Seberapa Sering Harus Update Blog Dengan Artikel Baru Yang Baik?

Seberapa Sering Harus Update Blog Dengan Artikel Baru Yang Baik

Melakukan update blog dengan artikel baru merupakan salah satu “tugas” dari seorang blogger. Memang tidak ada keharusan untuk melakukannya, tetapi para pembaca blog biasanya selalu menunggu akan ada sesuatu yang baru di blog yang mereka ikuti.

Jika setelah beberapa lama, tidak ada sesuatu yang baru, maka akan timbul anggapan bahwa blog itu tidak lagi diurus. Bahkan, pengunjung blog yang baru sekalipun akan melihat tanggal terbit sebut artikel untuk mengetahui apakah sebuah blog masih diurus atau tidak.

Jadi, ya kalau mau blognya dianggap hidup dan bukan skedar “hantu” yang bergentayangan di dunia maya, seorang blogger harus berusaha terus mengupdate blognya dengan konten baru.

Pertanyaannya, seberapa sering? Pertanyaan ini bukan hanya sering diajukan oleh blogger pemula. Lumayan banyak juga blogger yang sudah 2-3 tahun bergelut di dunia ini mempertanyakannya.

Jawabannya sangat tidak sederhana.

Tidak mungkin bisa menjawabnya dengan jawaban pasti karena semua itu tergantung pada

  • tujuan dari ngeblognya sendiri, kalau untuk uang, seharusnya ia harus berusaha keras menerbitkan sebanyak mungkin artikel, kalau sekedar iseng, ya ikuti saja kata hati
  • kemampuan si bloggernya sendiri, apakah ia punya cukup waktu, tenaga, dan energi? Mampukah ia mengatur waktu agar bisa dimanfaatkan secara maksimal?
  • topik yang dibahas, ada topik yang memang memerlukan penjelasan panjang lebar, ada yang bisa singkat saja
  • segmen pasar blognya, ada yang suka pendek tapi banyak, ada yang gemar sedikit tapi panjang

*Jadi, jawaban dari pertanyaan seperti itu ada di dalam diri sang blogger sendiri. Ia harus bisa menemukan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan lain seperti disebutkan di atas.

Ia sebenarnya tidak perlu membaca terlalu banyak teori blogging untuk mengetahui jawabannya karena orang lain tidak bisa menjawabnya. Justru kalau terlalu banyak mengikuti saran orang, yang ada blognya mungkin tidak mendapatkan strategi yang benar.

Tanyakan pada diri sendiri dan kemudian temukan jawabannya.

Saya sendiri menyukai menerbitkan lebih dari 1 artikel setiap hari. Saat ini target harian yang dibuat untuk 7 hari adalah 10 artikel perhari.

Kenapa banyak-banyak? Karena saya suka menulis dan tidak suka memasarkan seperti yang dilakukan para marketer. Saya menikmatinya dan justru merasa terpacu memiliki target yang bagi banyak orang dipandang berlebihan.

Anda juga pasti sudah memiliki bayangan sendiri tentang berapa kali Anda ingin blog diupdate selama sehari, seminggu, atau sebulan.

Nah, kalau sudah punya bayangan, laksanakan saja. Jangan ragu.

Berapa kali , dalam rencana Anda mau update blog dengan artikel baru? Bisa berbagi dengan pembaca yang lain?

Leave a Comment