya ngga ada.

    Reply
  4. Meski saya cuman menerbitkan 1 blosgpost setiap hari, tapi kalau dihitung katanya, mulai blogpost maupun komentar di blog orang, kira-kira sehari saya bisa menulis 2000-3000 kata Pak 😀

    Kalau di blogpost, yang curcol mah 1000 kata itu mudah, kecuali yang tema paksaan saya sendiri, hahaha.

    Tapi memang paling sedikit saya menuliskan minimal 1000 kata setiap kali terbitkan blogpost, meski ada yang di bawahnya, kebanyakan di atas 1000 kata.

    kalau komentar pun tergantung isi artikel yang saya baca, kalau menarik, bisa banyak kata yang saya tuliskan, kalau biasa aja, kadang juga menyesuaikan alias 1 atau 2 baris aja qiqiqiqiqiqi

    Reply
    • Hahahah.. Jangan itung komentar woiiii… hahaha itu mah tidak masuk hitungan. Karena ini kan metode penulis buku, jadi yang dihitung kata yang dipakai buat nyusun buku… Komentar kagak masuk.

      Memang sebenarnya kalau 1000 kata itu buat blogger mudah. Cuma kalau buat novel pasti lebih sulit karena dia kan menyusun sebuah cerita yang berkesinambungan dengan alur yang sudah ada. Jadi, seharusnya blogger harus bisa dua kali lebih banyak.. wakakakakka

      Reply
  5. Wah banyak sekali bisa sampai 3000 hahahaha. Saya mungkin hanya sepersepuluhnya mas alias 300 kata 😂 — blog saya rata-rata pendek postnya meski begitu sudah terlihat panjang untuk saya. Nggak kebayang semisal saya menulis post 3000 kata. Mungkin yang menulis sudah give up duluan. Hahahaha.

    Sepertinya cara mas Anton lebih oke karena dibagi dalam beberapa post jadi kalau ditotal bisa mencapai 2000an 😍

    Reply
    • Hahahahaha.. nggak masalah juga kan, yang penting tujuan tercapai, iya nggak sih..

      Bener mbak, nulis 3000 kata itu butuh perjuangan, terutama menjaga supaya tidak melebar kesana kemari. Berat dah…

      Kepaksa eta mah.. kudu posting di banyak tempat soalnya..

      Mba Eno mau buat blog lagi ga.. biar saya ada yang nemenin nih

      Reply
  6. Seketika teringat diri ini, “Sudah produksi berapa kata hari ini?” Tulisannya keren bang. Eh maaf kadang saya labil nyapa orang, kadang kak dan kadang bang. Salut deh pas lihat tanggal postingan di blognya bang Anton, ada beberapa artikel yang tanggal penerbitannya sama. Blog hidup, gugel pun suka wkwkk

    Reply
  7. Waktu SMA, saya pernah menetapkan harus menulis setidaknya 1000 kata perhari. Tapi sudah tak lagi. Meski begitu, saya hampir menyicil draf tulisan setiap hari dalam blog meski terbitnya dua kali seminggu. Jadinya, saya mulai harus menyesuaikan kalau-kalau tulisan saya tidak lagi relevan. Tulisan tentang sakit kemarin misalnya, itu tulisan pas Agustus, hanya terbitnya saja baru September. Kalau mau pos setiap hari juga kayaknya saya tidak akan sanggup

    Reply
    • Santuy Mas Rahul…

      Yang penting kan masih rutin untuk menulis, walau tidak langsung terbit.

      Saya pikir kan intinya yang terpenting adalah rutinitas. Angka itu kan sebenarnya hanya target tambahan, supaya lebih seru.

      Tetap berkarya ya Mas.. jangan berhenti

      Reply

Leave a Comment