10 Hal Sederhana Untuk Lebih Merasa Bahagia – Belle Beth Cooper (Buffer)

10 Hal Sederhana Untuk Lebih Merasa Bahagia - Belle Beth Cooper

Tidak terasa membaca artikel karya Belle Beth Cooper ini membuat sebuah senyuman hadir. Bagaimana tidak, membayangkan betapa mayoritas orang akan berbuat apa saja, mengeluarkan uang banyak, pergi ke tempat yang jauh, sekedar untuk merasa bahagia.

Namun, berbagai penelitian dalam artikel berjudul 10 Simple Things You Can Do Today That Will Make You Happier, Backed By Science (10 Hal Sederhana Yang Kamu Bisa Lakukan Hari ini Untuk membuatmu Lebih Bahagia) tersebut, sebenarnya tidak terlalu susah. Cukup dengan melakukan beberapa hal sederhana, maka seseorang bisa merasa lebih bahagia.

Mau tahu apa saja? Kalau dirangkum secara singkat dari artikel bersifat listicle (berupa list/daftar), yang perlu dilakukan hanyalah,

1/ Olahraga lebih sering – Tapi tujuh menit mungkin cukup

2/ Tidur lebih banyak – karena membuat kita jadi tidak terlalu baper

3/ Pindah ke tempat kerja yang lebih dekat (dan memang pergi ke kantor yang jauh dari rumah membuat rentan pada stress, setidaknya karena kemacetan)

4/ Lebih banyak habiskan waktu dengan teman dan keluarga

5/ Pergi keluar rumah – (tentu bukan untuk bekerja, tetapi untuk bermain)

6/ Bantu orang lain – 100 jam setahun merupakan jumlah kuncinya

7/ Perbanyak senyum

8/ Buat rencana bepergian/wisata – tapi jangan lakukan satupun karena sepulang bepergian, justru kebahagiaan menurun

9/ Meditasi

10/ Perbanyak bersyukur

Belle Beth Cooper

Bila dipikir ulang, maka apa yang dijelaskan dalam artikel tersebut, tidak salah sama sekali. Kebahagiaan pada dasarnya ada di hati dan tidak dijual.

Dengan memanage diri dan hati sendiri, sangat mungkin rasa bahagia itu akan lebih sering dan lebih banyak ada di hati kita.

Bagaimana? Anda mau mencobanya? Yah, saya sih mau. Toh juga tidak ada yang terlalu berat atau memerlukan uang banyak.

Hanya no 3 dan 9 yang sulit dilakukan. Rumah saya di Bogor dan kerja di Jakarta, dan sedang mendekati masa pensiun, mau tidak mau masih harus berjubelan di Commuter LIne Bogor – Jakarta. Tentunya akan sulit melakukan meditasi.

Leave a Comment