Ciamik, Sistem Pengaturan di Grup Bloggers Supporting Bloggers

Setelah beberapa waktu selalu disuguhi grup blogger Facebook yang tidak berjalan dengan baik, pada akhirnya saya menemukan satu yang “berbeda”. Apa yang terlihat di sana menimbulkan rasa kagum.

Ciamik! Kata itu memang akhirnya terlontar ketika melihat bagian dalam dari grup yang satu ini.

Grupnya sendiri memang bukan grup Facebook Indonesia. Nama grupnya, Blogger Supporting Bloggers atau blogger mendukung blogger.

Rapi. Aktif. Tidak penuh pedagang. Terkontrol. Penuh dinamika. Terlihat sekali bahwa sistem pengaturan di grup blogger yang satu ini berjalan dengan baik.

Tidak ada yang menyebar link posting terbaru. Tidak ada pedagang yang mendominasi dan membuat grup menjadi pasar. Namun, yang ada adalah promosi blog anggota secara terkontrol. Tawaran job yang rapi dan tidak sembarangan.

Dan, semua mendapat kesempatan yang sama. Tidak ada yang saling mendominasi.

Terlihat sekali “pemerintahan” di grup yang disebut BSB berjalan dengan baik. Keteraturan ada di sana.

Mau tahu beberapa hal yang saya temukan di sana dan membuat kagum? Sesuatu yang mungkin bisa ditiru oleh para admin grup blogger Facebook Indonesia.

1/ Pendaftaran

Saya diminta mencantumkan url blog, selain pertanyaan standar, seperti alasan ingin bergabung dengan komunitas.

Baru sekali ini saya diminta untuk mencantumkan alamat blog saat bergabung dengan sebuah grup di Facebook.

Rupanya, tim admin ingin memastikan bahwa yang bergabung adalah kaum blogger dan bukan mereka yang sekedar hendak mencari pasar saja.

2/ Sambutan

Selama saya bermain FB dan bergabung dengan bantak grup, setelah permohonan disetujui, saya hanya seperti dipersilakan masuk ke dalam ruangan tempat orang berkumpul.

Tidak ada basa-basinya.

Di grup BSB, ternyata ada sambutan kecil dari admin. Mereka setiap minggu rupanya secara rutin membuat posting, dengan ucapan “A Warm welcome to our new members”.

Dalam posting itu, semua anggota baru disebutkan namanya (akun Facebook) satu persatu.

Perkenalan untuk anggota baru di grup BSB

Pasti membutuhkan waktu untuk membuat daftar itu karena dalam seminggu bisa pulhan anggota baru yang masuk. Namun, adminnya rupanya bersedia melakukan itu.

3/ Jadwal promosi member

Di grup ini, promosi tidak dilarang, tetapi tidak serampangan. Ada sistem pengaturan untuk membuat para anggota bisa mendapatkan eksposur dari anggota lain.

Caranya adalah dengan membuat jadwal yang ditentukan. Misalkan untuk hari Senin, para blogger diperkenankan untuk mengirimkan link dari update terbaru mereka.

Catatannya, hanya di kolom komentar satu posting tertentu.

Hari berikutnya untuk para Instagramer atau Youtuber. Hari berikutnya lagi, para pemain Twitter mendapat giliran.

sistem pengaturan Grup Bloggers supporting bloggers 2

Dan, tidak ada yang boleh curang dengan memasang link saat menjawab komentar member yang lain, seperti yang biasa terjadi di grup lain.

4/ Member harus aktif

Syarat untuk bisa memasang link di nomor 3 harus diimbangi dengan berinteraksi sebanyak 5 kali, seperti memberi like pada link yang dibagikan member lain atau berkomentar.

Suka atau tidak suka, sistem seperti ini memaksa seorang blogger tidak boleh egois. Jika ia mau dikenal orang lain lewat linknya, ia setidaknya harus memberikan support kepada blogger lain dalam bentuk yang berbeda.

5/ Memberikan kesempatan mengembangkan blog

Membangun link building susah. Teorinya adalah dengan menjadi guest blogger atau blogger tamu di blog lain. Namun, hal itu dalam dunia blogger , apalagi di Indonesia sulit didapat.

Namun, tidak demikian adanya di grup ini. Ada satu hari dimana setiap orang yang menyediakan kesempatan untuk menjadi penulis tamu di blognya bisa membuka ruang bagi blogger lain. Begitu juga kalau ada yang mencari peluang menjadi blogger tamu.

Akan ada posting khusus dengan aturan yang ditetapkan untuk berbagi kesempatan mengembangkan blog, bagi yang mau. Syaratnya hanyalah mencantumkan DA dan PA yang dimiliki blognya.


Bagi saya, baru sekali ini menemukan grup yang bisa memberikan kesempatan bagi semua orang yang terlibat di dalamnya.

Masing-masing memang menjadi tidak bebas karena aturan yang ketat, tetapi semua akan diuntungkan. Grupnya sendiri menjadi bersih, rapi dan tertata. Bukan seperti hutan dimana yang kuat dia yang menang.

Apalagi, kalau dilihat dari posting-posting yang ada, mereka kerap mengadakan “live streaming” dengan memakai narasumber dari blogger juga. Berbagai pertanyaan bisa diajukan secara live juga.

Bagian yang belum pernah saya lihat secara langsung, tetapi pasti akan saya tonton acaranya.

Itulah yang membuat saya merasa kagum terutama pada tim adminnya. Mereka bukan sekedar membuat peraturan saja, tetapi juga menjalankannya.

Peraturannya diterapkan dan dijalankan dengan rapi, sehingga ketertiban dan kenyamanan tercipta dan grup menjadi bermanfaat bagi semua membernya.

Sangat sulit mengingat banyak sekali admin grup yang sekedar membuat peraturan, kemudian tidak mau menghabiskan waktu untuk menerapkannya.

Kebijakan-kebijakan non peraturannya pun dibuat untuk mendukung perkembangan para membernya, seperti talk show dan link building tadi.

Jadi, pantaslah, menurut saya, kalau grup ini mendapatkan jempol.

Nah, pernahkah Anda menemukan grup blogger yang seperti ini? Bisa sharing kepada blog MM?

2 thoughts on “Ciamik, Sistem Pengaturan di Grup Bloggers Supporting Bloggers”

  1. Pernah Bapak!
    Tapi nggak selengkap ini sih, dan nggak konsisten lama wakakakak.
    Dulu tuh ada grup IIDN yang punya jadwal harian, dan selalu aktif, setiap blogger boleh post link blognya seminggu sekali di sebuah thread gitu.

    Tapi sekarang kayaknya udah nggak aktif.
    Saya pun udah jarang share link di grup komunitas, pokoknya saya utamakan di FP sendiri biar FPnya juga jalan hahaha.

    Reply
    • Nah itu.. memang seharusnya grup seperti itu.. Cuma ya itu juga, masalahnya bisa kah mempertahankan konsistensi menjaga aturan seperti itu.

      Saya sekarang juga jarang.. hampir tidak pernah malah

      Reply

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.