Menonaktifkan 2 Domain Demi Efisiensi

Sayang sih sebenarnya, tetapi setelah dipertimbangkan lebih dalam, keputusan untuk menonaktifkan 2 domain yang saya kelola akhirnya diambil.

Kedua domain tersebut adalah Putarlensa.com dan Kaladeepa.com.

Bukan bagian dari Lovely Bogor Network dan keduanya dihadirkan demi tujuan mengembangkan branding kawan-kawan fotografer.

Sayangnya, perjalanan kedua website itu tidak bagus sama sekali. Keduanya hanya bertumpu pada saya sebagai pengelola, padahal, ketika dihadirkan, rekan-rekan tadi bersedia untuk terlibat dan mempromosikan. Hasilnya, kedua blog itu menjadi stagnan dan seperti zombie gentayangan di dunia maya.

Jadilah, ketika email pemberitahuan dari idwerbhost masuk- memberitahukan tentang perpanjangan- saya memutuskan untuk mengabaikan saja dan akan membiarkan domain tersebut menghilang dan tidak bisa diakses.

Pertimbangannya karena saya tidak lagi memiliki waktu untuk mengembangkannya dan tahun ini, meski masih berantakan, saya berniat fokus pada semua website di Lovely Bogor Network saja.

Tentunya, selain terus mendukung perkembangan dari LB Digital (sisi bisnis Lovely Bogor).

Bukan hanya itu saja, untuk efisiensi waktu, saya menyerahkan beberapa proyek manajemen media sosial yang sedang berjalan ke tim saja dan tidak terlihat di dalamnya lagi.

Dengan begtiu saya berharap bahwa rekan-rekan di tim LB Digital bisa belajar dan mendapatkan pengalaman, selain tetnunya mengurangi pemakaian waktu saya yang tidak banyak.

Jadi, saya harus mengatakan Goodbye kepada Kaladeepa dan Putar Lensa.

2 thoughts on “Menonaktifkan 2 Domain Demi Efisiensi”

  1. Kalimat “kedua blog itu menjadi stagnan dan seperti zombie gentayangan di dunia maya” mengingatkan saya pada sebuah blog kesayangan yang dibangun dengan penuh cinta. Namun karena blog tersebut blog milik organisasi, jadi ketika saya sudah tidak menjadi pengurusnya saya serahkan berbagai detail loginnya kepada pengurus selanjutnya yang kemudian mengganti passwordnya. Saya percayakan blog tersebut kepada penerus, tetapi kini saya hanya bisa menatap blog kesayangan tersebut yang hingga sampai detik ini belum juga ber-SSL (padahal pakai Blogger yang notabene tinggal geser slider https). Hal yang sama terulang juga pada blog atau website lainnya yang kontrolnya tidak sepenuhnya di tangan saya. Sejak itu saya memutuskan mengapa saya tidak fokus pada blog yang saya kelola sendiri saja untuk diri sendiri.

    Reply
    • Memang pada akhirnya, kita harus kembali bertanya kepada diri sendiri. Tujuan ngeblog kita apa sih dan apakah memang kita mampu untuk mengelola atau mencapai apa yang kita inginkan..

      Reply

Leave a Comment