5 Karakter Yang Perlu Ada Dalam Diri Seorang Blogger Kalau Ingin Sukses

5 Karakter Yang Perlu Ada Dalam Diri Seorang Blogger Kalau Ingin Sukses

Mencapai kesuksesan itu bukan sesuatu yang mudah. Jauh dari yang namanya “membalikkan telapak tangan”. Banyak tantangan dan hambatan yang harus dihadapi dan ditemukan solusinya.

Begitu juga dalam dunia blogging. Untuk menjadi blogger sukses itu perjuangannya berat. Untuk menempuhnya, seorang blogger harus berusaha memiliki karakter-karakter yang akan membuat dirinya kuat dan mampu melewati semua hambatan itu.

Tidak banyak, hanya perlu 5 karakter saja, yaitu

1/ Disiplin

Blogging atau ngeblog itu, kalau memiliki target dan tujuan, akan membutuhkan yang namanya konsistensi dan keteraturan. Konsistensi merupakan cermin dari komitmen yang kuat.

Untuk memiliki konsistensi, seorang blogger harus memiliki disiplin karena tanpanya, maka tidak akan ada yang namanya konsistensi. Disiplin akan memastikan bahwa blog akan selalu diupdate sesuai jadwal dan ritme terbentuk.

2/ Pantang menyerah

Seperti sudah disebutkan di atas, tantangan dan hambatan untuk menjadi blogger sukses itu banyak sekali.

Tidak jarang, masalah datang secara beruntun atau bersamaan, seperti server dihack, tulisan dikritik pembaca, sampai pengunjung yang terus menurun.

Bila sifat pantang menyerah tidak ada dalam dirinya, bisa dipastikan semua masalah itu akan menjadi penutup karirnya sebagai blogger dan memilih berhenti.

Namun, dengan adanya karakter pantang menyerah, seorang blogger akan mengubah semua masalah tadi menjadi tantangan yang harus diselesaikan.

3/ Rajin (mau kerja keras)

Pekerjaan seorang blogger banyak sekali, seperti mencari ide, menulis artikel, melakukan promosi, mengurus maintenance blognya, dan sebagainya.

Bisa disebut, blogger adalah pekerja yang merangkap semua bagian dalam sebuah organisasi.

Oleh karena itu, karakter rajin dan mau bekerja keras adalah sebuah kewajiban, kalau ia memang mau sukses di bidang itu. Ketiadaan karakter ini akan cenderung membuat pekerjaan yang ada tidak terselesaikan dan blog tidak akan berkembang.

Kecuali, jika memang ia tidak mau sukses. Lain urusannya dan saya akan mengatakan silakan saja bermalas-malasan.

Baca juga : Hindari Mentalitas Instan, Semua Butuh Proses

4/ Kreatif

Dengan persaingan yang begitu kompetitif di dunia blog (ada ratusan juta blogger di dunia), menjadi berbeda sangat diperlukan. Dengan berbeda, maka seorang blogger bisa menarik perhatian para pembaca.

Untuk itu, tidak bisa tidak, seorang blogger akan terus dituntut untuk menjadi kreatif. Dengan begitu, ia akan bisa

  • menyajikan artikel yang menarik dan berbeda
  • tidak kehabisan ide untuk bahan kontennya
  • menggunakan cara promosi yang kreatif dan inovatif agar perhatian tertuju padanya

5/ Percaya diri

Godaan dalam dunia blog itu banyak.

Youtube, Instagram, Tiktok yang merebut hati banyak pembaca untuk beralih menjadi penonton. Blog lain yang terlihat ramai dikomentari. Artikel spinner yang menjanjikan produksi artikel dengan cara cepat.

Semua akan membuat blogger sering kehilangan kepercayaan diri.

Untuk itulah kepercayaan diri diperlukan. Seorang blogger harus yakin dan percaya diri dengan jalan yang dipilihnya. Dengan begitu, ia tidak gampang tergoda oleh apapun dan tetap fokus dengan jalan yang dipilih.

Jika ia memiliki karakter ini, ia akan tetap fokus untuk menjalankan rencana yang sudah dibuat dan terus berusaha mencapai target.

Itulah karakter-karakter yang perlu ada dalam diri seorang blogger.

Semua itu diperlukan karena memang, sama dengan bidang lainnya, kesuksesan harus melalui tahapan yang panjang dan penuh tantangan.

Bagaimana menurut Anda? Masuk akal kah? Atau mungkin Anda bisa menambahkan karakter lain yang mendukung dalam pencapaian kesuksesan di dunia blog?

Leave a Comment