Pilih Blog 1 Topik Atau Banyak Topik (Campuran)?

Home Forums Ruang Serius 🤓 Pilih Blog 1 Topik Atau Banyak Topik (Campuran)?

Tagged: 

Viewing 12 reply threads
  • Author
    Posts
    • #7648
      TOMTOMID
      Participant

      Saya baca2 di internet katanya blog campuran susah berkembang daripada blog yang hanya mengambil 1 topik saja. Misal dunia otomotif, otomotif semua isi konten (artikel) blognya. Menurut kalian bagaimana?

      Monggo! Menurut pandangan kalian masing2 bagaimana? Kita ngobrol2 biar tambah akrab hehehe

    • #7697
      tinydolce
      Participant

      Menurut saya, gimana nyamannya aja. Berkembang atau tidak itu relatif sih…

      Tapi kalau memang ada tujuan khusus, misalnya hendak mencari penghasilan dari blog, pasti ada pakem-pakem “pasar” yang harus diikuti. Di sini baru saya bisa bilang, blog satu topik memang cenderung lebih mudah disayang mesin pencari karena lebih terfokus dan terarah.

      Apakah itu berarti blog multitopik nggak ada harapan? Nggak juga. Karena menurut saya selama ada ciri khas yang “terarah”, blog multitopik pun punya keunggulan tersendiri. Hanya saja, cara “memasarkannya” pasti beda dengan blog satu topik.

      Saya sendiri pilih multitopik satu payung, berdasarkan target pembaca. Soalnya kalau terlalu gado-gado pun malah pusing membaginya hahaha

    • #7699
      TOMTOMID
      Participant

      @tinydolce

      masuk akal uga sih kak. Yang 1 topik biasanya blog bisnis perusahaan yang bisa beriklan disana sehingga jadi page 1, blog 1 topik lainnya banyak uga yang trafik nya gila2an. Tapi seiring saya mondar mandir sana sini blog yang aku temui kebanyakan multitopik. Dan di berbagai blog yang telah aku kunjungi saya mendapatkan yang saya cari n secara tidak langsung mendapatkan pengetahuan baru diluar topik yang saya cari. Bener kali kak, pemasarannya yang berbeda. Lw 1 topik lebih disayang mesin pencari itu saya uga setuju, karena keyword mereka tebal 1 topik milik mereka kebanyakan. Mereka mengulang keyword nya dalam artikel kontennya sehingga itu menjadi ciri khas tersendiri. Blog multitopik lw konsisten update saya rasa bisa bersaing asal konten bener2 sama mak nyus nya. Kalah di ketebalan keyword nya aja menurut saya. Multitopik asal topiknya tidak terlalu jauh isi kontennya. Otomotif campurnya jahit, kurang pas, lw elektronik masih ada kaitannya.

      Keren kali dah jawaban kakak. Makasih kak. Lw blog kk topiknya apa?

    • #7700
      tikainsani
      Participant

      Saya sebagai pengguna blog yang pernah campuran dan 1 topik tetep engga bisa milih. Kalau 1 topik itu bener-bener membuat penulisnya harus ekstra berpikir untuk bisa menghasilkan konten-konten secara terus menerus yang membuat si empunya blog jadi pusing. Tapi kalo campuran dulu kendala yang aku rasakan itu malah jadi bingung sendiri enaknya nulis apa dan jadi engga rapi aja ngeliat blognya.

      Sekarang aku mulai fokus meskipun ya gak 1 topik tapi masih se-tema dan aku rasa itu semua kembali lagi ke pemilik blog mau bawa kemana arah blognya.

    • #7702
      TOMTOMID
      Participant

      @tikainsani

      Sama lah kak, kayak kita pake file manager di ponsel kita pilah2 masing2 file. Lw bisa setopik emang rapi banget tapi harus bener2 ekstra cari bahan konten yang hanya dilingkup itu. Jujur saja, saya pernah niat buat blog 1 topik, berapa postingan buntu akhirnya jadilah gado2 tinggal makan. Penting masih berkaitan.

      Disini ga boleh naruh link yak kak?

    • #7708
      Jaey Borneo
      Participant

      Yg disebut berkembang itu seperti apa?

      Apakah visitornya banyak ataukah banyak komentarnya atau keduanya.

      Himawan blog traveling komentar blognya 300an

      Creameno komentarnya 70an visitornya 2000an.

      Bagiku berkembang itu harusnya dapat duit minimal Rp. 100 ribu sebulan dari blognya, kalau gk dapat duit blm dapat dikatakan berkembang, hihi kabuur 🏃‍♂️

    • #7712
      satria salju
      Participant

      <p style=”text-align: left;”>Tuh jok…Ada suhu Ajay  Sungkem sana tanya2 biar blog dapat duit puluhan juta gimana caranya..😊😊</p>

      • #7732
        Jaey Borneo
        Participant

        Caranya jualan di blog, di Samsung gambar2 biasa aja dijualnya 15 ribuan sebiji 🤣

    • #7716
      TOMTOMID
      Participant

      Noh kan, 1 / 1 nongol mastahnya. Lw dah gini kan bisanya minyak doang saya.

