Jasa Mengelola Media Sosial – Penghasilan Bisa Rutin

Bermain di media sosial merupakan salah satu hal biasa bagi seorang blogger. Entah Facebook, entah Instagram, atau Twitter, medsos menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan seorang blogger.

Oleh karena itu, selain skill menulis, atau mengurus website, seorang blogger “seharusnya” memiliki keahlian lain, yaitu mengelola media sosial.

Seharusnya karena mengingat berurusan dengan medsos merupakan bagian penting untuk mengembangkan blog.

Keahlian inilah yang seharusnya bisa dimanfaatkan seorang blogger untuk mendapatkan penghasilan, baik tambahan atau utama.

Saya sendiri belakangan, selain menanti penghasilan dari Adsense, sudah beberapa kali menjadi penjual jasa penanganan media sosial.

Yang saya tawarkan biasanya

  • pembuatan company profile
  • manajemen media sosial
  • pembuatan konten (baik foto ataupun video)
  • mempromosikan bisnis pelanggan di media sosial

Hasilnya, ternyata lumayan. Selain tarifnya yang lebih tinggi dari pemasukan Adsense, juga jarang klien pemakai jasa yang meminta hanya untuk satu bulan.

Dari beberapa klien yang pernah ditangani, umumnya, kontrak kerjanya setidaknya 3 bulan.

Sebuah hal yang sangat lumayan.

Klien terakhir dan baru-baru ini meminta jasa saya adalah Bebekijo.id atau Bejo, sebuah startup yang bergerak di bidang penyediaan alat makan sekali pakai dari kayu.

Baru 3-4 hari ini dimulai, tetapi saya sudah bisa membuatkannya company profile dan beberapa permintaan lainnya. Untuk lanjutannya, kami masih berdiskusi tentang rencana konten, foto, dan konsepnya.

Namun, mereka sudah menyetujui saya mengelola media sosial Bejo, yaitu Facebook dan Instagram.

Harga jasanya dibayar perbulan dan sejauh ini sudah disetujui, setidaknya jasa saya dan tim akan dipakai sampai April 2023.

Nilainya, yang beberapa kali payout Adsense yang US$ 100 perbulannya.

Pekerjaannya sendiri tidak banyak berbeda dengan kegiatan sebagai blogger, yaitu berkomunikasi dengan klien, membuat konsep konten, dan tentunya membuat konten.

Tidak terlalu membutuhkan waktu banyak untuk menyesuaikan diri dengan tipe pekerjaannya.

Namun, karena bayarannya lumayan, saya tidak sendirian. Saya bekerja sama dengan fotografer, desainer grafis, dan copy writer. Sedangkan tugas saya hanya mengkoordinasi dan berkomunikasi dengan klien.

Itulah mengapa saya menyarankan, siapapun yang membaca tulisan ini, jika memang Anda seorang blogger, cobalah berpikir lebih kreatif kalau mau memonetisasi blog.

Ada banyak cara lain, selain iklan, Adsense, Sponsored Post, atau Content Placement. Menjual keahlian Anda pun bisa dan sangat mungkin menghasilkan pemasukan bulanan yang lumayan.

Yang perlu dilakukan adalah terus mengembangkan blog dan belajar berbagai bidang lain.

Menurut Anda bagaimana? Tertarik kah mencoba mengelola media sosial seperti yang saya lakukan.

Leave a Comment