Ketika Judul Sudah Bercerita Banyak – Daily Mail

Selamat Siang Kawan MM!

Judul sebuah artikel itu penting. Bagian awal pembuka ini harus bisa memberitahukan kepada calon pembaca tentang apa yang mereka akan temukan saat membuka sebuah konten.

Begitulah judul yang baik seharusnya.

Masalahnya, bukan perkara mudah untuk bisa menampilkan inti dari sebuah tulisan yang punya ratusan bahkan ribuan kata dalam jumlah kata yang terbatas sekali.

Menurut Yoast, judul yang SEO Friendly (Ramah Mesin Pencari) itu harus berada dalam lingkup 600 pixel. Kalau diterjemahkan dalam karakter (huruf) hanya berkisar antara 50-60 karakter saja.

Pusing? Pastinya.

Membuat judul adalah salah satu bagian tersulit saat membuat sebuah artikel.

Tapi, tidak buat Daily Mail, salah satu koran tertua di Inggris.

Koran yang didirikan oleh Lord Northclife dan pertama kali terbit di tahun 1896 ini memiliki cara tersendiri dalam membuat judul.

Alih-alih membuat judul pendek menyesuaikan dengan mesin pencari, mereka justru “seperti” memasang satu paragraf full sebagai headline mereka.

Tidak percaya? Lihat sendiri di bawah ini.

Ketika Judul Sudah Bercerita Banyak - Daily Mail
Ketika Judul Sudah Bercerita Banyak - Daily Mail

Pasti pembaca sudah lebih paham apa yang mereka akan temukan di dalam artikelnya. Sulit untuk tidak paham kalau intinya sudah dituliskan dengan begitu gamblang dalam banyak kata.

Meski ternyata, dalam banyak artikel Daily Mail masih menambahkan dengan poin-poin lain seperti daftar isi.

Itu hanya untuk bagian headline.

Untungnya, konten koran ini biasanya lebih panjang daripada judulnya. Setidaknya pembaca tidak akan merasa tertipu.

Silakan cek DailyMail untuk melihat langsung.

Agak berbeda dengan website satu lagi yang juga menggunakan teknik yang sama. Blognya Linda Ikeji.

Judulnya juga tidak biasa dan lumayan panjang, meski tidak sepanjang Daily Mail, tetapi isinya kadang singkat sekali dan kalah panjang dari judulnya.

Blog Linda Ikeji

Apa yang hendak ditunjukkan oleh konten ini?

Hanya hal kecil saja, bahwa seringkali kita terpaku pada berbagai teori SEO yang diindoktrinasikan oleh para blogger tutorial dan internet marketer. Kita juga terpaku pada menyenangkan mesin pencari Google saja dan menuruti “titah” mereka.

Padahal, banyak jalan lain untuk menjadi unik dan menarik kalau kita mau melepaskan belenggu pemikiran seperti itu.

Baca juga : Tidak Perlu Mempelajari dan Memahami Algoritma Google

Buktinya kedua website yang kelihatan aneh tersebut tetap bisa berhasil menarik pembaca. Bahkan, melebihi mereka yang terlalu banyak berteori.

Coba saja tanyakan penghasilan Linda Ikeji dibandingkan para internet marketer Indonesia yang banyak cuap-cuap soal SEO. Besar mana penghasilannya?

Sudah tahu kan jawabannya?

Yuk Berbagi....

10 thoughts on “Ketika Judul Sudah Bercerita Banyak – Daily Mail”

  1. Setelah saya cek Google, ternyata penghasilan Linda Ikeji itu mencapai 1 miliar per bulan, lebih tinggi dari gaji anggota DPR ya bahkan gaji resmi presiden Indonesia juga kalah.

    Kirain aku Ikeji itu nama Jepang, eh ternyata blogger dari Nigeria.😅

    Jadi intinya jangan terlalu terpaku pada kaidah SEO ya. Daily mail dan Linda Ikeji sudah membuktikan tanpa terlalu terpaku pada SEO blog mereka tetap ramai.

    Reply
  2. Judul saya pendek pendek mas hahaha jauh dari kaidah SEO 😂 saya kasih judul pendek biar muat di box-nya. Maklum anaknya visual banget, jadi yang diutamakan justru estetikanya 🙈

    Reply
  3. Aku tuh paling galau kalo udah mikirin bikin judul mas :p. Susah loh itu, walo terlihat gampaaaang yaaa :p. Bikin judul yg unik, menarik dan bikin pembaca tertarik. Kadangpun kalo udh mentok, ya udahlaaah, cari yg pendek aja hahahaha. Yg penting ga dianggab clickbait :D.

    Reply
    • Kayaknya semua blogger akan galau Fan kalau soal judul.. hahahah.. saya sih setiap kali juga bingung soal ini..

      Juga aku malah bingung kalau disuruh ngasih judul kayak gini mah.. wakakakaka.. Judul-judulmu bagus kok menurutku menarik sejak di awal.

      Reply

Leave a Comment