Buat Tulisanmu Berbeda, Meski Sedikit – James Altucher

Bukan karena yang mengatakan sudah pernah bekerja sama dengan media-media besar, tetapi apa yang dikatakan James Altucher ini memang sesuai dengan pikiran saya.

Sebagai seorang marketer, saya dilatih dan diajari untuk berusaha menampilkan sesuatu yang “berbeda”, padahal produknya tidak berbeda dengan yang beredar.

Kalau susah membayangkan tentang hal ini, coba bayangkan saja, ada 3 wanita cantik dengan pakaian yang sama persis dari atas ke bawah. Dandanan rambut juga sama.

Tapi, wanita ketiga memakai topi. Perbedaannya hanya kecil saja, tetapi tidak akan heran kalau wanita ketiga akan mendapat lirikan paling sering dan paling banyak.

Semua itu karena “topi” itu membuatnya lebih menonjol dari yang lain.

Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan si James tadi

“Read quality, all the time, every day. Then write. And make sure you’re writing something that – even just a little bit – is different from something anybody else has ever written. Or you say something in a different way.” 

James Altucher

Terjemahan

“Baca kualitas, setiap waktu, setiap hari. Kemudian tulis. Dan, pastikan kamu menulis yang – meski hanya sedikit – berbeda dari yang sudah ditulis orang lain. Atau, kamu mengatakan sesuatu dengan cara yang berbeda

James Altucher

Pandangannya, memang tidak salah sama sekali.

Apa sih yang belum ditulis oleh orang lain? Menemukan sesuatu yang “baru” dan benar-benar belum ditulis oleh orang lain di masa sekarang itu sulit. Bisa dikata, semua hal sudah dibahas, bahkan ratusan atau ribuan kali oleh pendahulu kita.

Lalu, bagaimana membuat kita bisa menonjol dibandingkan semua itu?

Ya caranya dengan membuatnya “berbeda”. Tidak baru, tetapi berbeda.

  • Misalkan saja, sebuah topik sudah biasa ditulis dengan cara tutorial, jangan lagi membuat tulisan bersifat tutorial. Buat misalkan sebagai tulisan argumentatif.
  • ambil sudut pandang yang berbeda. Misalkan, banyak blogger di Indonesia membahas tentang pentingnya spam score, blog MM malah kebalikan, spam score dibahas dari sudut betapa tidak pentingnya spam score sebenarnya.
  • mayoritas menyukai cara tutorial, tetapi saya lebih suka mengajak ngobrol dan berpikir

Dan, masih banyak cara yang lain.

Yang penting seorang blogger memang harus banyak membaca supaya ia tahu “kecenderungan” atau tren. Pengetahuan ini kemudian bisa dipakainya untuk mengambil langkah yang berbeda dari keumuman.

Dan, sikap seperti itu biasanya akan bisa membuatnya terlihat “berbeda”, meski sebenarnya topik yang dibawakan sama saja.

Jadi, siapa yang setuju sama pendapat si James ini?

Kalau saya, dalam hal ini, memang sepakat sekali alias setuju, pakai bingit.

2 thoughts on “Buat Tulisanmu Berbeda, Meski Sedikit – James Altucher”

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.