      #Sungkem suhu

    • #7728
      Anton Ardyanto
      Keymaster

      Ah mas Joko… Kalau saya jawabannya terhadap komentar mas seperti ini.. pake gaya Ronin yang keras yah…

      1. Kalau ada yang bilang blog 1 niche disayang mesin pencari, saya akan suruh belajar lagi sana, maennya kurang jauh. Pandangan sempit ala internet marketer dan praktisi SEO supaya tulisannya dibeli sama pembaca…Tidak mencerminkan kenyataan karena kenyataannya baik blog multi topik dan mno topik, semua punya kesempatan yang sama.

      Orang Google-nya aja ga pernah ngomong kayak gitu, nah ini pedagang kecap kayak blogger tutorial berani-berani mengklaim begitu.. Padahal mah Google kenal ma dia juga kagak

      Komentar saya untuk yang ini, kalau ada yang berpandangan begitu.. saya akan suruh maennya jauhan dikit dan belajar lagi.

      2. Blog multi niche / multi topik sulit berkembang? Yang mengklaim seperti ini berarti ga pernah baca Mashable, Hong Kiat, dan banyak blog multi topik dunia. Gue maklum kalau ada yang mengklaim seperti ini karena biasanya mereka katak dalam tempurung dan ga pernah maen jauh.. Jadi pengetahuannya minim .. jeleknya udah gitu mengklaim macem-macem berdasarkan pengetahuan yang terbatas seperti itu..

      Berkembang, maju, atau tidak, bukan tergantung jenis blognya.

      Tergantung bloggernya. Kalau bloggernya pinter, ya blog berkembang, kalau kagak, ya nyungsep.

      Gue liat, banyak blog satu niche yang mateee.. dan ga berkembang… gue banyak lihat blog multi topik yang maju dan berkembang.. Cuma klaim katak dalam tempurung aja bahwa niche blog lebih mudah berkembang dari multi topik blog…

      Itu pandangan gue yah…

    • #7731
      TOMTOMID
      Participant

      @Anton Gila banget jawaban mastah saya nih, kembali lagi kepada pemiliknya bagaimana mengolahnya ya mas? Lw ini saya uga satu saluran. Setelah tau penjelasan lain ternyata masuk ke logika saya. Makanya saya suka ngobrol2 yang seperti ini mas biar tambah wawasan. Makin tambah belajar biar pinter. Eits, pinter aja ga cukup, harus uga bener. Bener mengelola, bener ini bener itu, itu namanya pembuktian. Makasih mas, aku sekarang bisa lebih tau yang kemarin baca di blog besar pandangannya seperti itu ya, jujur aja saat baca takut, ragu mau lanjut, soalnya ngeblog dah lama tapi lw itu emang bener berarti aku ngeblog selama ini sia2 dong? Saya sampe perpendapat dalam hati begitu pas baca artikel blog sebelah yang bahas itu. Ini salah satu keresahan saya yang saya luapkan, karena memang sebelumnya saya bingung mau sharing kemana, sama siapa, ada tempat misalnya tapi dimana. Nah ketemu mas Anton disini rasanya luar biasa kali deh.

      Thanks mas.

    • #8108
      roemwidianto
      Participant

      Kalau menurutku sih tergantung, Mas. Kalau satu Niche ternyata di tengah jalan kehabisan bahan tulisan, akhirnya gak nulis lagi dan blog jadi terbengkalai, ya percuma aja. 🙈

       

      Jadi mau campuran atau satu niche tergantung si penulisnya juga. Kalau memang beneran fokus & minat di satu topik bahasan, dan yakin mampu tetep konsisten nulis, memilih satu niche pun bagus. Jadi kualitas hasil tulisannya lebih menjurus dan lebih terkesan ‘expert’, jadi bisa menjadi acuan/rujukan bagi para pembacanya.

       

      Tapi kalaupun gak punya satu pokok bahasan yang bener-bener didalami, blog campuran pun gakpapa, asal punya ciri khasnya tersendiri. Sekarang banyak banget kok blog campuran yang bagus. Bahkan dengan campuran gini, pintu rejeki buat sponsored post lebih terbuka lebar. 🤑

      • #8112
        TOMTOMID
        Participant

        Masok pak Eko. Eh, kak @roemwidianto. Akhir2nya semua usaha pasti kembali ke pemiliknya. Menurut saya blog yang 1 nice itu bagi orang2 yang memiliki skill lebih di satu bidang dan ditulis diblog. Lw seperti saya skill ini kurang, itu kurang, mending dicampur aja kak yaa, yang penting jalan terurus terus. Buat sponsor datang, minimal syarat apa kak? Barusan DMan sama kak yani katanya DA 10. Ane baru DA 1.

