Prediksi Masa Depan Blog dan Blogging – Yvonne DiVita, Lipsticking

Masa Depan Blog dan Blogging - Yvonne DiVita (Lipsticking)

Bagaimana masa depan blog dan blogging? Pertanyaan yang banyak sekali muncul di kalangan blogger Indonesia.

Pertanyaan yang wajar diajukan mengingat kehadiran berbagai platform media sosial, seperti Youtube, Tiktok, Instagram, atau Twitter, seperti merampas pemirsa mereka.

Tidak heran banyak orang meramalkan blog dan blogging akan segera punah dan habis dalam waktu dekat (entah seberapa dekat). Blog dipandang kurang mampu bersaing karena minat masyarakat yang lebih suka konten visual.

Jadi, boleh pesimis dong?

Terserah Anda saja. Kalau mau merasa demikian, tidak ada yang melarang. Namun, sebelum itu ada baiknya mendapatkan wawasan sedikit tentang apa kata orang lain.

Salah satunya adalah Yvonne DiVita dari Lipsticking. Forbes online menempatkannya dalam daftar 20 digital marketer terbaik beberapa tahun yang lalu.

Ia dalam salah satu posting di blognya, “Is Blogging Still the Answer ?” menyebutkan bahwa blog dan blogging akan tetap populer dan bertahan.

….So the future of blogging is exactly what I predicted. We’re about 18 years in now, and blogs are still around. They are still popular. They exist not to blather or chatter or ‘throw up on the page’. They exist to have serious, fruitful conversations with your peers, prospects, and clients. ….

Yvonne DiVita – Lipsticking

Terjemahan,

.. Jadi, masa depan blogging tepat seperti yang sudah saya prediksikan. Kita sudah menjalaninya selama 18 tahun dan blog masih tetap beredar. Blog masih populer. Blog ada bukan sekedar omong kosong atau obrolan tidak jelas. Blog ada untuk melakukan hal yang serius, diskusi berisi, dengan rekan, prospek, dan klien…

Yvonne DiVita – Lipsticking

Saya sependapat dengan pandangannya. Dua tahun yang lalu, saya pernah menuliskannya dalam “Apakah blog menjelang mati dan menuju kepunahan?

Dulu, banyak orang memprediksi bahwa buku cetak akan segera punah dengan kehadiran buku digital. Kenyataannya, buku cetak masih tetap eksis dan bahkan bertambah pembacanya. Padahal, sudah lebih dari 15 tahun sejak prediksi itu dibuat dan buku cetak tetap aman-aman saja.

Hal yang sama akan berlaku untuk blog dan blogging. Meski pesaing bertambah, blog akan tetap ada karena blog memberikan banyak hal, seperti informasi, pengetahuan, serta interaksi antar manusia. Blog tetap memberikan sesuatu kepada umat manusia dan untuk itu masa depannya setidaknya sampai 1 dekade ke depan masih tetap akan ada.

Bagaimana menurut Anda? Apakah prediksi si Yvonne DiVita ini sama dengan prediksi Anda?

2 thoughts on “Prediksi Masa Depan Blog dan Blogging – Yvonne DiVita, Lipsticking”

Leave a Comment