MOVFREAK – Blog Ulasan Film Yang Buat Rasyid Harry Seperti Maniak

MOVFREAK – Blog Ulasan Film Yang Buat Rasyid Harry Seperti Maniak

Cerdik. Penggunaan kombinasi dua kata pada nama blognya Moffreak, “movie” (film) dan “freak” (orang sinting/aneh tetapi bisa berarti maniak), sejak awal sudah memberikan gambaran kepada pengunjung tentang yang akan ditemui dalam blog ini. Kecuali tidak pernah belajar Bahasa Inggris, hampir tidak mungkin, pengunjung akan berpikiran tentang hal lain, kecuali film.

Sesuai dengan dua kata asli pembentuk nama blog ini, movie dan freak, yang bisa diartikan sebagai orang yang terobsesi pada film, blog karya Rasyid Harry ini memang berisi ulasan/kritik tentang film dan kalau melihat banner yang terpasang di sidebarnya, hal tersebut terkonfirmasi. Banner yang terpasang di sidebarnya bertuliskan “Member of IDFC atau Indonesian Film Critics yang artinya Kritik Film Indonesia.

Jadi, bila Kawan MM penggemar film bisa beradu pendapat tentang penilaian film dengan yang satu ini. Bisa dikata, yang dituliskan dalam posting di blog ini bukanlah ulasan, yang bercerita atau mengulas, bahkan memberi spoiler, tentang sebuah film seperti yang banyak dilakukan oleh blog para pengulas film lainnya.

Artikel di blog ini lebih menekankan pada penilaian subyektif dari bloggernya terhadap sebuah karya film. Bukan sekedar ulasan.

Di setiap posting, selain filmnya sendiri, sang blogger juga menuliskan pengetahuan dan informasi terkait aktor, sutradara, atau bahkan filosofi yang dianut oleh pembuat film tersebut. Sesuatu yang menunjukkan bahwa pengetahuannya tentang perfilman termasuk luas juga (apalagi kalau dibandingkan saya).

Beberapa hal yang menarik dari blog Movfreak ini adalah ulasan atau kritiknya yang to the point dan singkat saja. Caranya ini membedakannya dari kebiasaan blog ulasan film yang terkadang berpanjang-panjang. Dalam satu tulisan, kritik diungkapkan dalam artikel dengan jumlah kata berkisar 300-500 kata saja maksimum. Sekilas kritik yang diberikannya menyerupai synopsis.

Jenis film yang dikritik tidak dibatasi genre. Di dalam blog ini ada film Indonesia, Jepang, Barat, dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, juga ada drama atau film biasa.

Dalam setiap posting, selain teks, sang blogger juga memasukkan image, baik berupa screenshoot atau banner promosi dari film. Cara yang membuat tulisan tetap terkesan otentik karena sang blogger sudah menonton dan rajin mencari referensi tambahan memberi kesan serius bagi yang membaca.

Untuk urusan konsistensi, Rasyid Harry sepertinya tidak bermasalah. Blog ini masih menerbitkan posting terakhir bulan Desember, tepatnya tanggal 24 Desember, sehari sebelum Natal. Bukan sebuah hal yang bisa dianggap biasa mengingat pertama kali blog ini menelurkan postingan adalah di 20 Mei tahun 2010.

Sudah 13 tahun lebih blog ini beroperasi dan sang blogger tetap menerbitkan posting baru sampai sekarang. Yang seperti ini menunjukkan konsistensi yang luar biasa. Banyak blog sejenis atau blogger genre lainnya yang bahkan sudah tidak ingat kalau mereka punya blog. Jadi, rasa salut harus dihaturkan kepadanya.

Apalagi, kalau menilik terdapat ribuan posting di dalamnya. Bila melihat halaman posting yang berjumlah 355 dengan 8 posting perhalaman, berarti ada sekitar 3000 posting dihasilkan selama 13 tahun. Angka ini berarti sekitar 200-250 posting pertahun alias mendekati satu posting perhari.

Memang tidak salah karena blog ini tetap rutin membagikan kritiknya. Bedanya hanya, jika di awal ngeblog sehari terkadang bisa 2-5 tulisan, belakangan, setidaknya di tahun 2023 hanya 1-2 posting perminggu.

Baca Juga

Tetap harus diberi apresiasi karena sangat sulit mempertahankan motivasi, bukan hanya membuat tulisan, tetapi juga menonton film terus menerus dalam jangka waktu sepanjang itu.

Mungkin, hanya orang yang maniak film saja yang bisa, dan rasanya blog Movfreak ini memang dinakhodai oleh blogger yang bukan cuma maniak menulis, tetapi juga maniak menonton film.

Saya rasanya tidak akan sanggup untuk melakukannya (bukan menulis, tetapi urusan menonton film).

Sebuah blog yang mungkin bisa menjadi rujukan tentang cara mengkritik film, sekaligus tempat dimana contoh penerapan konsistensi yang sangat baik.

Bagi yang mau berkunjung, silakan klik Movfreak (yang untungnya masih berakhiran blogspot dan selama blogger.com masih ada akan tetap ada)

2 thoughts on “MOVFREAK – Blog Ulasan Film Yang Buat Rasyid Harry Seperti Maniak”

  1. Akooohhh mau Bapak!
    I loooveeeeee nonton film sooo much!
    Asalkan bukan drakor melulu, film barat, atau film apa aja yang bagus dan jangan ber episode yang ngabisin waktu.

    Sayang, sekarang tuh susah cari waktu buat nonton, kadang kalau pengen banget, saya intip film di Netflix, itupun nontonnya di skip-skip aja.

    Keknya saya harus mengatur ulang jadwal nih biar bisa lebih mindfulness.

    Oh ya, saya baru ngeh ini blog Movfreak.
    Biasanya kalau ulasan film, saya suka blognya bacaterus.
    Di situ lengkap banget ulasan, review hingga sinopsisnya.
    Gaya penulisan review film saya, sedikit banyak diadaptasi dari blog itu 😀

    Tapi salut sih sama movfreak ini, saya intip blognya ternyata emang pecinta film banget

    Reply
    • Maklum lah karena fokusmu kan sudah bergeser.. Saya sendiri nonton itu kalau memang lagi benar-benar capek dan butuh istirahat, baru saya menonton.. Kalau nggak saya akan lebih suka ngeblog saja.

      Makanya kagum lah sama orang yang bisa konsisten menonton dan kemudian mereview.. hahaha Kalau saya terus terang ga sanggup

      Reply

Leave a Comment