Target Harian Ngeblog : Bukan Memberatkan Hanya Membiasakan

Target Harian Ngeblog - Bukan Memberatkan Tapi Membiasakan

Terus terang saja, saya termasuk orang yang percaya bahwa memiliki target harian saat ngeblog akan mendatangkan banyak kebaikan bagi seorang blogger. Baik ngeblog untuk senang-senang saja ataupun untuk mengejar uang, adanya sebuah target tidak akan mengakibatkan keburukan.

Adanya target akan membuat seorang blogger

  • memiliki arah dan tujuan bagi kegiatan ngeblognya
  • bisa melatih disiplin
  • bisa membangun konsistensi
  • melatih komitmennya

Namun, tidak semua orang akan setuju dengan pandangan ini. Tidak sedikit yang akan berpandangan bahwa keberadaan target akan memberatkan, terutama mereka yang ngeblog untuk bersenang-senang saja.

Pandangan yang sangat dimaklumi mengingat tujuannya, tetapi memberatkan atau tidaknya, akan tergantung pada target yang ditetapkan. Jika dibuat berat, maka akan terasa berat sekali, membebani dan menghadirkan tekanan.

Contohnya saja, beberapa target yang memberatkan itu seperti

  • dalam sehari saya harus membuat 50 artikel : jangankan yang baru memulai, yang sudah lama menjadi blogger saja akan merasa pengap karena sudah terbayang volume kerja yang harus dilakukan
  • dalam sehari harus bisa menambah pengunjung unik 100 orang : padahal kita tidak bisa mengatur jumlah orang yang mau datang ke blog

Target seperti tidak bukan bersifat membangun, tetapi mengarah ke merusak mental karena kemungkinan mencapainya sangat kecil. Hasilnya memang bukan kebiasaan yang terbangun melainkan rasa putus asa yang datang karena target tidak pernah tercapai.

Tapi, kalau kita membuat target harian ngeblog yang bisa dicapai, rasanya tidak akan memberatkan. Misalkan saja,

  • saya mau menulis 300 kata dalam sehari, terkesan kecil, tetapi kalau tercapai akan memberi kebahagiaan, kegembiraan dan rasa puas
  • saya mau menerbitkan 1 artikel perhari dengan 200-300 kata

Target jenis ini sangat mungkin tercapai dan sifatnya membiasakan. Memang ada “beban” tambahan karena kita akan dipaksa untuk menulis, tetapi hal itu akan diimbangi dengan outputnya, yaitu konsistensi dan disiplin.

Barulah kalau target kecil harian itu tercapai beberapa kali, kita bisa meningkatkannya lebih jauh lagi. Sekaligus melihat sampai seberapa kemampuan kita sebagai blogger. Sebagai contoh, target di atas bisa dinaikkan menjadi

  • saya mau menulis sebanyak 700 kata/hari
  • saya mau menerbitkan 1 artikel 500 kata perhari

Masih mungkin tercapai.

Yang harus diingat, sebuah target itu diharapkan memberikan dampak positif berupa terbangunnya disiplin dan sang blogger juga terbiasa memotivasi diri. Bukan untuk memberatkan.

Jadi, bolehkah saya tahu target harian apa yang Anda miliki?

Leave a Comment