[NANYA] Menurut Kawan, Apakah Kafe MM Bisa Ramai?

Home Forums Ruang Serius πŸ€“ [NANYA] Menurut Kawan, Apakah Kafe MM Bisa Ramai?

Tagged: 

Viewing 5 reply threads
  • Author
    Posts
    • #6514
      Anton ArdyantoAnton Ardyanto
      Keymaster

      Saat membuat Kafe MM, forum ini, sebenarnya saya punya kekhawatiran yang lumayan besar.

      Pertanyaan terbesar saya adalah apakah saya mampu mendatangkan banyak member. Mau tidak mau sebagai sebuah forum jumlah member adalah sebuah hal yang menentukan. Jarang ada yang mau ikut ke dalam sebuah forum kalau anggotanya sedikit.

      Wajar sih karena siapa yang mau disuruh masuk ke ruang kosong untuk sekedar bengong saja?

      Sampai saat ini, meski sudah ada rencana untuk memasarkannya, menurut Kawan MM, apakah suatu waktu Kafe MM bisa menjadi forum yang ramai?

      Kalau ya, apa yang harus dilakukan oleh admin/ownernya?

      Bisa sharing pendapat dan masukan?

    • #6519
      Bakwan JagungBakwan Jagung
      Participant

      Sebelumnya saya ucapkan selamat dahulu yah atas kelahiran Cafe MM ini.Mohon maaf belum bisa memberikan kado atas kelahiran cafe MM ini.Saya hanya bisa memberikan ucapan selamat doang.Hahaha…..

      Ohy, kalau boleh tahu cafe ini menyediakan minuman apa saja yah….? Sedia minuman ” Orson ” ngak ?
      #SKIP………..

      Langsung ke Inti ajah yah…………..

      Apakah Kafe MM Bisa Ramai?

      Kalau menurut saya, jangan tanyakan atau jangan bimbangkan tentang ” Apakah Kafe MM Bisa Ramai atau tidak ?

      Tapi tanyakanlah seberapa banyak manfaat kafe MM untuk semua orang ? Jika kelak Cafe ini akan bermanfaat buat banyak orang, maka orang – orang akan berduyun – duyun datang ke sini, pun seandainya cafe ini bakal sepi, solusinya gampang.Kasih merk ajah di depan cafe dengan tulisan ” Tutup ” atau ” Cafe Pindah kesebelah “. πŸ™‚

      Semua butuh waktu untuk berproses.Dan saya yakin Semua akan indah pada waktunya, layaknya seperti kempompong yang berubah menjadi kupu – kupu. Eaaaaaa…..!!! Apaan sih gue… πŸ™‚ maaf yoh saya sedang ngelantur. Maklum kebanyakan minum air Orson, hahahah…… πŸ™‚

      • #6520
        Anton ArdyantoAnton Ardyanto
        Keymaster

        Akhirnya, keluar juga dari semedinya nih si Jet Lee…🀣🀣🀣

        Quite true, secara filosofis, sesuatu yang memberi manfaat akan didatangi orang. Sangat benar sekali. Pertanyaannya adalah bagaimana membuat orang tahu bahwa ada banyak manfaat di Kafe MM ini?

        Sebuah forum yang baru berjalan punya masalah banyak, seperti orang malas datang karena masih sepi, malas berinteraksi, malas bertanya, malas ngapa-ngapain selain keluar masuk saja.

        Padahal, yang membuat forum menjadi bermanfaat atau tidak bukan berada di tangan adminnya, tetapi di tangan para membernya. Seorang pengelola forum, lebih menjadi penyedia tempat saja, seperti pemilik Kafe. Bermanfaat atau tidaknya akan tergantung pada para membernya.

        Forum bukan blog. Iya nggak sih?

        Nah, pertanyaannya adalah bagaimana agar membuat sebuah forum ramai, karena itu adalah langkah awal dari membuat sebuah forum bermanfaat. Tanpa membuat sebuah forum ramai, maka ia tidak akan pernah bermanfaat. Sementara, bagi orang yang mau bergabung, mereka melihat dulu apakah forum itu akan bermanfaat bagi dirinya atau tidak. Iya nggak?

        Seperti lingkaran setan, jadinya.

