Membagikan Data Kepada Pembaca : Berguna Juga Kok!

Posting Membagikan Data Kepada Pembaca

Belajar dari pengalaman ngeblog selama 8 tahun, saya menemukan sering sebuah posting yang sederhana dan sifatnya hanya membagikan data justru mendulang pembaca dalam jumlah banyak.

Salah satu yang pernah saya lakukan di blog Lovely Bogor adalah dengan menerbitkan jadwal bus Damri dari Bogor ke Bandara Soetta.

Isinya hanya berisikan sedikit kata saja dan sekedar informasi keberangkatan bis dalam sehari.

Sampai hari ini, ketika tulisan ini terbit, posting sederhana itu masih tetap mendatangkan pembaca ke blog tersebut. Kalau ditotal, sudah ada ratusan ribu kali posting tersebut diakses pembaca.

Mengapa membagikan data?

Karena masyarakat butuh informasi. Itu jawabannya. Dan, data merupakan sebuah bentuk informasi.

Dengan menyediakan dan membagikan data, meski tanpa tambahan penjelasan atau ceramah tutorial apapun, sangat berpotensi mendapatkan pembaca.

Ingat juga bahwa mayoritas pemakai mesin pencari adalah untuk menemukan, informasi, dan data merupakan salah satu bentuk informasi.

Seperti yang saya lakukan beberapa saat sebelum membuat artikel ini, saya mencari data tentang jumlah sampah plastik. Apakah saya membaca secara keseluruhan artikelnya? Tidak, saya melakukan scanning dan skimming saja.

Tidak perlu waktu lama untuk mencari data yang diperlukan.

Keperluan akan data bisa dipastikan banyak sekali, bahkan dalam urusan pembuatan konten.

Tips Membagikan Data

Tidak banyak.

  • kalau tujuannya mendapatkan pembaca : cobalah tampilkan data yang bersifat kebutuhan umum, seperti jadwal bis, jadwal keberangkatan kereta, alamat, no telpon, dan sejenisnya
  • buat sesingkat mungkin, bahkan kalau perlu hanya datanya saja. Pencari informasi tidak memerlukan ceramah atau tutorial. Mereka butuh informasi dalam bentuk data.
  • tidak perlu mengklaim bahwa data itu hasil pemikiran sendiri, mencantumkan sumber justru membantu dalam membuat pencari informasi percaya
  • buat tabel atau daftar agar mempermudah data ditemukan

Leave a Comment