Ingin Konten Singkat Tapi Informatif ? Coba Jadi Penyampai Ide

Ingin Konten Singkat Tapi Informatif - Coba Jadi Penyampai Ide

Salah satu tujuan dari blog MM setelah perubahan konsep adalah menjadi lebih informatif dari sebelumnya. Harapannya, ada pembaca yang bisa memanfaatkan untuk pengembangan blognya.

Selain itu, ada satu target lagi untuk diwujudkan, yaitu jumlah konten yang diterbitkan. Saya berharap bisa menerbitkan posting, kalau bisa 10 perhari, setidaknya 3-5 posting.

Keduanya ketika dipadukan menghasilkan kebutuhan akan konten singkat tetapi informatif. Ujungnya, sebuah tantangan hadir, yaitu jumlah ide. Meskipun saya memiliki daftar ide, tetapi jumlahnya tetap terbatas dan biasanya kalau ide sendiri, tulisan akan menjadi panjang.

Setelah lumayan lama berpikir, saya menemukan solusinya.

Saya memutuskan menjadi penyampai ide saja. Dengan begitu saya tidak perlu memikirkan ide baru dan cukup memungut ide yang dilemparkan oleh para blogger lainnya.

Yang saya perlu lakukan hanyalah

  • membuat kalimat pembuka
  • memberi komentar (tidak panjang) terhadap ide-ide tersebut, baik berupa persetujuan atau penolakan
  • memberi kalimat penutup
  • memberi outbound link ke sumber ide tersebut karena dengan begitu saya tidak mengklaim bahwa ide tersebut berasal dari saya

Hasilnya adalah kategori wawasan. Dalam kategori ini saya “memungut” berbagai ide dari blogger dalam dan luar negeri. Kontennya tidak panjang dan rata-rata hanya 200-300 kata saja.

Namun, sifatnya informatif karena terdapat informasi berupa ide, tips, dan saran dari blogger-blogger lainnya.

Di sini peran saya memang hanya sekedar penyampai ide (orang lain) bukan pembuat ide.

Dengan begitu, saya bisa memenuhi jadwal penerbitan posting tanpa harus menghabiskan terlalu banyak waktu. Bagian terberat dari tugas ini hanyalah membaca dna kemudian menyimpulkan, kadang menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kalau sumber idenya dalam bahasa Inggris/

Bagaimana menurut Anda? Bukankah ide ini cukup cerdik untuk memecahkan masalah konten singkat tapi informatif, serta target jumlah posting perhari? Atau Anda punya ide lain?

Bisa tolong dishare?

Leave a Comment