Banyak Media Online Memakai Lovely Bogor Sebagai Rujukan Tanpa Memberikan Tautan Balik

Mulanya iseng dan sekedar ingin tahu apakah blog utama saya, Lovely Bogor masih diingat orang, namun akhirnya saya tersenyum. Maklum, blog tersebut sudah lama terbengkalai dan diabaikan, jadi ada rasa sangsi tentang keberadaannya (meski Google Analytics mengatakan tetap lumayan banyak trafik pengunjungnya).

Yang saya lakukan hanya memasukkan url blog tersebut di mesin pencarian Google.

Hasilnya? Ternyata …

Lumayan banyak juga media online yang bukan hanya menjadikan blog tersebut sebagai rujukan. Sebut saja Okezone, Intisari Online, dan beberapa lainnya. Bukan hanya itu saja, rupanya lumayan banyak juga (lebih dari jari tangan saya) pembuat konten youtuber yang memakai tulisan di blog tersebut sebagai rujukan.

Ini belum termasuk yang memakai foto hasil jepretan saya.

Sebagian dari tulisan/konten yang memakai blog LB sebagai rujukan baru terbit di tahun 2022 (ada yang di bulan September ini).

WOW.

Kaget sekaligus senang.

Sedihnya, di antara semuanya, hanya sedikit yang memberikan tautan balik (backlik). Mereka biasanya hanya menyebutkan nama blog/url tanpa memberi link. Padahal, link tersebut bisa sangat berarti bagi perkembangan blog LB.

Namun, bukan sesuatu yang harus disesalkan berlarut. Yang paling penting dari semua itu, saya bisa melihat bukti bahwa blog Lovely Bogor tetap masih punya nama dan dipercaya sebagai salah satu sumber rujukan tentang Bogor.

Itu yang terpenting bagi saya karena setelah kembali dari hiatus, salah satu target utama adalah mengaktifkan kembali Lovely Bogor. Saya akan kembali seperti dulu lagi, berkeliling Kota Hujan dan kemudian menceritakannya kembali lewat blog tersebut.

Doakan semoga bisa berjalan dengan baik yah.

4 thoughts on “Banyak Media Online Memakai Lovely Bogor Sebagai Rujukan Tanpa Memberikan Tautan Balik”

Leave a Comment