        • #8116
          roemwidianto
          Participant

          Kayaknya tergantung yang kasih job juga sih, Mas. Dulu aku DA masih 5 udah dapat tawaran sponsored post 🙈. Tapi sepertinya kalau DA semakin tinggi, kesempatan dapat sponsored post juga makin banyak.

          Yang penting nulis aja terus, Mas. Kalau blog terawat, isinya berkualitas, pasti ada aja yang bakalan lirik buat kerja sama. 😊

        • #8118
          TOMTOMID
          Participant

          Menarik nih mas. Jadi semangat nulis nih. kisaran harga berapa mas e dulu? DA5 ku di blog 1 nya yang ga terurus karena alasan banyak pelanggaran konten.

        • #8175
          roemwidianto
          Participant

          <p style=”text-align: right;”>Untuk yang ini langsung pindah ke thread sebelah ya, Mas. Kebetulan ada blogger yang lebih senior yang bahas tentang ini. 😄</p>

        • #8176
          TOMTOMID
          Participant

          Siap kak. Baru serius ngeblog kemarin tahun 2020 bulan Desember soalnya. Makasih buat sarannya kak.

    • #8182
      dwisu
      Participant

      Rame nih.. gelar tiker ah… meski suhu @anton sudah memberikan wejangannya… ikut nambahin…cocok angkut nggak cocok buang…

      My Opinion… bagus semua kok.. karena saya punya dua duanya.. tapi enaknya blog niche di niche tetentu CPC adsensenya gede… itu aja… misal nih.. niche pinjol..

      • #8183
        TOMTOMID
        Participant

        Hehehe halo mas @dwisu salam kenal yaa. Penting berusaha mas.

    • #8187
      Anton Ardyanto
      Keymaster

      Ketika kita bicara masalah monetisasi, pada dasarnya kita tidak lagi berbicara tentang blogging. Yang kita bicarakan adalah “BISNIS”, tentang uang.

      Banyak teori tentang cara berbisnis yang baik dan benar, padahal sebenarnya, dunia bisnis tidak ada patokan pasti. Para pakar atau yang mengaku pakar akan bilang caranya paling benar, faktanya adalah “ia cocok dengan cara itu”, tetapi apakah pasti cocok untuk yang lainnya. Ya nggak juga.

      Contohnya saja, seorang pebisnis yang sukses di bidang otomotif mengatakan strategi penjualan “yang baik”. Pastinya ia akan mendasarkan pada pengalamannya di bidang otomotif. Apakah akan cocok kalau dipakai untuk bisnis permen?

      Kemungkinan besar TIDAK.

      Strategi dan cara maennya berbeda banget. Masing masing produk akan memiliki cara dan strategi yang berbeda satu dengan yang lain.. Nggak bisa sama.

      Itulah kenapa saya akan keukeuh berpendapat, mau niche atau multi topik, kalau bloggernya pinter dan tahu cara mengolah, semua akan memberikan hasil. Kalau gagal, bukan jenis blognya yang salah, tapi bloggernya yang tidak punya kemampuan menemukan dan memanfaatkannya.

      Banyak yang mengejar blog niche karena CPC nya gede, tapi apa mereka sukses? Mayoritas mah tetap saja susah jadi kaya, tetapi ada yang bermain di multi topik, tetapi mereka bisa meraup untung banyak.

      Jadi, tidak perlu termakan teori dari para pakar. Yang seharusnya dilakukan

      * temukan jalanmu sendiri

      * temukan produkmu sendiri

      * buat teorimu sendiri

      * bangun usahamu dengan kerja keras

      Berteori tidak akan membuatmu menjadi orang kaya dan berhasil. Biasanya orang yang berhasil itu yang menjalani apa yang menurutnya terbaik untuk dirinya, mengalami jatuh bangunnya, membuat kesalahan dan mengoreksinya, dan melakukannya secara konsisten.

      Bukan dengan menelan teori orang lain.

      Makanya, kalau ada yang berteori di depan saya bahwa blog multi topik ga bagus dibandingkan blog niche, pertanyaan saya sih cuma satu ‘EMANG ELU UDAH KAYA DENGAN BLOG NICHE ELU?”

      Kalau sudah, saya bersedia mendengarkan dan berdiskusi, tapi kalau belum, berarti dia sedang beromongkosong dan menceritakan khayalannya.

      WALK THE TALK.. Buktikan dulu baru berbicara, bukan berbicara terus tanpa bukti..

      Hahahaha…. #Ronin di akhir pekan banyak waktu luang jadi pingin nongol..

      Satu hal yang pasti berteori mana yang lebih baik blog 1 topik atau banyak topik tidak akan membuat kita maju… Malah membuang waktu saja.. cocoknya buat berbual di warung kopi..

      Dan, karena kebetulan saya pemilik sebuah “KAFE”, yah walau saya tahu yang kayak gini buang waktu, tetapi kalau ga ada pembicaraan bualan seperti ini, sebuah kafe akan sepi… wkwkwkwk ga seru… Jadi saya ikutan biar ruaameee….

Viewing 12 reply threads
  • You must be logged in to reply to this topic.