Performa Blog Membaik Memasuki Masa New Normal

Pandemi Covid-19 memang berimbas pada semua sisi kehidupan. Bukan hanya pada kehidupan di dunia nyata tetapi juga pada dunia maya.

Salah satu yang juga terkena dampak kehadiran sang virus, entah disadari atau tidak adalah performa blog. Tidak terhitung blogger atau webmaster di dalam dan luar negeri yang mengeluhkan betapa drastisnya penurunan trafik pengunjung ke blog yang mereka kelola.

Penghasilan dari iklan pun setali tiga uang. Menukiknya pendapatan juga terjadi dimana-mana. Bukan hanya blogger sebenarnya, tetapi juga youtuber, vlogger, atau influencer.

Hal yang memang bisa diprediksi mengingat sang virus memaksa orang lebih banyak berdiam di rumah, menahan diri untuk tidak berbelanja, dan tidak melakukan kegiatan apapun. Semua akan memberikan efek bagi bisnis dimanapun, termasuk para pengiklan.

Memang, tetap ada sebagian yang merasakan kenaikan performa, tetapi tidak sebanyak yang mengalami penurunan drastis.

Lovely Bogor Network sendiri mengalami penurunan performa yang sangat parah. Setelah di awal tahun dihantam algoritma baru Google, pada awal Maret kembali dihantam oleh perubahan yang terjadi akibat sang Covid.

Sampai dengan awal Juni kemarin, situasinya masih sangat buruk karena secara total trafik pengunjung hanya tersisa 30% saja dari posisi awal tahun. Kondisinya membuat saya seperti dibawa kembali ke tahun pertama menjadi blogger.

Rusak berat.

Tapi, saya menyadari bahwa semua itu bersifat “sementara” saja. Blog, meski berada di dunia maya adalah representasi masyarakat di dunia nyata. Oleh karena itu, sejak awal saya memprediksi bahwa di saat situasi kembali “normal”, atau ketika masyarakat kembali beraktivitas, situasinya akan membaik kembali.

Dan, hal itu terbukti sejak PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Indonesia “dilonggarkan”. Banyak yang memakai istilah “New Normal” untuk masa tersebut, walau pemerintah menyebutnya PSBB Transisi.

Grafik dari beberapa blog di jaringan Lovely Bogor mencerminkan pergerakan ke arah perbaikan dalam beberapa hari setelah New Normal dimulai, seperti di bawah ini (dari Google Search Console)

Performa Blog Membaik Memasuki Masa New Normal
grafik lovely Bogor
Performa Blog Membaik Memasuki Masa New Normal
Grafik Umum Sekali

Dari kedua grafik itu terlihat bahwa penurunan terjadi di awal Maret, saat dimana pertama kali kasus Corona pertama diumumkan pemerintah. Penurunan terus terjadi dan kemudan stabil naik turun  selama WFH digaungkan.

Situasi berubah drastis ketika masa New Normal didengungkan pemerintah. Rupanya kebutuhan akan informasi berbagai hal meningkat, salah satunya adalah informasi tempat wisata.

Sangat bisa diharapkan bahwa situasi akan terus membaik dalam beberapa hari ke depan untuk kebanyakan blog. Meski, sebaliknya, yang selama ini mendapatkan limpahan pengunjung mungkin akan mengalami masa penurunan.

Penghasilan iklan pun mulai beranjak dari titik terendah selama ini. Memang, masih jauh sekali dari normal karena rusaknya perekonomian dan bisnis tetap akan memberikan imbas negatif. Banyak pengiklan memilih menahan diri seiring kecenderungan masyarakat untuk menahan diri dan tidak berbelanja.

Tetapi, CPC, RPM, dan lain sebagainya menunjukkan peningkatan yang lumayan dibandingkan pada masa PSBB. Pergerakan angka sudah beranjak dari titik terendah dan mulai memperlihatkan kecenderungan menanjak.

Tentunya hal ini berkaitan dengan situasi yang berkembang dimana masyarakat perlahan tapi pasti mulai lagi berbelanja bukan hanya kebutuhan dasar saja. Mereka mulai mengeluarkan uang untuk kebutuhan sekunder dan tertier juga.

Buat youtuber, mungkin situasi akan berbeda. Selama ini banyak anggota masyarakat yang mencari hiburan tambahan karena waktu luang yang banyak selama WFH, tetapi dengan banyaknya orang yang mulai bekerja di kantor dan bisa keluar rumah, rasanya banyak channel akan mengalami penurunan trafik.

Situasi akan beranjak kembali “normal”, tetapi sepertinya juga tidak akan kembali pada “normal” seperti sebelum ada si Covid. Posisi normalnya akan berubah menyesuaikan dengan “normal” pada tatanan kehidupan baru yang terbentuk karena Corona.

Bersiap untuk kembali memproduksi tulisan kawan dan selamat memasuki masa New Normal.

Yuk Berbagi....

14 thoughts on “Performa Blog Membaik Memasuki Masa New Normal”

  1. Yey, selamat memasuki era new normal life😁. Banyak yang butuh infotmasi tempat wisata, karena saya duga mereka pasti pada stress di rumah aja dan butuh piknik. Kurang piknik gitu lah, saya juga termasuk. Tapi saya di rumah aja udah happy, asal internet lancar jaya😁.

