Mau Leluasa Merubah Tampilan Blog? Pakai WordPress!

Bukan promosi! Tulisan ini bukan untuk mengajak para Blogspot-er untuk berpindah ke lain hati, si WordPress. Sekedar untuk mengungkapkan “opini” saja tentang dua CMS paling populer di dunia dan kerap dibandingkan.

Salah satu alasan mengapa semua blog di dalam jaringan Lovely Bogor Network, sejak kemarin seluruhnya sudah dipindahkan ke WordPress Self Hosted adalah karena keleluasaan yang diberikan WP untuk merubah tampilan blog.

Maklum, setiap blog memiliki tema dan topik yang berbeda. Jadi, mau tidak mau tampilan blog pun harus dibedakan untuk menyesuaikan dengan ide dan topiknya. Entah dari segi warna, cara menampilkan post di homepage, sampai bagaimana image ditampilkan diusahakan sesuai dengan ide.

Hal itu sulit dilakukan dengan sifat “fixed” yang diusung Blogspot. Sebuah template, kecuali orangnya mengerti dan paham coding, sulit diubah. Template terbaik untuk melakukan modifikasi adalah “bawaan” dari blogspot karena tidak perlu terlalu banyak masuk ke dalam halaman HTML (Coding).

Perubahan pada tampilan di Blogspot sama artinya dengan harus mengganti templatenya.

Berbeda dengan di WordPress.

Perubahan wajah sebuah blog bisa dilakukan bahkan tanpa harus mengganti template (atau theme dalam dunia WP). Semua itu bisa terjadi karena ketersediaan plugin (tool tambahan) yang banyak disediakan, baik gratis atau berbayar.

Contoh fleksibilitas itu bisa dilihat di bawah ini.

Mau Leluasa Merubah Tampilan Blog Pakai WordPress
Si Anton
Lovely Bogor
Lingkungan Hidup
Maniak Potret
Maniak Menulis
Celoteh Hijau

Ini sebagian blog yang saya kelola di bawah jaringan Lovely Bogor Network. Masih ada beberapa lagi yang tidak ditampilkan disini.

Percayakah kalau saya bilang bahwa semua tampilan itu dibuat hanya dengan satu theme/template saja?

Percayakah kalau saya sebut bahwa mengerjakannya hanya dalam 2 hari saja untuk 6 blog? (Itupun diseling dengan mengantar istri, nyapu, ngepel, dan membereskan rumah)

Percayakah kalau saya sebutkan bisa membuat 100 tampilan berbeda lainnya dengan template yang sama?

Percayalah, saya bisa!

Bukan sombong, tetapi karena itu kenyataannya. Template yang dipergunakan adalah Generatepress dan fiturnya belum semua yang dipakai. Bahkan, saya hanya memakai fitur basic saja. Belum semua.

Bila ditambahkan dengan plugin page builder lain, seperti Elementor, batasannya menjadi lebih luas lagi.

Tidak “fixed”.

Dan..

Saya tidak perlu sama sekali masuk ke dalam halaman coding dan belepotan dengan barisan kode-kode di dalamnya. Cukup drag and drop, klik tombol sana dan sini, kemudian lihat previewnya di Customizer.

Bahkan, saya bisa membuat halaman homepage yang berbeda tampilan dengan halaman biasa. Kalau mau, antara halaman baca pun bisa berbeda satu dengan yang lain.

Mau background halaman dan menu berbeda, saya tidak repot sama sekali harus mencari kode warna di tumpukan syntax ala Blogspot. Cukup lihat palet warna, pilih, pertimbangkan apakah sesuai selera dan klik OK.

Cukup satu template.

Itulah salah satu kelebihan dan kekuatan WordPress yang sepertinya tidak bisa disaingi oleh Blogspot.

User friendly dan fleksibilitas.

Sesuatu yang akhirnya mendorong saya untuk memindahkan semua blog dari Blogspot ke WordPress.

Keleluasaan yang di kemudian hari akan bermanfaat untuk digunakan untuk berkembang di masa depan. Mungkin tidak dipergunakan sekarang, tetapi “who knows?” Kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan.

Mungkin saja saya ingin mendirikan forum Maniak Menulis? Bisa juga mendirikan toko berbasis ramah lingkungan?

Jadi, kalau memang ada yang menginginkan keleluasaan dalam merubah tampilan blog, yah, pakai WordPress.

Itu pendapat saja.

4 thoughts on “Mau Leluasa Merubah Tampilan Blog? Pakai WordPress!”

  1. lah iya langsung kolom komentarnya berubah heheh

    ini saya pasti berubah tapi nunggu tahun depan sesuai rencana kerja kemarin
    nunggu anak-anak les libur pak heheh

    memang banyak fleksibilitas yang bisa dilakukan jika pakai wordpress
    dan utak-atik tampilan adalah salah satunya
    dan menurut saya lebih elegan
    makanya pas dikasih tawaran temen apakah mau ganti ke WP ya jelas mau
    sambil proses berjalan, saya belajar dulu deh

    Reply
  2. Memang keren temanya kang, kbtulan blog saya baru aj pakai generatepress kembali (yg dibeli brp tahun lalu) setelah cukup kecewa dengan kecepatan tema Newsmag yg di anak tirikan sma Tag*iv dan sudah setengah tahun gk diupdate” hehe

    Reply

Leave a Comment