Peluang Promosi Tanpa Sebar Link di Grup Blogger Facebook

Peluang Promosi Tanpa Sebar Link di Grup Blogger Facebook

Untung hari Sabtu, jadi saya bisa menebus waktu tidur yang terpakai dan bangun dengan lumayan enak setelah semalam banyak menghabiskan waktu di salah satu grup blogger Facebook.

Sesuatu yang tidak saya sangka karena grup tersebut sebenarnya hampir sama dengan yang lain dimana lebih banyak anggota yang pasif daripada yang aktif. Namun, setelah selesai saya melihat ada peluang untuk promosi blog tanpa harus menyebar link artikel.

Yang saya lakukan sebenarnya tidak rumit sama sekali dan seharusnya banyak blogger yang bisa . Saya hanya menjawab sebuah pertanyaan yang mendasar dari seorang member yang lain.

Pertanyaannya seperti di bawah ini.

Apa sih kekurangan pakai blogspt dibanding WordPress? Bukan pertanyaan yang rumit dan sebuah pertanyaan yang jawabannya sebenarnya bertebaran di dunia maya. Sudah banyak yang membahasanya.

Dan, saya memutuskan untuk membantu dan memberikan jawaban pada thread yang sebelumnya bisa dikata, yah, hampir kosong dari komentar. Hanya ada 4 komentar yang masuk dan sangat pendek.

Hanya saja, saya memutuskan untuk menjawab sesuai gaya blog MM, yaitu panjang lebar dan detail. Singkatnya, saya ulas lumayan panjang beserta contoh.

Mau tahu hasilnya?

  • paling tidak 12 pertanyaan lagi diajukan pada posting yang sama
  • 3 PM (Private Message) yang bertanya tentang bagaimana mengembangkan blog atau mendapatkan akun Adsense
  • 5 follower untuk akun FB

Dari sana terlihat bahwa peluang promosi blog terlihat.

Kok bisa? Memang, sifatnya tidak langsung menggiring pembaca masuk ke blog. Cara seperti ini bukanlah hard selling (mendapatkan penjualan) tetapi pada branding/pencitraan.

Sebuah promosi tidak langsung, tetapi pada akhirnya bisa menjadikan mereka sebagai pembaca blog kita.

Masih bingung? Di halaman bio akun Facebook saya ada deretan link semua blog yang saya punya. Kalau mereka semakin tertarik dengan kehadiran saya, biasanya pengunjung FB akan mengklik bio dan pada saat itu mereka akan melihat semua link blog tadi.

Kira-kira seperti itu.

Memang, bagi banyak orang hal ini tidak menyenangkan karena tidak ada pengunjung secara langsung, tetapi secara jangka panjang, pemasaran dengan cara ini (meski bukan niat awal) akan memberikan hasil juga.

Jadi, saya melihat bahwa meski terlihat mati suri, banyak blog masih menyimpan peluang untuk memperkenalkan diri dan blog.

Apalagi peluang itu sebenarnya besar sekali karena tidak ada orang lain yang melakukan hal serupa, maka apa yang kita lakukan terlihat lebih menonjol. Hal ini akan lebih sulit memberi hasil kalau grupnya ramai dengan orang berbagi.

Karena grupnya vakum atau setidaknya sepi, hal itu menguntungkan. Suara kita menjadi lebih terdengar.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda melihat potensi ini?

Leave a Comment

Daripada nyepam di kolom komentar blog MMDaftarkan saja blog Kawan !

Selain mendapat link do-follow, mereka yang datang ke blog MM mungkin tertarik berkunjung ke blog Anda.

Gratis kok. Tidak perlu bayar. Cuma butuh beberapa menit saja. Boleh juga daftarkan blog saudara, teman. Kalau punya beberapa blog, silakan daftarkan semua saja.

Nggak mau? Yakin? 

Klik yang di bawah ini kalau mau.