SAMA! Konsep Dasar Mengurus Blog Dan Merawat Tanaman Hias

Selamat Sore Kawan MM!

Percayalah, saya sedang waras seratus persen. Meskipun terasa kurang menyenangkan melakukan WFH (Work From Home), kewarasan saya masih normal sekali.

Secara fisik mengurus blog dan merawat tanaman hias itu tidak sama. Yang satu di dunia maya dan satu di dunia nyata. Berbeda jauh.

Hanya saja, kalau diteliti lebih dalam, dan kebetulan keduanya adalah hobi yang sekarang masih ditekuni, saya menemukan banyak kesamaan.

Setidaknya cara memperlakukan blog dan tanaman hias itu sama dalam hal berikut ini.

Butuh Kesabaran :

Seberapapun inginnya saya agar tanaman aglaonema, si ratu daun yang cantik, supaya segera bertambah daunnya, saya tetap hanya bisa mendapatkan satu tambahan daun setiap 3 minggu – 1 bulan saja.

Mau seberapapun usaha saya mempercepat dengan menambah pupuh atau vitamin tanaman, tetap saja ada batasan yang tidak bisa ditempuh.

Begitu juga dengan blog.

Seberapun semangat kita menulis artikel, mau 100 perhari, blog butuh waktu juga untuk dikenal dan didatangi pengunjung. Promosi akan membantu mempercepat, tetapi tidak akan merubah keadaan dengan cepat.

Blog tetap butuh waktu dan melewati proses untuk bisa berkembang dan menjadi seperti yang kita mau.

Keduanya butuh kesabaran.

Baca juga : Hindari Mentalitas Instan Dalam Dunia Blogging

Butuh Konsistensi :

Hari ini disiram, kemudian satu bulan lebih dibiarkan. Bisakah tanaman hias hidup dengan cara demikian? Kemungkinan besar akan mati karena kekeringan.

Hari ini dipupuk, kemudian 6 bulan didiamkan, apakah daunnya akan tumbuh semakin besar? Kemungkinan besar tidak juga.

Mengurus tanaman hias butuh konsistensi.

Blog pun sama saja. Hari ini diupdate dengan posting 20 ribu kata, kemudian 3 bulan kemudian baru ada lagi artikel. Maukah pengunjung bertahan dan menunggu selama itu? Ya tidak juga. Pilihan banyak kok, ngapain juga harus menunggu yang tidak jelas.

Hari ini semangat blogwalking untuk promosi ke 100 blog dan berhasil. Pengunjung bertambah. Kemudian, 6 bulan blogwalking tidak dilakukan, pengunjung akan meningkat? Maybe no.

Tujuan blogwalking sebagai promosi salah satunya adalah mengingatkan orang lain bahwa blog kita ada.

Dan, harus dilakukan secara konsisten, bila mau blognya semakin dikenal orang. Kalau tidak , ya terserah kamu.

Butuh Makan :

Makanan tanaman hias itu air , pupuk, dan unsur hara. “Makanan” blog adalah konten baru karena pengunjung menyukainya. Semakin banyak pengunjung menyukainya blog akan semakin berkembang.

Tanaman tidak diberi air, pupuk, dan diganti media tanamnya akan sengsara hidupnya. Blog tanpa konten baru seperti masuk rumah lama nan lapuk.

Masing-masing membutuhkan “makanan” yang harus diberikan secara rutin.

Butuh dipoles :

Semua suka yang cantik-cantik karena cantik itu enak dilihat. Itulah mengapa untuk tanaman hias sering yang punya membelikannya pot keramik baru, kemudian daunnya dilap dengan pemoles daun.

Semua supaya tanaman itu enak dilihat.

Blog juga sama.

Kalau tampilannya tidak dirawat, diperbaiki, dan dijaga, yang melihat juga sebal. Broken link bertebaran disana sini, konten yang isinya cuma sponsored post atau content placement saja memberikan “tampilan” buruk bagi yang melihat.

Keduanya sama-sama butuh dipoles supaya tampil prima di hadapan orang lain.

Baca Juga : Membeli Artikel Dan Menerbitkannya Atas Nama Kita, Etis Kah?

—–

Blog dan tanaman hias, keduanya butuh perhatian, butuh dirawat.

Jangan berharap pernah berharap mereka bisa “tumbuh” subur kalau kita tidak mau meluangkan waktu untuk merawatnya.

Padahal, pada akhirnya, kalau bak blog atau tanaman hias kalau bisa tumbuh subur mereka bisa mendatangkan rejeki bagi pemiliknya.

Yuk Berbagi....

2 thoughts on “SAMA! Konsep Dasar Mengurus Blog Dan Merawat Tanaman Hias”

  1. Setujuuuuu sekali :D. Intinya adalah konsisten :D.

    Walopun untuk tanaman aku blaaaasss ga sabar dan ga telaten, tapi blog buatku kayak obat yang harus rutin diminum supaya semangat. Jadi pasti ga bakal tersia2 :D. Berusaha untuk nulis tiap hari kayak mas Anton, rasanya aku blm bisa. Tapi aku slalu usahakan dalam 2 Minggu pasti ada tulisan baru.

    Hanya saja kalo BW aku memang tiap hari sih, karena ini msk dalam jdwal membaca yg waktunya aku bikin 3 jam sehari hahahahha. Kalo hanya membaca novel 3 jam aku bosen. Jd diseling Ama membaca tulisan temen2 lwt blog. Syukur2 ada yg mau kunjungan balik, setidaknya biar blogku juga dikenal. Sadar diri aja, bukan selebriti yg mana blognya ga usah disebar kemana2 pengunjung tetep datang 😅.

    Reply
    • Hahahaha… justru bagus ngurus tanaman.. belajar sabar tingkat tinggi.. wakakakakak ga bisa diatur dan tanpa bicara..

      Tapi kupikir kau sudah punya rutinitas dan tahu mau dibawa kemana blogmu. Beda dengan rutinitas ku cuma, sudah terbentuk dengan baik menurutku sih.

      Kalau aku selama ada yang “bening-bening” kayak si guide dan asistennya itu, pasti berkunjung.. wakakakak..

      Kalau dulu aku baca novel, belum tamat belum berenti. Cuma sekarang saja sudah setop karena mata ga kuat kalau baca sepanjang itu..hikkss

      Reply

Leave a Comment