Menolak Menjelaskan Cara Menaikkan CPC Adsense

Menolak Mengajarkan Cara Menaikkan CPC Adsense

Belakangan ini, sejak kembali aktif di beberapa grup blogger Facebook, saya sering mendapatkan DM (Direct Message) dari sesama blogger pengguna Facebook.

Sebuah hal yang menyenangkan karena saya bisa berinteraksi dengan blogger lain. Namun, ada juga yang pada akhirnya membuat saya kesal. Salah satunya adalah ketika seorang blogger “pemula” bertanya tentang cara menaikkan CPC Adsense (Cost per Click-Biaya per Klik) karena ia merasa kesal melihat CPC-nya turun dan tidak seperti yang diharapkan.

Ketika pertanyaan pertama diajukan, saya sudah menjelaskan kepadanya bahwa menaikkan CPC itu bukan domainnya para blogger untuk mengatur. Harga per klik iklan tergantung pada

  • harga yang diajukan oleh pemasang iklan
  • jenis iklan yang dipasang juga tergantung ketersediaan, jadi kalau adanya iklan bernilai rendah dan tidak ada yang lain, maka iklan itu yang akan muncul
  • harga iklan bervariasi dan kadang tergantung musim, seperti saat menjelang liburan, iklan wisata akan bernilai tinggi dan saat musim sekolah, nilai iklan akan berkurang karena peminatnya lebih sedikit

Selain itu saya sudah jelaskan bahwa jika seorang blogger punya keinginan untuk mendapatkan CPC bernilai tinggi, ia harus melakukan riset dari awal tentang kata kunci atau keyword yang biasanya memiliki nilai tinggi.

Bahkan, setelah diberikan penjelasan tersebut, penanya tetap saja mengeluhkan bahwa CPCnya tidak stabil kadang tinggi dan tiba-tiba merosot ke rendah sekali.

Sekali lagi saya sudah jelaskan hal itu wajar, tetapi sepertinya hal itu tidak memuaskan bagi penanya. Ia tetap bertanya tentang tip dan trik agar CPC-nya bisa naik.

Pada akhirnya, saya memutuskan untuk berhenti menjelaskan.

Tidak ada gunanya karena pada dasarnya memang tidak ada cara ajaib yang bisa memastikan CPC akan naik sesuai kemauannya. Bohong besar kalau ada yang bisa memastikan karena hal itu tidak ditentukan oleh bloggernya. Nilai iklan ditentukan oleh pasar pemasang iklan dan Google.

Bukan blogger.

Blogger hanya bisa berusaha mengarahkan, tetapi bukan memastikan.

Apalagi, saya mengetahui adalah seorang blogger pemula, yang pernah memajang screenshoot dari dashboard Adsensenya. Ia memperlihatkan bahwa selama satu hari blognya dalam satu hari hanya mendapatkan 200-300 pageviews saja.

Memang terlihat lumayan, tetapi dengan pageviews yang hanya sedikit seperti itu, CPC berapapun tidak akan menghasilkan uang yang cukup bagi dirinya. Dengan PV serendah itu, maka iklan yang diklik oleh pengunjung hanya akan beberapa saja.

Sebesar apapun CPC-nya, kalaupun ada trik ajaib menaikkan CPC, hasilnya tetap akan rendah.

Saya menyarankan agar ia fokus pada menaikkan trafik pengunjung ke blognya, bukan pada usaha menaikkan CPC. Saran yang rupanya tidak diterima dengan baik karena sepertinya, ia lebih suka berpikir bahwa ada jalan mudah menjadi kaya dari Adsense.

Oleh karena itulah, saya menolak menjelaskan lebih lanjut. Tidak ada gunanya memberi penjelasan kepada mereka yang berpikir ada jalan pintas menjadi kaya.

Tidak bedanya di dunia nyata, untuk berhasil itu butuh perjuangan dan mentalitas instan yang ingin serba cepat itu harus disingkirkan. Untuk menjadi kaya pun butuh kerja keras dan kemauan berjuang.

Bukan mencari cara ajaib lewat dukun atau sistem yang menjanjikan keuntungan cepat, yang biasanya menjebak.

Saya melihat bahwa kalau diteruskan, maka saya akan membuang waktu saja karena prinsip yang berbeda. Lagi pula, kalau menjelaskan, saya mungkin berperan semakin membuatnya terjebak dalam impian yang meninabobokan saja.

Jadi, saya memutuskan untuk tidak menjawab dan bahkan memintanya tidak bertanya lagi tentang masalah CPC. Mungkin ia berpikir saya pelit ilmu dan tidak mau berbagi, tetapi masalahnya lebih sebenarnya lebih dari itu.

Percuma saja menjelaskan pada orang yang tidak menyadari bahwa ada yang salah dalam pola berpikirnya. Percuma mengajarkan sesuatu pada orang yang sedang bermimpi. Tidak ada gunanya mengajarkan sesuatu pada orang yang malas dan tidak mau bekerja keras.

Karena saya tahu pasti, bahwa berhasil menjadi Publisher Adsense membutuhkan semua itu. Tidak banyak bermimpi dan mau bekerja keras.

2 thoughts on “Menolak Menjelaskan Cara Menaikkan CPC Adsense”

  1. Saya jadi pengen nulis hal ini deh Pak, tentang bagaimana orang-orang yang terlalu rajin bertanya, dibandingkan rajin ngulik sendiri.
    Dan orang-orang terlalu berorientasi pada hasil, tanpa mau kerja keras dulu 😀

    Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.