Eco Blogger Squad Komunitas Blogger Perempuan : Ada Cowoknya

Eco Blogger Squad Komunitas Blogger Perempuan - Jempol

Sebuah terobosan yang menarik dari Komunitas Blogger Perempuan. Komunitas online yang salah satunya dibidani oleh Shintaries ini sejak beberapa waktu lalu, di halaman berandanya, menampilkan Eco Blogger Squad.

Dari namanya saja sudah terlihat keterkaitannya dengan pembahasan tentang lingkungan. Kata “Squad” yang tidak beda dengan tim menjelaskan bukan hanya ada satu orang, tetapi satu kelompok.

Sesuatu yang patut diacungi jempol mengingat masih terbatasnya blogger yang mai membahas tentang kelestarian lingkungan, pemanasan global, dan sejenisnya.

Bukan sebuah topik yang mengundang minat baik dari kalangan blogger ataupun sponsor sekalipun.

Saya sendiri memiliki dua blog bertemakan lingkungan, yang pertama Lingkungan Hidup dan Celoteh Hijau.

Keduanya saya buat karena pemikiran tentang sudah saatnya blogger pun ikut turun serta membangun dan memperbaiki kesadaran masyarakat Indonesia tentang hal yang satu ini.

Belajar dari pengalaman, sangat tidak mudah untuk membuat orang menjadi peduli lingkungan. Untuk itu, butuh orang-orang yang mau mencoba mendorong perubahan cara pikir tersebut. Sekecil apapun usaha yang dilakukan, pasti akan memberi dampak.

Semakin banyak orang yang menyuarakan tentang lingkungan, maka gaung dari hal itu akan bertambah.

Oleh karena itu, kehadiran Eco Blogger Squad sendiri sesuatu yang harus diappresiasi.

Kehadiran grup lingkungan dari Komunitas Blogger Perempuan itu sendiri menunjukkan kejelian dari para admin di belakangnya. Masalah lingkungan memang belum menjadi topik populer di Indonesia, karena ketidakpedulian tadi, tetapi di dunia, lingkungan mendapat perhatian luar biasa besar.

Pada akhirnya, diprediksi, ke depannya, masyarakat Indonesia, yang sudah terbiasa terlambat dalam banyak hal, akan terdorong juga untuk berubah. Tidak akan heran kalau suatu waktu blog-blog tentang lingkungan akan menjadi sasaran pembaca.

Sekarang saja sudah banyak, tetapi peluangnya akan berlipat ganda di masa depan.

Jeli menangkap peluang, itu kesan saya kepada para admin di belakang KBP tersebut.

Di luar semua itu, ada satu yang menggelitik sekali dari Eco Blogger Squad a la Komunitas Blogger Perempuan ini.

Hal yang menggelitik itu adalah adanya blogger cowok alias pria di dalamnya.

Bukan berarti pria tidak boleh peduli lingkungan. justru, mereka juga harus ikut aktif.

Namun, karena Eco Blogger Squad adalah bentukan dan berada di bawah Komunitas Blogger Perempuan, bisa dilihat dari linknya Eco Blogger Squad Page – Blogger Perempuan Network. Menjadi sebuah pertanyaan sendiri karena kehadiran kaum adam di dalamnya berbenturan dengan konsep “all women” yang diterapkan KBP selama ini.

Meski tentu saja hal itu pasti sudah dipertimbangkan oleh tim KBP, tetap saja ada sedikit kejanggalan karena konsep utamanya dibenturkan dengan kehadiran blogger cowok di sana.

Bagi saya sendiri, tentu lebih enak dibuatkan website sendiri karena tidak bertentangan dengan konsep utama. Selain itu juga, situs baru itu bisa dikembangkan lebih jauh lagi jika terlepas dari KBP.

Tapi, pasti hal itu sudah diantisipasi oleh tim KBP dan saya sendiri tetap sangat mengapresiasi kehadiran EBS ini. Sudah saatnya kaum blogger ikut berpartisipasi lebih jauh lagi dalam membantu lingkungan.

Leave a Comment