9 Ide Konten Blog Hewan Peliharaan

Konten Blog Hewan Peliharaan - Apa Saja

Bila Anda tertarik untuk membangun sebuah blog bertema hewan peliharaan, seperti pada tulisan terdahulu, “3 Alasan Blog Tentang Binatang Peliharaan Berpeluang Besar Untuk Sukses“. Sebelum memesan domain dan hosting, ada baiknya melakukan satu hal lagi.

Hal itu adalah mengajukan pertanyaan berikut, “Apa saja yang harus dijadikan konten blog hewan peliharaan saya?

Mengapa? Ingat saja slogan di dunia kaum blogger, yaitu “Content is the King” alias “Konten adalah raja“. Sebagian besar hidup kaum blogger pada dasarnya bertumpu pada bagian ini.

Konten sebuah blog merupakan bagian inti untuk

  • menarik pengunjung/pembaca
  • mengikat pengunjung/pembaca agar betah berada di blog

Semua hal yang diidamkan para blogger.

Jadi, sebelum memulai ada baiknya membuat sebuah outline terkait konten yang akan disajikan. Dengan begitu, pada saat mulai menjalaninya, arah blog menjadi jelas dan isi blog teratur dan rapi.

Nah, untuk melakukan itu, ada baiknya dilakukan brainstorming dengan melihat berbagai pet blog yang sudah lebih dulu ada. Salah satunya adalah Dogalize, yang banyak membahas tentang anjing.

Pada dasarnya, ada beberapa ide dasar untuk konten blog hewan peliharaan. Anda juga bisa mencarinya sendiri, jika mau menempatkan diri sebagai seorang yang memiliki kucing atau anjing piaraan di rumah. Bisa juga didapat dengan mengamati blog sejenis di dunia maya.

Secara ringkas, pada blog jenis itu, konten yang perlu ada

<1> Foto

Yah, mayoritas orang sangat menyukai sesuatu “terlihat” imut dan lucu. Kata terlihat diberi tanda kutip karena berarti harus secara visual. Teks tidak akan cukup untuk memberikan dampak yang sama.

Jadi, jenis konten yang harus ada adalah foto. Tentunya, foto-foto binatang lucu yang dipakai dalam bahasan.

Foto boleh milik sendiri, kalau memang sifat blognya personal atau mengambil dari sumber lain seperti Pixabay (foto di atas berasal dari situs tersebut)

<2> Artikel perawatan

Hewan, seperti manusia butuh perawatan untuk hidup. Informasi seperti ini selalu dicari oleh pemilik hewan kesayangan. Sifatnya informatif.

Oleh karena itu buat versi Anda tentang cara memandikan, memberi makan, jenis makanan, yang membuat sehat si kesayangan. Penanganan ketika si Meong atau si Gukguk sakit juga perlu ada.

Jika dioptimasi SEO dengan baik, artikel jenis ini akan bisa mengundang pembaca dari para pencari informasi di Google.

<3> Artikel tips dan trik

Tips dan trik untuk melatih anjing duduk atau supaya anjing tidak kegendutan akan memberikan informasi singkat yang bisa dipraktekkan dengan langsung.

Sifatnya informatif dan jika pembacanya merasa berguna, hal itu bisa mengubahnya menjadi pembaca loyal blog.

<4> Karakter/tingkah laku hewan

Setiap hewan akan memiliki karakter yang berbeda dan sulit ditebak, namun ada beberapa hal yang umum. Contohnya seperti, kucing yang sedang menggigiti rumput merupakan pertanda perutnya sedang sakit.

Perilaku-perilaku kecil hewan seperti ini akan memberikan informasi kepada pembaca untuk mengenali hewan peliharaannya

<5> Tempat membeli hewan dan makanan

Informasi tentang pet shop, penjual makanan hewan, bahkan salon merupakan kebutuhan para pemilik hewan.

Mengapa tidak Anda sediakan saja? Buka internet dan browse sebanyak mungkin alamat pet ship di wilayah Anda dan jadikan list atau daftar. Informasi ini akan banyak membantu dan menarik pembaca

<6> Informasi kontes/lomba

Meski tidak semua, banyak pemilik hewan yang gemar mempertandingkan piaraan mereka dalam kontes atau lomba.

Jika Anda memiliki sumber tentang itu, secara rutin bisa dimasukkan ke dalam blog

<7> Komunitas hewan

Sama dengan manusia, hewan pun sering butuh teman. Apalagi saat musim . kawin. Tentunya juga menyenangkan untuk melakukan kegiatan sesama pemilik hewan peliharaan.

Buatkan saja sebuah daftar komunitas di blog Anda agar sesama pemilik hewan sejenis bisa ikut bergabung. Namun, jangan lupa juga Anda untuk bergabung di dalamnya.

<8> Kisah-kisah terkait hewan peliharaan

Pernah dengar kisah Hachiko? Kisah tentang anjing setia yang selalu menunggu kedatangan tuannya, bahkan sampai tuannya berpulang, ia tetap setia menunggu.

Pemilik hewan peliharaan akan menyukai kisah-kisah inspiratif seperti ini. Mereka akan menghubungkannya dengan piaraannya sendiri.

Untuk sumbernya, bisa pergunakan browser di komputer atau ponsel karena lumayan banyak kisah-kisah seperti itu di mancanegara.

Bisa juga Anda ceritakan kisah tentang Anda dan hewan peliharaan Anda. Perjalanan hubungan dan kegiatan yang dilakukan dua “makhluk” ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca.

Sekaligus, memberikan citra yang baik bagi blog itu.

<9> Lainnya

  • video, meski bukan harus, sangat menunjang blog karena merupakan sajian visual yang menyenangkan
  • penjelasan tentang harga dan lokasi membeli hewan peliharaan terdekat
  • tata cara atau perizinan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hewan tertentu

Yang di atas itu ide konten blog hewan peliharaan, menurut saya. Seharusnya, masih ada banyak hal lain yang bisa dijadikan konten blog ini. Yang harus dilakukan adalah berpikir kreatif.

Ide-ide di atas masih bisa dikembangkan lebih jauh lagi. Semakin banyak, semakin baik.

Yang terpenting adalah berupayalah menyajikan konten yang bisa menarik pembaca. Ingat prinsip “Content is the King“.

Bagaimana menurut Anda? Sudah kah ada gambaran tentang isi blog hewan peliharaan? Apakah Anda bisa menambahkan ide lagi selain poin-poin di atas?

Leave a Comment