Usaha Menyerang Blog Terjadi Setiap Saat

Selamat Malam Kawan MM!

Pernah melihat data statistik di blog, baik yang berbasis Blogspot atau WordPress? Pasti, iya kan?

Nah disana banyak ditemui “pengunjung” dari negara-negara yang jelas penduduknya tidak berbahasa Indonesia.. Banyak dari kita merasa “bangga” kalau ada orang dari belahan dunia lain yang “membaca” blog kita.

Cuma, saya sarankan, simpan dulu perasaan seperti itu. Justru, seharusnya, rasa curiga itu harus hadir.

Kenapa? Karena mungkin saja mereka itu datang bukan dengan niat baik. Bahkan, sangat mungkin kedatangan mereka ke blog bertujuan buruk, yaitu untuk menyusup ke dalam blog atau website yang kita kelola.

Mungkin saya berprasangka buruk, tetapi kalau melihat data dari plugin keamanan di setiap website yang saya kelola, setiap hari jumlah pengunjung dengan niat “jahat” itu banyak sekali.

Setiap hari selalu ada puluhan usaha untuk login atau menanamkan script ke dalam setiap blog yang saya punya. Pada setiap blog yah, ada usaha menerobos masuk sebanyak puluhan kali setiap hari.

Iseng-iseng saya memakai IP tracker untuk melihat darimana usaha itu dilakukan dan ternyata semuanya dilakukan dari luar Indonesia. Mereka berusaha memasukkan script php ke dalam blog dengan menyamarkannya sebagai file php yang banyak digunakan WP.

usaha untuk menyerang blog atau website terjadi setiap saat B

Memang, untungnya, setelah kejadian dihack beberapa hari yang lalu, saya mengganti plugin keamanan dengan WP Cerber dan keamanan memang meningkat. Ditambah juga semua fitur keamanan yang tersedia, mulai Akismet untuk memberantas spammer, bot protection yang akan menolak usaha login tak diketahui, saya aktifkan.

Kompensasinya memang loading akan melambat, tetapi keamanan blog lebih terjamin.

Jadi, tetap waspada kalau dalam statistik kunjungan terdapat IP-IP yang berasal dari luar negeri, apalagi kalau blog Kawan berbahasa Indonesia. Walau tetap mungkin terjadi ada orang Indonesia di negara tersebut yang membaca, tetapi rasanya kalau melihat yang seperti ini, sebaiknya waspada saja dan bukan berbangga.

Apalagi kalau menggunakan WordPress Self Hosted.

Yuk Berbagi....

Leave a Comment