        Mudah memang mengatakan kalau sepi, ditutup saja Well, teorinya sih begitu, tetapi, pertanyaannya apa yang bisa dilakukan untuk menghindari sebuah forum menjadi sepi. Karena kalau memang segampang itu mengatakan “kalau sepi, tutup saja”, maka lebih baik tidak pernah membukanya sama sekali. Sama seperti membuat sebuah Kafe, tetapi dibiarkan sepi karena prinsip, ntar kalau sepi ya tutup saja..

        Iya nggak Kang?

        Nah, pada dasarnya saya hendak bertanya, bagaimana prediksi Kawan-Kawan? Dan, apa yang harus dilakukan, menurut teori Kawan-Kawan untuk mencegah Kafe MM sepi? Apakah hanya menunggu saja sampai semua bergabung, atau ada yang bisa dilakukan?

        😎😎

        Bagaimana menurut Kang Nata? Berapa lama anggaplah forum ini harus menunggu sebelum keputusan ditutup atau diteruskan harus dilakukan?

        Selalu senang kedatangan Kang Nata kapanpun.. hahaha..

        • #6530
          Avatarsatria salju
          Participant

          Akhirnya datang juga yee Kong @anton ksatria dari negri Tibet… Selamat datang mas Jetlee silahkan tanya2 menunya sama Kong @anton 😊😊😊

          Jangan lupa baayaarrr..🀭🀭🀩

        • #6531
          Anton ArdyantoAnton Ardyanto
          Keymaster

          Iyah Kang Sat… nungguin mbahnya blogger turun gunung lama banget dah…πŸ˜‡πŸ˜‡

    • #6551
      Peri Kecil LiaPeri Kecil Lia
      Moderator

      Pasti bisa ramai karena ada aku di sini πŸ€ͺπŸ€ͺ *pede banget *kaborr

      • #6557
        Avatarrahulsyarif
        Participant

        Kak Lia memang cukup aktif diforum ini. Ngga heran bisa sepede ini. Ha ha ha

    • #6556
      Avatarrahulsyarif
      Participant

      Kalau pertanyaannya bisa, pasti bisa. Pertanyaannya mungkin bisa diganti jadi “bagaimana..” agar lebih spesifik. Saya tidak tumbuh bersama forum-forum online semacam ini, tapi dari pengamatan saya, forum akan ramai kalau thread dan pembahasannya menarik. Selain menarik, apa yang penting? Relate.

      Beberapa thread mungkin hanya relate untuk beberapa orang. Bersyukur mas Anton punya kecenderungan menerima hal itu. Saya berusaha sebisanya untuk membuat thread menarik dari hal-hal yang saya sukai, begitu juga teman-teman yang lain. Saya pikir, usaha saat ini sudah jauh lebih dari cukup. Hanya perlu sedikit waktu untuk melihat perkembangannya

      • #6597
        Anton ArdyantoAnton Ardyanto
        Keymaster

        Karena sesuai konsep yang saya mau Mas.. Saya tidak ingin ruang ini menjadi terlalu serius dan kegembiraan berteman tidak dirasakan.

        Lagi pula kalau semua harus relate dengan adminnya bakalan repot saya. Justru saya akan menambah beberapa ruang lagi yang bisa dipakai untuk sharing pengetahuan di luar blog tetapi sangat berhubungan dengan blog.

        Pinginnya bebas tetapi tetap bisa ada manfaat yang bisa dibawa pulang..Semua senang semua hepi.. gitu loh.

        Makanya ketika ide dari mas Rahul soal film, saya langsung iyakan karena kan banyak tuh blogger yang gemar sharing review pelem, jadi sangat wajar kalau dibuatkan ruang bagi mereka..

        Soal relate, ini bener banget sebenarnya. Dibandingkan bermanfaat, saya pikir kata relate lebih cocok atau dalam bahasa Indonesia keterikatan, ketersambungan…

        Makasih mas atas opininya.. Bantu banget

    • #6567
      EssentialistEssentialist
      Participant

      Kok sekarang jadi khawatir mas, bukannya kemarin prinsipnya jalani saja dulu.πŸ˜„πŸ˜… #dilemparlensa

      Ya. Sama seperti warkop kadang warung sepi kadang ramai…

      Mungkin karena blogger concern utama dari bikin topik atau menulis panjang di forum/medsos….kebanyakan bisa jadi ide tulisan di blog sendiri. Dan dikomentari oleh pengunjung.