    Reply
    • Semoga semua semakin membaik yah… Bukan cuma blognya saja tetapi kehidupan di Indonesia juga bisa kembali pulih seperti sediakala

      Reply
  2. Kalo blog saya sepertinya tidak terlalu berpengaruh pak, pengunjungnya masih biasa saja karena pengunjung organik dari google jarang sekali.😃

    Kalo rajin BlogWalking maka ramai, kalo sedang sibuk dan tidak blog walking ya sepi.😄

    Reply
  3. kereeenn ih Pak.
    Btw yang lovelybogor itu banyakan info buat yang traveling gitu ya, makanya agak turun?

    Kalau saya malah sebelum PSBB turun, dan Alhamdulillah naik sejak awal Juni.
    Saya juga baru ngeh setelah baca ini dan saya buka google console 😀

    Dan saya juga baru ngeh, udah lama dong nggak pernah ngecekin trafik lagi, kecuali trafik postingan berbayar yang memang diminta laporannya hahaha.

    Mungkin karena sebelumnya bete liat trafik segitu-segitu aja, pas liat sekarang, makin semangat lagi 😀

    Btw, saya bahkan nggak ngeh sama sekali dengan laporan adsense, cpc dan semacamnya itu, kayaknya kudu utak atik cari tahu nih, biar duit adsense bisa dipetik, secara nggak ada naik-naiknya hahahahaha

    Reply
    • Iya sebenarnya sejak WFH malah ga lihat sama sekali karena sudah yakin turun drastis.

      Blog utama Lovely Bogor kan bercerita tentang Bogor dan Bogor Kota Wisata, jadi mau tidak mau memang kebanyakan yang nyari info itu terkait wisatanya. Otomatis begitu PSBB, ya ambrol semua.

      Beberapa tentang lingkungan dan pelajaran sekolahan, padahal sekolah libur semua. Juga ambrol.

      Semuanya karena bukan blog personal yang pengunjungnya bersifat loyal, juga kena imbas.

      Baru kemaren saja, ketika merhatiin trafik, terbukti bahwa PSBB itu berpengaruh pada blog jenis yang saya punya

      Hahahaha… jangan cek Adsense dulu lah, sudah pasti bakalan bikin nelongso karena terimbas Corona juga

      Reply
  4. Saya lihat trafik cuma yang di blogger itu saja mas sesekali di klik 😂 jadi nggak tau perkembangannya. Sepertinya sama segitu segitu saja jumlah pengunjungnya 🤭 hihihi. By the way saya lagi suka banget baca blog mas Anton yang satu lagi 🙈 terus jadi penasaran blog itu besar nggak trafiknya kalau dibandingkan blog yang Maniak Menulis? 🤩

    Ps: selamat menjalani new normal mas Anton semoga selalu sehat, ya 😁 baik jiwa raganya juga trafik blognya 😆

    Reply
    • Wakkkss… blog yang satu lagi itu mah bener-bener ga tau karena tidak dikoneksikan dengan Google Analytics. Blog si Anton bakalan dilepaskan dari urusan data statistik yang sebenarnya menyebalkan karena kadang bikin kecanduan. Niatnya emang ditujukan sekedar untuk refreshing saja, jadi ga mau pusing.

      Untuk sementara ini Maniak Menulis masih di atas Blog si anton itu. Soalnya MM mendapat trafik lumayan juga dari mesin pencari. Umurnya juga sudah lebih lama.

      PS. Selamat menjalani masa yang lebih baik juga mbak Eno, semoga mbak dan si kesayangan juga selalu dalam lindungan NYA yah dan selalu bisa terus menginspirasi orang.

      Reply
  5. Wih kesempatan bagi saya sebagai blogger baru untuk makin giat menulis, biar pas new normal trafik ikut naik. hehe

    Reply
  6. sampe detik ini aku belum berhasil connect-kan blog ke GA, ke GSC juga belum diutak atik, udah ngikutin caranya di blog blog orang orang, kok tetep ga kebaca. aku biarin aja dulu hehehe
    jadi nggak bisa baca traffic beginian
    semoga meskipun kondisi wabah seperti ini, trafic blog terus meningkat ya pak anton, pendapatan online juga makin baik

    Reply
    • Aaamiinn..

      Kayaknya sih lebih enak tanpa mikirin data dan statistik Ainun. Bebas lepas ga kecanduan.

      Memang Ainun pakai blogspot atau wordpress?

      Reply
  7. Aku mikirnya kondisi orang2 banyak #dirumahAja, banyak orang yg ngisi waktu dg browsing2 dan view bertambah. Ternyata malah berkurang drastis ya. Mungkin karena mengulas tempat wisata dan sedangkan kondisi sekarang orang kan lagi ga bisa kemana2 ya..
    Klo aku view blog ya segitu2 nya aja 😅 Ga Pro kayak Mas Anton. Lebih buat nyalurin hobi nulis aja. Hehehe.
    Semoga dg kondisi yg semakin membaik, performa blog Mas Anton makin kinclong yaaa..

    Reply
    • Iyah.. saya pikir karena temanya pas dengan tema yang tidak bergerak saat PSBB, jadi malah drop.

      Kata siapa saya pro.. hahaha.. saya mah iseng iseng berhadiah saja.

      Semoga juga situasi membaik membawa dampak baik bagi semua ya Thessa

      Reply

Leave a Comment