Ngeblog Produktif #03 : Memaksimalkan Fungsi Smartphone (Ponsel Cerdas)

Apa yang bisa dilakukan oleh sebuah smartphone atau ponsel cerdas? Menurut saya, hampir tidak terhitung karena smartphone bukanlah sekedar alat komunikasi saja.

Benda ini lebih merupakan alat untuk membantu meningkatkan produktivitas karena merupakan gabungan dari komputer dan perangkat komunikasi.

Di dalamnya terdapat berbagai fitur dan aplikasi yang jika dipergunakan dengan layak saja akan mempermudah manusia melakukan berbagai pekerjaan, dimana saja dan kapan saja.

Oleh karena itu, seseorang yang bisa memaksimalkan fungsi smartphone secara maksimal, produktivitasnya (dalam bidang apapun) akan membaik.

Termasuk dalam hal ini seorang blogger.

Coba saja bayangkan beberapa kegiatan di bawah ini

  • seorang blogger di atas kereta Bogor Jakarta, dengan lama perjalanan 1 – 1 1/2 jam menghabiskan waktunya dengan mencari ide atau membuat draft untuk tulisan semalam
  • sroang blogger yang sedang traveling memotret keindahan alam di tempat wisata dan merekam hasil wawancara dengan guide yang menemani
  • seorang blogger dalam perjalanan ke kantor melakukan browsing untuk mencari referensi atau rujukan untuk tulisan opininya
  • seorang blogger melakukan interaksi dengan sesama blogger lain di komunitas blogger online di Facebook
  • seorang blogger mengirimkan rate cardnya melalui email ke pihak sponsor saat sedang beristirahat di kantor
  • seorang blogger mengirimkan brosur digital atau link artikel terbaru yang baru saja diterbitkan ke sebuah komunitas blogger di media sosial sambil nongkrong dengan kawan-kawan
  • seorang blogger menerbitkan artikel saat sedang menunggu kereta yang datang terlambat

Kegiatan-kegiatan seperti ini bisa dilakukan seorang blogger melalui smartphone-nya saja. Padahal, sebelum benda itu ditemukan, tidak mungkin melakukan semua itu. Butuh meja kerja dan desktop atau notebook untuk mengerjakan semua yang disebutkan di atas.

Namun, sekarang tidak lagi.

Smartphone mengubah banyak hal, tetapi yang paling penting adalah peluang untuk mengubah waktu non-produktif menjadi produktif.

Waktu saat berada di dalam kereta, dulu, yang bisa dilakukan hanyalah membaca koran atau tidur. Namun, sekarang dan selama ada internet, seorang blogger bisa melakukan berbagai hal, mulai dari sekedar mencari dan mencatat ide, sampai menerbitkan posting terbaru untuk blognya.

Pekerjaan seorang blogger yang selama ini harus dilakukan di tempat khusus, sekarang bisa dilakukan hampir dimana saja dan kapan saja. Lebih fleksibel.

Oleh karena itu, seorang blogger yang ingin menjadi produktif harus bisa memaksimalkan fungsi smartphone (ponsel cerdas) dan berbagai aplikasi di dalamnya yang memang ditujukan untuk meningkatkan produktivitas.

Bila ia mau, maka banyak waktu yang bisa diselamatkan dan tidak terbuang percuma.

Yang perlu ia lakukan hanyalah menemukan slot waktu “nganggur” dalam kehidupannya sehari-hari. Kemudian isi waktu yang ada dengan kegiatan yang cocok dilakukan menggunakan smartphone, seperti mencatat ide, membuat kerangka karangan, dan sebagainya.

Jika ia rutin dan disiplin melakukannya, hampir bisa dipastikan, blognya akan terurus dengan baik.

Pertanyaannya, maukah Anda melakukannya karena sebuah smartphone pasti sudah tersedia di tangan? Hanya butuh kemauan untuk melakukannya saja.

Leave a Comment