Berapa Lama Sebuah Blog Adsense Bisa Payout Pertama?

Berapa Lama Sebuah Blog Adsense Bisa Pay Out

Pertanyaan, “Berapa lama sebuah blog Adsense bisa payout?” ini biasanya diajukan oleh para blogger yang permohonannya baru disetujui oleh Google.

Wajar sih, karena dengan menjadi seorang publisher Adsense, maka bayangan datangnya uang mendekati kenyataan. Harapannya tentu membumbung tinggi karena peluang itu terbuka.

Apalagi, kalau membaca banyak sekali artikel terkait divisi periklanan Google ini memang membuat impian membesar. Siapa yang tidak mau mendapatkan ribuan dollar dari kegiatan ngeblog? Iya kan.

Namun, yang harus disadari, disetujuinya permohonan Adsense hanyalah sebuah langkah awal, dan tidak seberapa berat. Yang terberat itu adalah pekerjaan yang harus dilakukan setelah itu.

Banyak sekali blogger yang bahkan setelah bertahun-tahun, masih belum bisa merasakan payout pertama, yang besarnya hanya US$ 100 saja.

Tetapi, tidak dipungkiri juga ada yang bisa melakukannya dalam waktu singkat, misalkan 1 sampai 3 bulan.

Semua itu menunjukkan bahwa jawaban terhadap pertanyaan di atas tidaklah pasti. Tidak ada yang bisa memastikan.

Semua itu akan tergantung pada

  • niche dari blog sendiri karena nilai CPC (Cost per Click – Biaya per Klik) iklan bervariasi dan tidak sama
  • trafik pengunjung, blog dengan trafik 10000 perhari tentu lebih berpeluang menghasilkan uang lebih cepat dari yang hanya punya 100 pengunjung/hari
  • rajin tidaknya sang blogger untuk melakukan promosi dan menelurkan konten baru yang mengundang pengunjung
  • bahasa yang dipakai dalam pembuatan konten karena iklan berbahasa Inggris memiliki nilai CPC yang lebih besar daripada iklan Indonesia

Jadi, kalau Anda ingin menanyakan hal yang sama, yaitu lama waktu yang dibutuhkan blog Adsense untuk bisa payout pertama, lebih baik pertanyaannya disimpan saja.

Anda tidak akan menemukan jawaban yang pasti dan jelas. Malah, mungkin saja Anda terjebak dalam impian bahwa hal itu akan terjadi cepat mengingat banyak sekali artikel bombastis beredar terkait Adsense.

Lebih baik waktunya dipergunakan untuk membuat konten atau melakukan promosi. Jika itu dilakukan, daripada membuang waktu bertanya, maka blog Adsense Anda akan setahap lebih mendekati waktu payout.

Saya sendiri bisa menembus batasan payout pertama, 3 bulan setelah mendapatkan akun. Meskipun demikian, saya memilih untuk meninggikan batasan payout dan baru menerima pembayaran pertama 7 bulan yang nilainya sekitar 3 kali batasan payout Adsense.

Bagaimana dengan Anda? Sudah pernah merasakan menerima manisnya uang dari Adsense?

2 thoughts on “Berapa Lama Sebuah Blog Adsense Bisa Payout Pertama?”

  1. wakakakakakaka, akoh hampir 4 tahun ngeblog, baru 2 kali merasakan payout.
    Dan emang bener sih Bapak, jujur saya akhir-akhir ini mulai berpikir ngejar adsense, meskipun sempat lumayan hilang semangat ketika mengalami banyak tantangan, salah satunya blog dijahatin orang , huhuhu.

    Tapi jujur lagi, kadang saya mau ngakak juga liat teman-teman yang sedemikian depresinya adsense-nya belum juga di approve, padahal isi blognya masih sedikit.

    Mbok ya fokus aja dulu menulis ya, kalau blog udah rame, baru daftar adsense, dan kalau udah terdaftar malah lebih enak kan bisa cepat pay out

    Reply
    • O ya… baru 2 kali?

      Adsense juga sama beratnya Rey. Bukan sesuatu yang mudah dan perjuangannya juga sama gilanya. Cuma beda jenis perjuangannya saja. Mending tetapkan dulu tujuannya, dan kemudian strateginya. Saya sejak awal memang fokus ke adsense dan ga ngejar sponsored post dll,

      Hahahaha.. nah eta penyakit para blogger itu. Mentalitas instannya.. Kenyataannya ga mudah kok.. pusing juga berjuangnya.. 😀 cuma harus dietkuni baru bisa.. Termasuk manage diri sendiri supaya ga gampang stress..

      Reply

Leave a Comment