Selamat Datang di Maniak Menulis Forums Ruang Gaoel 👫 Ngomongin tentang gula yukkk…

Viewing 4 reply threads
  • Author
    Posts
    • #7123
      Bayu13K
      Participant

      Malam senin nih… ngobrolin tentang Gula yukk… 🤣

      Kalian pernah dengar monosakarida, disakarida dan polisakarida..

      Sepintas aja yah..😅

      Monosakarida merupakan bentuk gula paling sederhana (ada glukosa, fruktosa dan galaktosa) glukosa dan fruktosa biasanya ditemukan di buah, sayur, biji2an..

      Sedangkan disakarida adalah bentuk gula yang biasanya penyusun utamanya terdiri dari dua molekul gula yaitu Glukosa dan Fruktosa yang kemudia mereka membentuk Sukrosa (contohnya gula pasir)

      Sedangkan Polisakarida adalah bentuk berulang dari monosakarida yg membentuk molekul rantai panjang yang biasa kita kenal dengan sumber karbohidrat (macam nasi, kentang, ubi, endebla-bla 😊)

      Well, let’s talk about Glukosa, Fruktosa dan Sukrosa.. karena ketiga ini yg paling sering kita konsumsi.

      Dalam tubuh, saat kita mengkonsumsi gula pasir dan karbohidrat.

      Di dalam tubuh kita, keduanya akan dipecah menjadi bentuk yang paling sederhana agar dapat di proses di tubuh kita, yaitu glukosa dan fruktosa.

      Walaupun keduanya sama2 jenis gula yg paling sederhana. Tetapi tempat metabolisme mereka dilakukan di tempat yang berbeda dalam tubuh.

      Glukosa

      Glukosa merupakan zat yang paling disukai oleh tubuh. Kenapa? Karena prosesnya lebih mudah.. glukosa akan dibawa oleh darah dengan bantuan hormon insulin ke seluruh tubuh sebagai sumber energi. Keberadaan glukosa inilah yg sering mempengaruhi kadar gula dalam darah.

      Fruktosa

      Fruktosa atau gula buah. Memiliki rasa yg lebih manis. Dan dia nggak mempengaruhi kadar gula dalam darah karena saat fruktosa ada di dalam tubuh. Fruktosa akan di bawa ke hati untuk di proses. Proses fruktosa memiliki sifat Lipogenik yaitu cenderung menghasilkan lemak.. makanya kelebihan fruktosa akan meningkatkan kadar lipid atau trigliserida dalam darah.

      Sampai sini sudah paham yah genks apa bedanya..

      Kesimpulannya :

      Gula pasir yg kita konsumsi merupakan susunan dari fruktosa dan glukosa itu bagaikan bilah pisau bermata dua karena mampu meningkatkan kadar gula dan kadar lemak dalam darah bila dikonsumsi secara berlebihan.

      Jadi, dari sini kita bisa mulai lebih aware terhadap apa yang kita makan dan minum.

      Karena sehat sepenuhnya ada ditangan kita demi masa depan yang lebih cerah… yeyyy.

      Oh ya, tau nggk? Ragi roti kaya merk fermipan yg sering kita gunakan, itu bisa dipakai untuk mengubah kandungan gula menjadi senyawa ethanol lohhh 😚.. yang kemudian bisa kita distilasi untuk memisahkan senyawa etanol dari senyawa lainnya menjadi BioEthanol yg kalau disulut api bisa terbakar..

      Tetapi tantangannya untuk mendapatkan ethanol 100 persen butuh alat super untuk menekan kesetimbangan titik Azeotrop. Dan itu nggak mudah.

      Oke sekian cerita kali ini.. terimakasih

       

    • #7131
      Anton Ardyanto
      Keymaster

      Kalau nggak salah bahan bakar mobil di Brazil sudah memakai campuran bioethanol. Sebagai produsen gula terbesar mereka memanfaatkan tebu dan gula untuk menghasilkan bahan bakar nabati. Mirip sama biosolar di Indonesia. Cuma mereka mengandalkan bioethanol dan sepertinya sudah lebih maju

       

      • #7137
        Bayu13K
        Participant

        Yupzz yang saya dengar juga seperti itu Pak Anton.. Brazil kan produksi Etanol terbesar kedua di Dunia setelah US. Dan kendaraan mereka sepertinya sudah E25 skrang…

        Di Indonesia juga kalau nggk salah mau E20, tapi mentok sama biaya produksi yang relatif lebih tinggi kalau dibandingkan sama produksi BBM. Jadi smpai sekrang regulasi hanya di E2.. Yah semoga kedepannya bisa lebih berkembang karena sumber karbohidrat di Indonesia kan juga tinggi. 😀

    • #7145
      hichaaquino
      Participant

      Apakah mas @Bayu13K ini seorang yang pekerjaan sehari-harinya bersinggungan dengan gula? 😀

    • #7156
      Bayu13K
      Participant

      Nggak.. heheh.. tapi bakal skripsi saya spertinya akan bersinggungan dengan gula.. hehe

    • #7191
      Peri Kecil Lia
      Moderator

      Jadi Fruktosa ini gula yang terdapat dalam buah gitu ya, Bayu? Kalau makan kebanyakan, kurang bagus dong? 🤔

      • #7234
        Bayu13K
        Participant

        Yupzzz kalau kebanyakan juga nggk bagus ya.. Seperti Kata Pak Haji Rhoma Irama “semua yg berlebihan itu tak baik.. 😆😆” Tapi sebenarnya kendati gula dalam buah itu dominan fruktosa.. kandungannya itu cemiiww Li ketimbang fruktosa dalam Sirup Jagung atau fruktosa yang ada di gula pasir…

        Selain itu buah kan mengandung serat dan juga vitamin. Serat dalam buah yang membantu penyerapan gula dalam darah kita juga lebih lambat.. that is why makan buah sebelum atau sesudah makan bisa membuat rasa kenyang lebih lama dan yang paling penting jauh dari sembelit… 😊😊😅🤣

Viewing 4 reply threads
  • You must be logged in to reply to this topic.