Selamat Datang Di Rumah Baru Maniak Menulis

welcome selamat datang di rumah baru maniak menulis

Halo Bro & Sis

Selamat datang di rumah baru Maniak Menulis.

Kali ini, “rumah”nya blog MM tidak sekedar di”cat” ulang saja alias sekedar ganti template. Blog ini sekarang sudah tidak lagi berbasis Blogspot dan sekarang tinggal di rumah sendiri alias memakai hosting sendiri, memakai tipe rumah WordPress.

Bentuk rumahnya juga diubah memakai template GeneratePress Premium.

Proses pemindahannya sebenarnya sudah direncanakan jauh-jauh hari, hanya sejak beberapa hari yang lalu terkendala. File XML dari Blogger ternyata tidak bisa diimport dengan baik oleh WP. Entah kenapa ada resistensi, padahal blog yang lain dipindahkan dengan cara yang sama tanpa masalah.

Alhasil, akhirnya, terpaksalah yang punya blog MM merogoh kocek untuk memakai jasa plugin Premium Blogger Imported Extended. Tidak mahal sih, sewanya satu minggu karena akan dipakai untuk pindahan beberapa blog lainnya.

Baru sukses siang ini dan kemudian dilakukan penataan ulang supaya siap menerima kedatangan teman-teman.

Pasti ada pengorbanannya, seperti berkurangnya pengunjung dari mesin pencari karena perubahan URL dan lain-lain. Diutak-atik bagaimanapun tetap akan ada imbas.

Tapi…

Saya pikir memang sudah saatnya berdiri sendiri dan melangkah ke depan sesuai dengan target dan tujuan yang sudah ditetapkan. Blogspot memang meringankan beban kantong untuk mengelola, tetapi saya pikir blog MM sulit berkembang jika terus berada disana.

Mungkin layaknya anak yang sudah dewasa, sudah saatnya melepaskan diri dari orangtua yang sudah menyokong selama ini dan mencoba peruntungan. Bakalan berat, tetapi, rasanya jalan itu memang yang harus ditempuh.

Jadi, selamat datang di rumah baru blog MM yah.

Enjoy the ride!

Yuk Berbagi....

4 thoughts on “Selamat Datang Di Rumah Baru Maniak Menulis”

    • Wadaw kalau satu-satu mah keriting jempol saya mbak.. hahaha

      Nggak mbak, saya cuma masukkan url, terus transfernya jalan sendiri dan kita hanya menunggu. Setelah selesai transfer barulah saya atur tampilan, tapi sebenarnya bisa dibolak balik pola kerjanya…

      Reply
  1. Pantas saja, kok aku udah lama nggak lihat post kak Anton. Ternyata pas aku cek kembali, blog kakak menghilang dari kolom reading list aku. Dan, ternyata, habis migrasi ke WP ya, juga ganti domain. Pantas hilang 😂
    Enak lihatnya blog baru kakak, lebih fresh dan rasanya lebih ringan ya loadingnya, entah cuma perasaan doang atau bukan. Selamat atas migrasinya!

    Reply

Leave a Comment