Kangen Ngeblog? Mau Tahu Yang Harus Dilakukan?

Kangen Ngeblog - Mau Tahu Yang Harus Dilakukan

Pagi-pagi mengisi masa libur dengan berkeliling ke beberapa blog yang dulu saya kenal menghasilkan sebuah temuan, yang tidak istimewa. Beberapa kawan lama mengatakan bahwa mereka kangen ngeblog.

Rupanya, selama saya hiatus atau cuti dari dunia blog, lumayan banyak kawan juga yang melakukan. Cuma alasannya saja yang mungkin berbeda.

Namun, ada yang membuat saya tersenyum juga membaca pernyataan kawan-kawan tersebut. Ada ketidaksinkronan atau bahasa kerennya paradoks antara yang diungkapkan dan yang dilakukan.

Semua itu karena, meski mengetahui mereka mengatakan kangen ngeblog, tetapi tetap saja blognya tidak ada isi yang baru. Kalaupun ada hanya 1 setiap bulan.

Bagi saya yang seperti itu adalah paradoks, pertentangan yang jelas sekali. Untuk menghilangkan kangen, yang menandakan adanya kebutuhan, yang perlu dilakukan adalah memenuhi kebutuhan tersebut.

Kalau kangen ngeblog, ya selesaikan dengan ngeblog. Mulai kembali menulis dan berinteraksi dengan blog dan dunianya.

Tidak ada larangan. Tidak ada yang akan menghambat. Yang perlu dilakukan hanyalah

  • duduk di meja
  • buka komputer, baik laptop atau desktop
  • buka catatan id dan password untuk login ke blog
  • dan, mulai menulis lagi

Tidak perlu berpikir terlalu banyak tentang apa yang harus ditulis. Jangan pedulikan juga kemungkinan tulisan dibaca atau tidak. Tidak perlu pusing dengan gaya penulisan yang mau dipakai. Jangan pusing dengan jumlah kata yang harus dikeluarkan.

Biarkan saja tulisan mengalir dengan sendirinya dan sebebas-bebasnya.

Bukankah yang terpenting adalah memenuhi dan menuntaskan rasa kangennya? Mengapa harus berpikir tentang hal yang lain?

Itu yang saya lakukan setelah kembali dari masa hiatus beberapa bulan yang lalu. Saya menulis apa saja yang terlintas di kepala.

Ada yang membaca syukur, tidak ya tidak masalah juga. Yang terpenting bagi saya adalah menyalurkan rasa kangen berada dekat dengan blog dan beraksi kembali sebagai blogger.

Perlahan, kemudian saya merasa semua kembali. Saya mulai menjadi blogger kembali seperti sebelum masa hiatus tiba.

Oleh karena itulah, agak membingungkan untuk saya mengetahui ada yang kangen, tetapi membiarkan rasa kangen itu tidak dituntaskan. Padahal tidak ada masalah atau hambatan untuk melakukannya.

Mungkin, sebenarnya, yang mengatakan itu tidak benar-benar merasa kangen.

Iya nggak sih?

4 thoughts on “Kangen Ngeblog? Mau Tahu Yang Harus Dilakukan?”

  1. Halo mas. Blogsphere sepi mungkin pada pindah ke medsos. Biasa orang cari yang rame. Mungkin lebih butuh interaksi daripada menulis. Kecuali memang aslinya lebih suka nulis.

    Reply
  2. wkwkwkwkwkwkwkw…. saya bahkan pengen nulis kangen ngeblog, ketika beberapa hari di akhir tahun agak kesulitan cari waktu ngeblog.

    Tapi belom sempat nulis kangen, eh udah nulis update di blog aja 😀

    Tapi setuju sih, mungkin kebanyakan orang tidak benar-benar suka menulis, ditambah sekarang ini, udah banyak yang lebih suka video, jadinya sekrol TikTok seharian dan ngabisin waktu nggak kerasa hahaha.

    Reply
    • Yup.. euphoria ngeblog saja ketika berinteraksi dengan sesama blogger lain menjadi begitu menyenangkan.

      Kalau saya sih memang pada dasarnya lebih fokus dan suka ngeblognya, meski juga menikmati interaksi dengan kawan kawan blogger, tetapi fokusnya tetap pada menulisnya

      Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.