Peringkat Alexa Naik, Malah Tambah Bingung

Selamat Menjelang Tengah Malam Kawan MM?

Sharing sedikit tentang pengalaman mengamati peringkat Alexa setelah migrasi dari Blogspot ke WordPress.

Saya prediksi, ranking Maniak Menulis akan drop lumayan jauh. Mau tidak mau karena trafik berkurang drastis, terutama yang dari mesin pencari. Banyak broken link, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya dan error 404 (laman tidak ditemukan) pasti banyak.

Masih ditambah berbagai masalah teknis yang belum selesai.

Jadi, bahkan sebelum migrasi pun, saya sudah prediksi akan drop di segala sisi, termasuk si peringkat Alexa ini.

Cuma, justru setelah beberapa minggu, peringkat Alexa malah menunjukkan perbaikan stabil. Sampai kurang lebih 150.000 – 200.000-an.

Peringkat Alexa Naik Malah Tambah Bingung A

Kenapa?

Dugaan karena saya semakin banyak mengupdate blog secara bertubi-tubi setiap hari. Juga, hasilnya komentar juga makin banyak yang masuk dan waktu pengunjung di blog semakin lama (karena juga meningkat).

Cuma, hasil seperti itu malah bikin bingung saya. Lebih dari kebingungan mengatasi masalah broken link yang daftarnya panjang.

Bingungnya karena, lalu harus diapain kalau peringkat Alexa sudah meningkat seperti itu? Bagaimana cara memanfaatkannya?

Baca juga : Renungan Dari Eno : Apakah Blogwalking promosi?

Ada yang bisa kasih saran?

Yuk Berbagi....

6 thoughts on “Peringkat Alexa Naik, Malah Tambah Bingung”

  1. Ini sepertinya mba Rey, yg pernah bahas tentang Alexa di tulisan2 lamanya :).

    Aku sendiri ga terlalu ngikutin angka2 Alexa ato DA PA dan lainnya, secara menulis blog ini hanya utk hobi dan supaya aku ga lupa dengan semua perjalanan trip yg udah dilakuin. Ga kepengen memonetisasi blogku, makanya aku ga prnh cari tahu angka2 yg biasa dipikirin banget Ama blogger yg memang cari duit dari sana :).

    Kalo komen2 dari para ahli blogger udah banyak ttg kegunaan Alexa ini, ntr aku ikutan baca lagi mas :).

    Reply
    • Mari kita tunggu Fan.. Soalnya saya juga tidak memonetisasi blog dengan cara content placement atau yang lain. Jadi, saya bingung apa gunanya peringkat Alexa (dan malah nggak mikirin sebenarnya).

      Jadi saya mau tunggu arahan deh dari yang lain

      Reply
  2. Wah, ini Alexa dari pas jaman kapan sampai sekarang belum pernah saya pelajari untuk digunakan buat apa atau efeknya kayak gimana kalau naik-turun. Sama halnya dengan DA/PA dan berbagai metrik lainnya yang sudah mulai saya abaikan. Mau dibilang penting, ya memang penting. Ada banyak argumen yang bisa dirujuk untuk itu. Mau dibilang gak penting juga, ya memang gak penting karena siapapun boleh gak peduli dan itu gak masalah. Jaaaadiii aaapaaaaa…prok..prok.prook…

    Reply
    • Pasti “penting” bagi sebagian kalangan mas.. Justru saya lagi ingin tahu bagaimana cara memanfaatkannya Soalnya saya sendiri nggak tahu..hahaha..

      Saya memang tukang ngulik mas.. jadi kalau penasaran tentang cara kerja sesuatu, saya akan pelajari. Kalau ke bengkel saja, saya nggak bisa diam, dan lebih suka memperhatikan montir bekerja. Pingin tahu..

      Reply
      • Kalau Alexa, saya memang belum pernah pelajari kayaknya. Lain halnya dengan metrik dari MOZ, Ahrefs, Semrush dan lain sebagainya yang bisa jadi daya tarik bagi pemburu backlink dan juga sumber penghasilan bagi blogger.

        Sosiago.id misalnya yang menjembatani brand yang pengen naruh backlink sekaligus nge-boost brand/product awarenessnya lewat content placement akhirnya ketemu dengan banyak pilihan blog yang bisa membantu untuk itu. Yang biasanya ketentuannya blog (katakanlah) minimal punya DA dengan skor 10. Atau rajabacklink.com yang beberpa media besar tanah air jualan juga disana.

        Tapi khusus untuk Alexa Rank, entah kalah saing sama MOZ atau yang lainnya atau gimana, sepertinya popularitasnya gak seperti dulu lagi yang sering banget dijadikan tolok ukur terutama dalam kaitannya dengan software SEO. Entahlah. Di forum seperti blackhatworld juga kayaknya sangat sedikit webmaster yang membahas tentang Alexa meskipun masih tetap ada juga yang menyebutnya. Tapi entah, saya juga belum ngerti karena belum mempelajarinya 😀 😀 😀

      • Betul mas.. kalau DA dan PA sendiri punya pasar yang termasuk fanatik. Disana kelihatan fungsinya dalam hal monetisasi.

        Cuma memang belakangan semakin bingung kalau soal Alexa karena sepertinya semakin tidak dipertimbangkan. Tapi, mungkin itu karena saya tidak tahu saja mas.. Makanya pingin tahu, kira-kira cara memanfaatkannya

Leave a Comment