Komunitas Ngodop – One Day One Post

Komunitas One Day One Post Ngodop

Komunitas yang satu ini memang mendapat perhatian yang lebih dari saya, meskipun saya bukan dan tidak akan menjadi anggota. Alasannya sederhana karena dari namanya saja, komunitas satu ini mengusung satu hal yang juga saya yakini sejak dulu hingga sekarang.

Saya yakin bahwa faktor paling utama, atau setidaknya memegang peranan penting dalam kehidupan seorang blogger adalah membangun konsistensi. Dengan begitu, maka seorang blogger akan secara perlahan berkembang sampai ke titik maksimum dirinya.

Konsistensi akan membantu pada akhirnya seorang blogger belajar dari perjalanannya sendiri, melakukan kesalahan, menemukan solusinya, dan terus begitu.

Memang, bagi sebagian orang caranya dipandang kuno dan tidak efisien, tetapi jika seorang blogger mau melakukannya, maka ia pada akhirnya akan menemukan dan belajar, dari dirinya sendiri.

Nama komunitasnya adalah Komunitas Ngodop alias One Day One Post.

Komunitas ini memiliki peraturan dimana anggotanya “diwajibkan” untuk menelurkan satu artikel setiap satu hari, jika tidak mau ditendang alias dikeluarkan dari komunitas ini. Jadi, anggotanya secara “sukarela” memang harus mendorong dirinya terus untuk bisa memproduksi artikel setiap hari.

“Tidak dipaksa” karena sejak awal yang ingin bergabung sudah tahu aturan dan syaratnya. Jadi secara sukarela mereka sejak awal memang harus mau dan berniat memotivasi dirinya sendiri untuk terus menulis dan menulis.

Sebuah komunitas yang, menurut saya, akan lebih menguntungkan bagi blogger dibandingkan sekedar komunitas blogger umumnya.

Blogger bisa mendapatkan “paksaan” yang mengharuskannya mendorong dirinya sendiri. Sebuah masalah pelik dan umum terjadi di kalangan blogger.

Selain itu, tentunya, tambahan network atau jaringan pertemanan dan eksposur bagi tulisannya. Mereka tidak perlu takut tulisannya tidak akan dibaca karena para member komunitas tersebut merupakan pasar pembaca yang bagus.

Sebuah komunitas yang sebaiknya diikuti, jika Anda seorang blogger pemula, atau blogger yang selalu bermasalah dalam menghadirkan motivasi dalam diri.

Saya sendiri terus terang tidak akan mengikuti komunitas ini. Bukan karena tidak bagus, karena memotivasi diri sendiri dan menelurkan artikel sekali sehari bukan masalah bagi diri saya. Bahkan posting ini adalah posting kedua hari ini, sekembalinya saya dari kesibukan mengurus LB Digital.

Masih lebih sedikit dari jumlah rata-rata produksi artikel sebelum ini yang bisa mencapai 4-5 artikel.

Jadi, saya tidak merasa perlu.

Bagaimana dengan Anda? Apakah merasa bermasalah dalam hal motivasi blogging? Kalau ya, saya sangat menyarankan untuk bergabung ke Komunitas One Day One Post alias Ngodop ini.

Siapa tahu sedikit dorongan dari sesama blogger bisa membantu Anda dalam bergerak maju.

Leave a Comment