      Tapi kunci dari forum ramai di luar topik menarik, dan “gimmick” adalah manusianya. Kalau lucky bisa penuh dg para “penghidup suasana”. Kalau di dunia nyata semacam MC, tokoh pesta, ceriwis dsb.

      Saran…para member itu sebaiknya di lestarikan…jangan sampai punah. Caranya? Admin atau momod harus rajin berinteraksi dgn mereka. Bila mereka hilang mulai was-was deh πŸ™„

      #nggakberaninyebutnamaLia🀣

      • #6596
        Anton ArdyantoAnton Ardyanto
        Keymaster

        Hahahaha.. Kan jalan dulu bukan berarti ga boleh khawatir Pheb karena sejak awal memang sudah tergambar masalah besar yang dihadapi. Jadi, sambil jalan, tetap aja khawatir tidak bisa menjalankan dengan baik..

        Kan karena sudah dijalankan, berarti hadapi, tapi khawatir mah yah boleh saja kan.. hahaha Kalau tidak dijalankan karena khawatir mah yah tidak bakalan jalan..

        Yoi..bener banget apa yang dikau katakan “melestarikan” member.. Itu tantangan berikutnya setelah masalah awal selesai…

        Nah, kalau mereka hilang, dan ga ada gantinya, baru pake jurus Kang @BakwanJagung, tutup… hahahaha Kalau kata Eno, Exit Plans tetap harus ada kan..

        • #6759
          EssentialistEssentialist
          Participant

          Garis bawahi saja mksd saya fokus ke member yang ceriwis, mas. Di pupuk…πŸ˜…

          Kalau sdh diputuskan, bukannya lbh baik simpan kekhawatiran utk hal-hal yg lebih penting?😁 Disini so pasti bnyk kawan blogger yg baik dan siap meramaikan.πŸ˜…

        • #6770
          Anton ArdyantoAnton Ardyanto
          Keymaster

          Hahaha… Khas Phebi .. eh @essentialist.. understood

          Cuma pan kalau dijawab understood doang, ini trit cepet tutupnya…

          Yoi sis, bener banget bahwa kekhawatirannya kudu disimpan, tetapi pan mayan juga kalau disampaikan . Bisa jadi satu trit dan dapat masukan dari P.. eh Essentialist

        • #6850
          Peri Kecil LiaPeri Kecil Lia
          Moderator

          @essentialist uhuk ehem Kak Pheb, aku merasa terpanggil nih 🀣. Ada yang bisa aku bantu? πŸ˜πŸ˜πŸ˜†

    • #6617
      tikainsanitikainsani
      Participant

      Sejujurnya sih belum pernah nih gabung-gabung forum gini, lebih sering sebagai pembaca aja yang bahkan kadang ga punya akun πŸ˜…

      Kalo bisa atau engga sih aku yakin bisa Mas, forum ini untuk bisa berkembang. Apalagi sepertinya blogger-blogger juga masih aktif-aktifnya meskipun tertindas platform lain. Benar seperti kata Rahul diatas, paling tepat itu pertanyaannya adalah “Bagaimana”. Kalau aku yang sering sebagai pengamat forum sih emang threadnya dulu yang harus mantep alias memancing untuk diramaikan. Kalau member2 awal ini aktif-aktif dan saling serbu di threadnya sepertinya impian untuk forum ini ramai sih bukan sekedar mimpi 😁

      • #6654
        Anton ArdyantoAnton Ardyanto
        Keymaster

        Yup.. Bisa dimengerti Mbak Tika karena forum sebenarnya adalah sesuatu yang jadul banget dah… Kecuali Kaskus. Detik Forum saja kelihatannya juga sudah mulai ditinggalkan.

        Terimakasih atas pandangannya , yap memang itu merupakan salah satu unsur utama dari ramainya sebuah forum. Mudah-mudahan saja para rekan bisa membantu meramaikan, termasuk Mbak Tika yah.. hahah Tolong yeeuuu

        • #6851
          Peri Kecil LiaPeri Kecil Lia
          Moderator

          @tikainsani iyaaaa Kak Tika hayuk penuhin bilik pustaka πŸ˜† racunin aku dengan bacaan-bacaan Kakak πŸ™ˆ

Viewing 5 reply threads
  • You must be logged in to reply to this topic.